Foto 7 Cara Memakai Makeup Salah yang Seringkali Dilakukan Wanita

7 Cara Memakai Makeup Salah yang Seringkali Dilakukan Wanita

Foto Marga Apsari
Ups, bisa jadi salah satunya adalah penyebab mengapa makeupmu tidak bisa sempurna!

Mudah untuk menjadi terbiasa dalam suatu hal saat mengaplikasikan make up. Mulai dari urutan pemakaian, atau cara mengaplikasikan produk. Namun, beberapa wanita justru kerap kali melakukan kesalahan dalam ber-make up, bahkan tanpa kamu sadari. Caramu mengaplikasikan make up seperti foundation, bronzer dan juga eyeshadow bisa membuat kulit tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Walaupun tampak mudah, sebenarnya memakai liquid lipstick ada caranya sendiri yang dapat membuat bibir tampak lebih memesona.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang banyak dilakukan wanita saat make up. Ladies, coba cek apakah kebiasaanmu ada di dalam list ini atau tidak.

7 Cara Memakai Makeup Salah yang Seringkali Dilakukan Wanita

Jangan lagi melakukan kebiasaan ini ya, ladies!

1. Salah Memilh Shade Bronzer

Bronzer

Memilih warna bronzer yang sesuai dengan undertone kulitmu sangatlah penting. Jika kamu memiliki warna undertone kulit kuning, pilihlah bronzer dengan warna keemasan. Jika kulitmu cenderung undertone merah, pink atau peach, pilihlah bronzer dengan warna terracotta. Ini akan membuat tampilanmu makin memesona secara alami.

2. Salah Memakai Kuas

Kuas make up

Saat membeli kuas, pastikan kamu memerhatikan ukuran dan bahan ujung kuasnya ya, ladies! Jika kamu ingin mengaplikasikan makeup di area yang kecil seperti mata, gunakan kuas yang kecil agar hasilnya tetap akurat. Sementara itu, saat mengaplikasikan foundation, kamu bisa gunakan kuas besar dengan ujung yang rata. 

3. Menata Alis

Menata alis

Alis adalah bingkai wajahmu, ladies. Hingga kini, model alis yang tampak penuh masih menjadi tren. Ini sedikit sulit bagi mereka yang terlahir dengan alis natural yang kurang penuh, apalagi jika kamu tidak ingin mencabut alis. Di sinilah peran pensil alis sangat penting. Triknya adalah membuat batasan alis terlebih dahulu baru mengisinya. Gunakan warna pensil alis yang tak jauh berbeda dengan warna rambutmu agar tampak natural. Jangan lupa untuk merapikan alismu dengan kuas spooile ya!

4. Warna Foundation yang Terlalu Gelap Atau Terang

Foundation

Memakai warna foundation yang salah bisa membuat kulitmu tampak kusam dan tidak alami. Jika kamu tidak berhasil menemukan warna foundation yang sesuai dengan tone warna kulit, maka sebaiknya gunakanlah 2 jenis warna. Gunakan warna yang lebih gelap dari kulitmu di bagian luar, sementara yang lebih terang di bagian dalam wajah. Pastikan kamu melakukan blending dengan baik hingga ke bagian leher agar hasilnya sempurna.

5. Winged Eyeliner yang Gagal

Eyeliner

Semua orang mungkin mengalami kegagalan saat pertama kali membuat winged eyeliner. Entah karena tidak simetris atau bentuknya yang tak sempurna. Cara terbaik untuk mengaplikasikan eyeliner adalah memposisikan wajah sedekat mungkin dengan kaca. Hindari menarik ujung kulit area mata karena ini akan membuat kulitmu cepat berkerut. Mulailah dari bagian tengah mata, lalu tentukan ujung terluar dari winged eyelinermu. Selanjutnya, tarik garis dari ujung luar yang telah ditandai tersebut ke arah mata.

BACA JUGA: 7 Cara Menggunakan Eyeliner yang Tidak Terduga untuk Hasil Sempurna

6. Membatasi Bibir dengan Liquid Lipstick

Lipstick

Jika kamu menginginkan hasil pemakaian liquid lipstick yang sempurna, beri tanda terlebih dahulu pada bagian terluar bibir. Mulai dari sebelah kiri, kanan, atas dan bawah. Disarankan untuk menggunakan lip liner saat membatasi bagian luar bibir agar lebih akurat. Selanjutnya, isilah bibir menggunakan liquid lipstick kesayanganmu.

7. Merusak Bulu Mata Alami

Bulu mata ekstensi

Eyelash extention memang semakin populer, tetapi dapat merusak bulu mata alamimu. Terlebih jika kamu tak tahu bagaimana cara merawatnya yang benar. Sebaiknya, gunakan saja bulu mata palsu. Sebelum menggunakannya, aplikasikan maskara terlebih dahulu ya, ladies! Lalu, mulailah dengan menempel bulu mata palsu dari bagian tengah, baru ke kiri dan ke kanan. 

8. Berantakan Ketika Menggunakan Contour dan Highlight

Contour

Walaupun banyak sekali tutorial mengenai penggunaan contour dan highlight pada wajah, namun tidak dipungkuri bahwa contour dan highlight adalah jenis make up yang paling sulit untuk digunakan. Untuk hasil contour yang natural, kamu bisa menggunakan jenis krim ataupun bedak, namun, jangan meratakan dengan lurus pada wajahmu. Sebaiknya kamu menjaga agar kuas kamu bergerak perlahan ke bagian atas sepanjang tulang di wajahmu.

Jika kamu melakukan contour dengan berantakan, hal itu justru membuat wajahmu tampak kotor dan berantakan. Pastikan bahwa kamu menggunakan foundation dengan bedak tebar sebelumnya. Selain itu, jangan menggunakan contour dengan warna yang gelapnya lebih jauh dari kulitmu. Sebaiknya gunakan shade yang warnanya dua kali lebih gelap dari warna kulitmu. Ingatlah! Salah-salah dalam menggunakan highlight dan contour malah akan membuat struktur wajahmu menjadi tidak natural.

9. Salah Menggunakan Shimmer

Shimmer

Sumber: Warpaintandunicorn

Ketika kamu menggunakan shimmer di wajah atau mata kamu, berhati-hatilah dengan tekstur. Hal ini karena ketika kamu menggunakan shimmer, glitter atau gloss dapat membuat pori-pori wajahmu menjadi lebih besar dan garis-garis pada wajah menjadi tampak lebih jelas. Agar kamu tidak salah dalam menggunakannya ketika kamu menggunakan highlighter shimmer, hindari menggunakannya di atas jerawat, terlalu dekat dengan mata dan terlalu jauh di tengah wajah.

10. Mengaplikasikan Maskara yang Menggumpal

Maskara

Maskara yang menggumpal tentu saja akan merusak make up kamu. Hindari menggunakan maskara ketika bulu mata kamu sedang basah hal ini akan membuat maskara di bulu mata kamu tampak menggumpal. Sebaiknya biarkan bulu mata kamu kering terlebih dahulu untuk membuatnya lebih natural.


Nah, itu dia cara memakai make up yang salah dan sebaiknya tidak kamu lakukan lagi. Jangan lagi lakukan kebiasaan ini ya.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Tampil Cantik dan Fresh  bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Tampil Cantik dan Fresh bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk  Wisuda

Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk Wisuda

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani