Foto Perlu Tahu! 7 Cara Membersihkan Wajah Ini Ternyata Salah

Perlu Tahu! 7 Cara Membersihkan Wajah Ini Ternyata Salah

Foto Marga Apsari
Membersihkan wajah dapat mengatasi berbagai masalah. Tapi jika kamu salah melakukannya, bisa malah tambah parah! Hati-hati!

Membersihkan wajah memang terasa sangat sederhana. Basahkan wajah, aplikasikan sabun pembersih sambil memijat lembut, lalu bilas, dan selesai. Setelah itu, kulit akan terasa lebih segar dan bersih. Namun, pernahkah kamu merasa bahwa masalah wajah tidak kunjung hilang, meskipun kamu sudah menyapu bersih kotorannya? Inilah saat yang tepat untuk lebih teliti lagi dalam membersihkan wajahmu, ladies!

Beberapa kebiasaan buruk dalam membersihkan wajah dapat membuatnya jadi lebih bermasalah, seperti kering atau terlalu berminyak, bahkan timbulnya jerawat. Ups, tidak ingin kan hal-hal buruk ini terjadi pada wajah cantikmu? Ketahui dulu cara membersihkan wajah yang salah!

7 Cara Membersihkan Wajah Ini Ternyata Salah

Berikut ini adalah 7 kesalahan dalam membersihkan wajah yang harus kamu hindari mulai dari sekarang jika ingin memiliki kulit yang lebih bersih, segar dan terbebas dari masalah.

1. Kamu Tidak Memilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Cuci muka

Menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit sangatlah penting. Ini adalah langkah utama paling penting untuk membasmi masalah-masalah di kulit wajahmu. Tugas utama pembersih wajah adalah menghilangkan sisa-sisa makeup, kotoran dan mengurangi minyak berlebih sambil tetap menjaga kelembapannya. Jika malah timbul breakout di wajah, atau kamu masih saja harus menggunakan kertas minyak, ada baiknya kamu coba menggunakan pembersih wajah berbentuk gel. Jika kulitmu cenderung menjadi dehidrasi dan kering, kamu bisa memilih pembersih wajah yang creamy dan dapat melembapkan.

2. Menggunakan Air Panas

Air panas

Banyak orang beranggapan bahwa mencuci wajah dengan air yang panas dapat membuka pori-pori sehingga pori-pori dapat lebih bersih. Hal itu memang benar, namun kamu cukup menggunakan air hangat saja untuk mencuci wajahmu. Saat membilas wajah dari sisa-sisa sabun, gunakanlah air hangat, karena air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi sangat kering seketika, dan akhirnya kelenjar minyak akan bekerja secara berlebihan.

BACA JUGA: 10 Manfaat Es Batu untuk Wajah yang Tidak Kamu Duga

3. Terlalu Banyak Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi memang sangat bagus untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah jadi tampak kusam dan kasar. Namun, scrub yang terlalu kasar dan eksfoliasi yang terlalu sering dapat membuat kulit jadi iritasi dan infeksi. Kamu hanya perlu menggunakan scrub tidak lebih dari dua kali dalam seminggu untuk menjaga kesegaran wajah ya, ladies!

4. Kamu Tidak Membiarkan Produk Kecantikan Bekerja Cukup Lama

Mencuci wajah

Jangan berpikir bahwa membersihkan wajah sebagai kegiatan yang instan. Kebanyakn produk membutuhkan sekitar 10 detik untuk bekerja, terutama pembersih wajah untuk kulit berjerawat yang dirancang untuk melawan breakout. Kamu bisa membiarkan produk pembersih berada di wajah sejenak sebelum kamu membilasnya.

5. Kamu Tidak Konsisten

Membersihkan wajah

Ada baiknya kamu bertahan pada satu rutinitas yang sama setiap harinya. Jangan hanya membersihkan wajah saat kamu tidak malas saja. Ini seperti olahraga rutin jika ingin menurunkan berat badan. Saat kamu bolos berolahraga, efeknya tidak akan maksimal dan kamu tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Kamu Membersihkan Wajah dengan Tangan Kotor

Cuci tangan

Membersihkan wajah dengan tangan kotor adalah hal yang sangat amat salah, ladies! Ini akan memicu breakout dan masalah kulit lainnya, karena kuman pada tangan akan 'mampir' ke wajah. Pastikan kamu membersihkan kedua tanganmu terlebih dahulu ya, ladies!

7. Kamu Tidak Membersihkan Wajah di Pagi Hari

Membersihkan wajah

Bahkan jika kamu tidak merasa wajahmu kotor saat bangun tidur, ada baiknya kamu tetap membersihkannya ya. Membersihkan wajah saat pagi hari akan menghilangkan minyak berlebih yang muncul saat kamu tidur dan membuat kamu jadi lebih segar.


Nah, itu dia cara membersihkan wajah yang ternyata salah. Apakah kamu salah satu yang pernah melakukan kesalahan di atas. Segera perbaiki kesalahan di atas agar wajahmu bisa tetap cantik dan cerah ya, ladies!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini