Kawaii Beauty Japan

Hair

Seberapa Sering Kamu Harus Memotong Rambut Kamu?

Setiap jenis rambut berbeda-beda lho.

Ayu Dewi Handayani

Sebagai seorang wanita, pasti kamu seringkali menggonta ganti penampilan rambut. Tidak jarang, rambut panjang sering kali menjadi pilihan karena terkesan lebih feminin dan mudah untuk di styling. Untuk kamu yang awalnya memiliki rambut pendek, pasti membutuhkan waktu lama untuk memanjangkan rambut kamu. Padahal sebenarnya rambut harus rutin untuk dipotong lho, jika ingin terbebas dari cabang-cabang rambut.

Sebenarnya masing-masing dari kita memiliki timeline tersendiri kapan waktunya untuk potong rambut, biasanya 6 minggu sekali. Namun, ada juga beberapa wanita yang hanya memotong rambutnya beberapa kali saja dalam satu tahun. Lalu, kapankan waktu yang tepat untuk memotong rambut?

Jika Kamu Memiliki Rambut Pendek yang Sudah Terstruktur

Rambut pendek

Sumber: Byrdie

Jika kamu memiliki rambut pendek dan ingin selalu memiliki rambut pendek seperti Anna Wintour, ahli rambut menyarankan untuk memotong rambutmu setiap tiga sampai tujuh minggu. Menurut hairstylist dari Amerika Serikat, Richard Collins, jika kamu ingin rambut pendek yang spesifik selamanya, sebaiknya kamu memotongnya setiap 3 minggu agar selalu tampak rapi. Hal ini karena faktanya rambut tumbuh setengah inchi setiap bulannya. Namun, jika kamu ingin tampilanmu natural kamu bisa memotongnya setiap 4 sampai tujuh minggu.

Jika Rambutmu Sedang Sampai Panjang

Rambut panjang

Potong rambutmu hanya tiga sampai empat kali dalam satu tahun sudah cukup. Hal itu jika rambutmu sehat dan kamu ingin menjaganya agar selalu panjang. Gunting bagian ujung-ujung rambut dan memotong bagian layer nya saja. Namun, agar rambutmu selalu sehat, jika panjang rambutmu sudah di bawah bahu, entah model rambutmu di layer atau tidak, jika sudah lebih dari tiga bulan, sebaiknya ganti model baru.

Jika Rambutmu Rusak

Rambut rusak

Ahli rambut menyarankan untuk ke salon setiap delapan minggu sekali dan guntinglah ujung rambutmu untuk menghilangkan rambut bercabang, sehingga rambtmu bisa tetap sehat. Terutama jika rambutmu keringdan benar-benar rusak.

Jika Kamu Memiliki Rambut Keriting

Keriting

Hairstylist menyarankan untuk selalu ke salon setiap 12 minggu sekali. Jika rambutmu sering diwarnai, sebaiknya kamu selalu memotongnya sebelum mewarnainya agar rambut bisa selalu sehat. Hal ini karena rambut keriting mudah kering sehingga butuh selalu dilembapkan. Jadi, ke salon setiap 12 minggu sekali tidak hanya untuk memotong rambut, namun juga untuk melakukan perawatan agar rambut bisa selalu berkilau. Sedangkan waktu yang cocok untuk keramas bagi pemilik rambut keriting adalah antara 3 sampai tujuh hari agar rambutmu tidak mudah kering.

Nah, itu dia waktu yang tepat bagi kamu untuk selalu ke salon, ladies. Sebenarnya pilihan ini jatuh pada dirimu sendiri, apakah kamu merasa rambutmu sudah membutuhkan perawatan atau tidak? Tapi, jangan abaikan waktunya tersebut jika ingin rambutmu selalu rapi ya.

Tagged in:
Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait