Foto Sering Duduk Bisa Menambah Berat Badan? Apa Benar?

Sering Duduk Bisa Menambah Berat Badan? Apa Benar?

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Awas! Ini dia bahaya duduk terlalu lama yang harus segera kamu atasi, ladies!

Pada masa sekarang ini, banyak orang yang melakukan pekerjaannya dengan cara duduk lama di depan layar komputer, terutama wanita karier. Pekerjaan yang mengharuskan seseorang duduk lama di depan komputer ini mungkin kelihatannya bukanlah pekerjaan yang berat. Tapi jika diusut lebih mendalam lagi tentang efek duduk terlalu lama, kamu bisa lebih berhati-hati jika kamu termasuk orang yang menghabiskan sebagian besar waktumu duduk di depan layar komputer.

Tidak hanya dapat membuat lemak menjadi menumpuk di perut. Ini dia efeknya, ladies! Berikut ini akan dibahas mengenai efek terlalu lama duduk bagi kesehatan tubuhmu sekaligus cara untuk mengatasinya. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya di sini!

5 Efek Duduk Terlalu Lama

Hati-hati jika kamu terbiasa duduk terlalu lama, ladies!

1. Penumpukan Lemak pada Perut

Menjadi gemuk

Siapa sangka ternyata duduk terlalu lama dapat menambah berat badan kamu? Jika kamu termasuk orang yang bekerja dengan duduk terlalu lama, maka hal ini akan menyebabkan menumpuknya lemak jenuh di perutmu yang bisa menyebabkan obesitas dan munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Penyakit lain yang bisa disebabkan oleh banyaknya lemak yang menimbun di perut ini antara lain adalah kanker, jantung, dan diabetes. Jika kamu tidak bisa rutin berolahraga, maka lemak yang ada di perutmu ini pun akan sulit untuk terbakar, ladies!

2. Penyakit Jantung

Penyakit jantung

Saat tubuhmu duduk dan tidak bergerak dalam waktu 3 jam, maka hal ini akan mengurangi intensitas darah untuk mengalir ke seluruh tubuh sehingga akan berdampak buruk bagi organ-organ internal. Nah, tidak lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh inilah yang menyebabkan kemungkinan lemak masuk ke dalam arteri dan jantung semakin meningkat, hal inilah yang memicu serangan jantung secara tiba-tiba. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa 82% orang yang duduk terlalu lama memiliki resiko terserang jantung koroner.

3. Meningkatkan Resiko Kanker

Kanker

Penelitian dari American Journal of Epidemiology tahun 2011 menyebutkan bahwa orang yang duduk terlalu lama setiap harinya akan meningkatkan resiko kanker kolorektal, paru-paru, endometrial, kolon, ovarium, dan postrat. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang terlalu lama berada pada posisi yang sama selama lebih dari 3 jam setiap harinya.

4. Meningkatnya Gula dalam Darah

Sakit gula

Orang yang duduk pada posisi yang sama selama berjam-jam akan menyebabkan terjadinya insulin resistant atau berkurangnya respon insulin yang menyebabkan sulitnya tubuh mengontrol gula dalam darah yang akan memicu diabetes.

5. Memicu Penyakit Mental

Insomnia

Menurut penelitian dari BMC Public Health, duduk dan berada pada posisi yang sama selama 3 jam setiap harinya menyebabkan meningkatnya kemungkinan penyakit mental pada seseorang. Hal ini disebabkan karena terlalu lama duduk akan memengaruhi sirkulasi darah dan oksigen ke otak yang akan menyebabkan turunnya fungsi otak dan berkurangnya konsentrasi. Inilah yang akan memicu timbulnya penyakit mental, seperti stress fisiologi dan depresi tingkat tinggi.

Solusi untuk mencegah dampak duduk terlalu lama:

  • Usahakan untuk selalu berjalan atau berdiri saat menelepon
  • Gunakan meja yang cukup tinggi agar bisa digunakan saat berdiri
  • Biasakan untuk berdiri atau berjalan setiap setengah jam bekerja
  • Usahakan untuk selalu duduk dengan posisi yang benar agar mengurangi resiko sakit leher dan punggung, serta menjaga agar postur badan tetap baik
  • Lakukan olahraga rutin, seperti yoga atau zumba saat tidak bekerja

Nah, itulah beberapa dampak duduk terlalu lama beserta solusi untuk mencegahnya yang wajib kamu tahu. Meskipun pekerjaan mengharuskanmu duduk lama, tapi sebisa mungkin lakukan tips di atas agar kamu juga tetap bisa terhindar dari bahaya duduk terlalu lama. Semoga bermanfaat!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Miss V dengan Thermiva Kini Telah Hadir di Indonesia

Perawatan Miss V dengan Thermiva Kini Telah Hadir di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Santi Berlinawati Santi Berlinawati
6 Hal yang Ternyata Mempengaruhi Siklus Haid Kita

6 Hal yang Ternyata Mempengaruhi Siklus Haid Kita

Hikma Adriani Hikma Adriani
12 Gejala Kanker Serviks yang Perlu Kamu Waspadai

12 Gejala Kanker Serviks yang Perlu Kamu Waspadai

Marga Apsari Marga Apsari
Ketahui 5 Penyebab Perut Buncit pada Wanita

Ketahui 5 Penyebab Perut Buncit pada Wanita

Meydiana Widyaningsih Meydiana Widyaningsih