Foto Cara Merawat Tubuh dengan Melakukan Spa di Rumah

Cara Merawat Tubuh dengan Melakukan Spa di Rumah

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Perawatan spa tidak melulu dilakukan di rumah kecantikan bukan? Sekarang kamu bisa melakukannya sendiri di rumah lho ladies!

Perawatan tubuh bagi wanita biasa dilakukan di tempat salon-salon kecantikan untuk memanjakan diri setelah beraktivitas seharian. Kegiatan sehari-hari yang cukup menguras tenaga dan pikiran, tentunya akan membuat seseorang merasa lelah, jenuh dan bahkan mungkin stres. Ketika hal tersebut terjadi, maka relaksasi adalah salah satu solusi mudah yang dapat dilakukan. Bentuk relaksasi yang disukai oleh para perempuan adalah spa.

Sayangnya, cara merawat tubuh yang satu ini perlu dilakukan ke tempat spa dan tidak jarang tempat spa yang ingin dituju jauh dari rumah. Lalu, bagaimana untuk kamu yang malas untuk pergi ke tempat spa? Tenang ladies, karena dengan langkah-langkah mudah ini kamu sudah bisa merasakan sensasi spa dirumah. Berikut langkah-langkah mudah melakukan spa di rumah.

1. Buat Sendiri Minuman Spa-mu

Infused water

Pertama-tama kamu harus menyiapkan minuman spa sebagai teman acara relaksasimu. Kamu bisa membuat kreasi infused water sesuai dengan seleramu. Misalnya mentimun dengan lemon, apel dengan kayu manis atau stroberi dengan jeruk mandarin. Selain menyehatkan, tentunya ini tidak kalah segar dengan minuman di tempat spa bukan?

2. Ciptakan Suasana yang Menyenangkan

Relaks

Mulailah menciptakan suasana rumah yang menyenangkan, sehingga akan lebih mudah membantumu merasa tenang dan rileks sehingga memaksimalkan perawatan diri yang dilakukan. Putar musik klasik di rumahmu agar suasana rumah kamu sudah seperti tempat spa.

3. Persiapkan Bahan-bahan Spa

Aloe vera

Siapkan masker wajah, lulur, dan masker rambut untuk bahan-bahan melakukan spa. Jika perlu buatlah sendiri resep perawatan kecantikan dengan bahan alami yang bias kamu temukan disekitarmu.

BACA JUGA: Cara Memutihkan Tangan dan Kaki dalam Sekejap dengan Masker Homemade

4. Lakukan Perawatan Rambut

Merawat rambut

Cucilah rambut menggunakan sampo dan akhiri dengan memakai conditioner. Jika perlu, kamu bisa menggukan masker rambut dan mendiamkannya selama beberapa menit dengan menutupnya menggunakan handuk hanggat sebelum dibilas.

5. Lakukan Perawatan Wajah

Cuci muka

a. Membersihkan Wajah

Bersihkan sisa make up dan kotoran menggukan susu pembersih. Kemudian basuh wajah dengan sabun pembersih wajah untuk membersihkan sisa-sisa make-up yang belum terangkat. Setelah itu, gunakan penyegar.

b. Scrub dan Exfoliating

Scrub dan ekfoliating sangat perlu untuk membersihkan sisa kotoran di pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Ingat, berhati-hatilah saat menggunakan scrub. Hindari menggosok wajah terlalu kencang karena bisa melukai kulit, menimbulkan alergi, dan menipiskan kulit.

c. Steam Wajah

Tuang air hangat dalam mangkuk besar. Tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi di dalamnya. Kemudian tutup kepala dengan handuk dan lakukan steam wajah selama beberapa menit.

d. Masker

Kamu bisa melakukan masker wajah dengan menggunakan masker yang bisa dibuat sendiri. Beberapa masker alami yang bisa kamu coba adalah masker dari campuran oatmeal dengan telur, bubuk kunyit dengan madu atau dari berbagai buah dan sayur. Saat penggunaanya diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

6. Lakukan Perawatan Tubuh

Merawat tubuh

a. Membersihkan Tubuh

Mandilah dengan sabun yang beraroma. Setelah itu, pakailah scrub di seluruh tubuh untuk membersihkan sel-sel kulit mati.

b. Berendam dengan Aromaterapi

Sebelum berendam pastikan suhu air untuk berendam tidak terlalu panas ataupun dingin. Kemudian tambahkan minyak aromaterapi dan garam mandi ke dalam air. Untuk menambah nuansa spa, nyalakan lilin aromaterapi dan tambahkan beberapa kelopak bunga mawar. Rendam tubuh selama beberapa saat sambil menikmati minuman spa-mu atau bisa juga dengan mendengarkan musik yang menenangkan.

c. Merendam Kaki

Siapkan air hangat yang telah dicampur dengan garam dalam sebuah wadah. Kemudian rendam kaki selama 10 menit dengan air tersebut. Gosok kaki secara perlahan untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Setelah itu angkat kaki, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

7. Gunakan Krim dan Lotion untuk Melembapkan Kulit

Lotion

Gunakan krim dan lotion luntuk menjaga kelembapan seluruh kulitmu, dari wajah, tubuh, tangan hingga kaki. Pastikan krim pelembap atau lotion yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit tubuhmu.

8. Potong dan Cat Kuku

Nail art

Langkah terakhir yaitu memotong kuku. Potong dan rapikan bentuk kukumu menggunakan pemotong kuku. Sebaiknya hindari menggunakan gunting karena akan membuat kuku menjadi tipis. Setelah itu, kamu bisa gunakan cat kuku untuk memperindah kukumu.


Demikianlah cara mudah dan praktis melakukan perawatan spa dirumah, mudah bukan? Sekarang kamu bisa merawat tubuh cantik kamu tanpa perlu ke tempat spa, ladies!

Tags:

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini