Foto Jenis-jenis Sisir Rambut dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

Jenis-jenis Sisir Rambut dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Untuk merawat rambut, tak hanya diperlukan produk perawatan yang berkualitas. Kamu pun harus memiliki sisir yang tepat. Apa saja jenis-jenis sisir dan mana yang cocok untukmu?

Menyisir rambut pasti sudah menjadi aktivitas yang sering kamu lakukan. Menyisir bisa membuat peredaran darah di kepala menjadi lancar dan tentunya membuat rambutmu mejadi lebih rapi dan mudah diatur. Jika selama ini kamu selalu memakai sisir yang sama setiap harinya, kamu perlu tahu bahwa ada banyak jenis sisir dengan banyak manfaat yang berbeda-beda pula.

Jika kamu salah menggunakan jenis sisir dapat menyebabkan rambut rapuh, patah, ataupun rontok. Selain itu, jenis sisir tertentu juga sangat berguna untuk mengatasi masalah-masalah rambut yang biasa dihadapi, seperti rambut susah diatur, kurang bervolume, dan lain sebagainya. Yuk cari tahu jenis-jenis sisir beserta fungsinya dilansir dari Seventeen!

Synthetic Bristle Brush

Bristle brush

Sumber: Seventeen

Sisir jenis ini biasanya terbuat dari bahan nilon sebagai pengganti bulu asli. Sisir ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki jenis rambut sangat tebal. Sisir ini tidak menimbulkan daya statis sebanyak sisir bulu asli. Di samping itu, karena bulu-bulunya yang lebih kaku, sisir ini juga lebih mudah mengurai rambut yang kusut. Sisir bulu sintetis ini juga merupakan pengganti sisir bulu alami yang biasanya terbuat dari bulu babi hutan.

Natural Bristle Brush

Natural bristle brush

Sumber: Seventeen

Sisir ini terbuat dari bulu alami babi hutan yang sangat lembut, serta dapat mendistribusikan minyak alami rambutmu hingga ke bagian ujung rambut. Hasilnya, rambut pun akan tampak berkilau. Sisir ini biasanya juga mahal karena terbuat dari bulu alami asli, namun manfaat yang diberikan pun lebih banyak. Terutama untuk yang memiliki rambut lurus dan lembut, sisir ini sangat cocok mengurai helai-helai rambut yang halus.

Mixed Bristle Brush

Mixed bristle brush

Sumber: Seventeen

Kalau yang satu ini adalah kombinasi antara bulu sintetis dengan bulu alami. Dengan perpaduan tersebut, sisir ini dapat membuat rambut semakin berkilau dengan bulu alaminya, sekaligus efektif untuk mengurai rambut yang kusut dengan bulu sintetisnya.  

Paddle Brush

Paddle brush

Sumber: Seventeen

Inilah sisir yang harus kamu miliki untuk penggunaan sehari-hari. Sisir jenis ini juga cukup membantu ketika digunakan untuk blow out. Meskipun volume yang dihasilkan tidak begitu besar, namun sisir ini sangat membantu merapikan rambut yang kusut dan susah diatur.

Vented Brush

Vented brush

Sumber: Seventeen

Sisir yang satu ini bisa membantu rambutmu agar lebih cepat kering ketika menggunakan hair dryer karena panas dari hair dryer dapat mencapai helai-helai rambutmu dari semua sisi. Dengan begitu, rambutmu akan terhindari dari kerusakan akibat terekspos panas dari hair dryer terlalu lama. Ketika mengeringkan rambut, pastikan rambutmu sudah 80% kering sebelum memakai sisir ini karena rambut basah lebih riskan patah.

Round Brush

Round Brush

Sumber: Seventeen

Kalau kamu ingin blow out rambutmu dengan volume yang lebih besar dan sedikit ikal, gunakan round brush! Ada berbagai macam ukuran round brush. Semakin kecil ukurannya, semakin kecil ikal yang akan dihasilkan. Coba tiupkan udara dingin sebelum melepas sisirnya, karena hal itu akan membuat style rambut dapat bertahan lebih lama.

Teasing Brush

Sumber: Seventeen

Sisir ini kamu perlukan kalau kamu ingin menyasak rambutmu. Dengan menyasak, volume rambutmu akan jauh bertambah. Sasak biasanya dilakukan sebelum menyanggul rambut. Teasing brush terbuat dari bulu alami sehingga lebih bersahabat bagi rambut dibandingkan sisir sasak biasa yang riskan merusak rambut rapuh.

Rattail Comb

Rattail comb

Sumber: Seventeen

Pegangan panjang dan lancip dari sisir ini sangat berguna untuk membagi rambut ketika kamu membuat kepangan. Di samping itu, gigi yang tajam dari sisir ini juga sangat efektif untuk merapikan rambut-rambut yang mencuat keluar.

Wide Tooth Comb

Wide tooth comb

Sumber: Seventeen

Ketika rambut basah, jangan menggunakan sisir biasa untuk menyisir rambutmu kalau tidak ingin rambut semakin rapuh dan mudah rontok. Gunakan sisir jenis ini yang memiliki gigi jarang-jarang. Dengan sisir ini, kamu bisa mengurai kusut di rambutmu tanpa membuatnya patah.


Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan jenis dan manfaat sisir rambut. Yuk, lengkapi koleksimu.

Tags:

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini