Kawaii Beauty Japan

Hair

Tips Berhijab 101: Ini Dia Alasan Utama Rambut Mudah Rontok Saat Memakai Hijab

Menggunakan hijab bikin rambut kamu mudah rontok? Wah, jangan-jangan kamu sering melakukan hal ini, ladies!

Marga Apsari

Belakangan ini tentu kamu semakin banyak melihat wanita yang menggunakan hijab. Walaupun rambut jadi tertutup seharian karena mengenakan hijab, bukan berarti rambut jadi bebas dari permasalahan. Maka dari itu, wanita berhijab juga tidak boleh malas memberikan perawatan rambutnya, meskipun ia terus menutup rambutnya di tempat umum.

Salah satu masalah utama yang dirasakan banyak wanita berhijab adalah rambut yang mudah rontok. Apakah kamu juga sering merasakannya, ladies

Penyebab Rambut Rontok Saat Memakai Hijab

Ada 2 penyebab utama yang seringkali membuat rambut para wanita berhijab jadi lebih mudah rontok. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Menutupnya dengan Hijab Saat Masih Basah

Rambut basah

Tidak sedikit wanita yang sering melakukan ini, apalagi saat terburu-buru. Rambut basah bisa dikatakan sebagai kondisi rambut yang paling rapuh. Rambut jadi mudah kusut, patah ataupun rontok. Maka dari itu, kita perlu mengeringkannya dengan benar. Sebaiknya, sempatkan sedikit waktu untuk mengeringkan rambut dengan hairdryer sebelum mengenakan hijab. Lebih baik lagi jika kamu bangun lebih pagi, agar tidak terlalu terburu-buru, ladies!

2. Rambut Sulit Bernapas

Melepas kunciran

Mengenakan hijab bisa dikatakan kita menutup rambut hampir seharian. Kebanyakan wanita juga mengikat rambutnya dengan kencang di balik hijab. Akibatnya, rambut jadi tak leluasa bernapas dan menjadi rapuh. Jangan lupa untuk melepas kunciran rambutmu saat berada di rumah agar rambut bisa lebih bernapas ya, ladies!

Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Bagi Wanita Hijab

Meskipun rambut jadi lebih mudah rontok saat menggunakan hijab, bukan berarti ini tak ada solusinya, lho. Kamu bisa mengatasi rontok dengan cara alami yang sederhana ini.

1. Menggunakan Konditioner Setelah Sampo

Conditioner

Saat menggunakan hijab, itu berarti kita tak boleh malas untuk merawat rambut. Aturlah jadwal keramasmu setidaknya dua hari sekali. Hindari untuk keramas setiap hari karena ini akan mengikis minyak alami pelindung rambut.

Setelah menggunakan sampo anti rambut rontok, pastikan kamu juga menggunakan kondisioner agar akar rambut jadi lebih kuat, dan rambut juga jadi lebih mudah diatur. Untuk hasil maksimal, kamu bisa juga gunakan serum, hair tonic dan masker rambut.

2. Menggunakan Sisir Bergigi Lebar

Sisir

Sisir bergigi lebar atau jarang dapat menjaga rambutmu terlalu tertarik dan rontok. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah, karena ini dapat semakin memicu kerontokan.

Kamu bisa juga memijat-mijat kulit kepala menggunakan sisir untuk memperlancar aliran darah sekaligus menenangkannya.

3. Menggunakan Minyak Alami

Oil

Ini saatnya kamu memanfaatkan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk menyehatkan rambut! Gunakan minyak alami ini dari akar hingga ujung rambut. Setelah mendiamkannya beberapa saat, bilas hingga bersih. Lakukan cara ini setidaknya seminggu sekali untuk mengatasi rambut rontok secara maksimal.

4. Ganti Belahan Rambut

Mengganti belahan rambut

Kebanyakan wanita seringkali mempertahankan satu garis belahan rambut saja. Meskipun terkesan sepele, tapi ini bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan, karena bagian rambut yang lain jadi sulit bernapas. Sesekali, gantilah belahan rambut agar seluruhnya dapat bernapas dengan lega.

Mengatasi rambut rontok itu cukup mudah jika kamu mengetahui cara yang tepat. Meskipun ditutupi dengan hijab, kamu tetap tak boleh malas merawat rambut ya, ladies!

Tagged in:
Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait