Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Cara Memutihkan Tangan dan Kaki dalam Sekejap dengan Masker Homemade

Karena sering terekspos sinar matahari dan kotoran, tangan dan kaki sering kali tampak kusam, kering, dan lebih gelap. Oleh karenanya, penting juga untuk merawat tangan dan kaki dengan masker.

Santi Berlinawati

 

Ladies, pernahkah kamu merasa minder menggunakan sepatu terbuka karena kulit kakimu yang kering dan kusam, bahkan terlihat lebih hitam? Begitu juga dengan kulit tanganmu. Itu pasti karena kamu kurang merawat dan memperhatikannya, karena tangan dan kaki pun perlu dirawat seperti halnya kita merawat wajah. Untuk itu, yuk gunakan masker tangan dan kaki di bawah ini untuk mengembalikan kehalusan dan kecerahan tangan dan kakimu!

Masker Tangan dengan Kentang

Masker kentang

Kentang memang sering digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah karena kandungan anti-aging, pencerah, dan pengencangnya. Dan kamu pun bisa memanfaatkannya untuk membuat kulit tanganmu semakin halus, cerah, dan tidak belang.

Bahan-bahan: 2 – 3 butir kentang, susu.

Langkah-langkah:

1. Rebus kentang hingga empuk.

2. Kemudian haluskan, dan campur dengan susu secukupnya hingga berbentuk pasta.

3. Gunakan masker kentang ini pada kulit tanganmu, dan diamkan hingga dingin.

4. Setelah itu bilas sampai bersih, dan lembabkan tanganmu dengan lotion atau cream favoritmu.  

Masker Kaki dengan Oatmeal

Oatmeal

Tidak pe-de dengan kakimu yang kering dan pecah-pecah? Coba saja rawat kakimu dengan masker oatmeal yang satu ini. Oatmeal memiliki kemampuan untuk mendinginkan dan melembutkan kulit kering dan sensitif. Sehingga, dengan mengkombinasikannya bersama madu dan minyak zaitun akan membuat kakimu semakin halus dan indah.

Bahan-bahan: 2 cangkir oatmeal yang sudah dihaluskan, 1 cangkir tepung, ½ cangkir madu, dan ½ cangkir minyak zaitun.

Langkah-langkah:

1. Campurkan semua bahan di dalam mangkuk besar.

2. Kamu juga bisa menambahkan aroma dengan minyak esensial, seperti lavender, peppermint, dll.

3. Aduk semua bahan menggunakan sendok hingga rata dan berbentuk pasta kental.

4. Jika terlalu kental, kamu bisa menambahkan minyak, jika terlalu cair, tambahkan oatmeal.

5. Sebelum menggunakan masker kaki tersebut, rendamlah kakimu ke dalam air panas terlebih dahulu yang sudah dicampur dengan sedikit baking soda. Hal ini akan membuat kulit kakimu lebih lunak dan lembut. Dengan begitu, proses eksfoliasi pun jauh lebih mudah.

6. Lakukan eksfoliasi sebentar dengan foot scrub atau scrub gula yang bisa kamu buat sendiri, kemudian bilas dengan air hangat.

7. Kini saatnya mengaplikasikan masker kaki. Oleskan masker pada kaki dan telapak kaki, dan biarkan selama 20 – 30 menit sebelum membilasnya. Kakimu pun akan jauh lebih halus dan lembut, dan bebas dari pecah-pecah. Jangan lupa gunakan foot cream.

Masker Kaki dengan Jeruk

Masker kaki dengan jeruk

Masker kaki yang satu ini tidak hanya akan menghangatkan kakimu, namun juga memiliki berbagai macam kandungan yang melembabkan dan melembutkan, seperti madu, minyak zaitun, oatmeal, dan bahan-bahan herbal lainnya.

Bahan-bahan: ½ cangkir oatmeal halus, ½ sdt kayu manis, ½ sdt cabe rawit, 4 sdm air hangat, 1 sdt minyak zaitun, 1 sdm madu, 1 sdm jahe segar parut, dan 4 tetes sweet orange essential oil.

Langkah-langkah:

1. Campurkan semua bahan di dalam mangkuk berukuran besar hingga berbentuk pasta kental.    

2. Siapkan 2 waslap atau handuk hangat.

3. Oleskan masker pada kaki secara merata sampai mata kaki.

4. Bungkus kedua kaki dengan waslap atau handuk hangat tadi. Rilekslah selama 10 – 15 menit.

5. Buka pembungkus dengan hati-hati, dan bilas kaki sampai bersih. Keringkan dengan handuk.

Nah, itu dia rahasia cara memutihkan tangan dan kaki secara mudah. Jadi, jangan minder karena kulit kai dan tanganmu belang ya, ladies! Selamat mencoba!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait