Kawaii Beauty Japan

Hair

6 Tips Memanjangkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah

Menyesal sehabis potong rambut? Ternyata ada cara cepat memanjangkan rambut loh!

Hikma Adriani

Kamu habis salah potong rambut dan menyesal? Kamu pasti rasanya segera ingin membuat rambutmu segera panjang kan, ladies? Sayangnya rambut tidak bisa tumbuh panjang hanya dalam semalam. Hal yang harus kamu lakukan hanyalah berusaha agar rambutmu segera tumbuh dan mencapai panjang seperti semula walaupun tidak bisa tumbuh dengan cepat.

Memanjangkan rambut rupanya bisa kamu stimulasi dengan beberapa cara lho. Yuk, simak bagaimana caranya!

6 Tips Memanjangkan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah

Nah ladies, berikut ini cara yang harus kamu lakukan jika ingin rambutmu cepat tumbuh!

1. Rutin Potong Ujungnya

Memotong ujung rambut

Ironisnya, kamu justru harus rutin memotong ujung-ujung rambut agar ia bisa kembali tumbuh lebih cepat. Jika rambutmu bercabang ujungnya dan tidak dipotong. Kerusakan rambut itu  malah akan semakin menyebar ke seluruh batang rambut dan membuatnya lambat tumbuh. Kamu harus merapikan ujung-ujung rambutmu di salon setiap 10-12 minggu sekali untuk mencegah terjadinya kerusakan di ujung rambut.

2. Pakai Conditioner Tiap Keramas

Conditioner

Jika rambutmu basah, berarti kamu wajib menggunakan kondisioner untuk melembabkannya. Dari waktu ke waktu, penataan rambut seperti coloring dan mencatok akan membuat rambut jadi tipis. Kondisioner membantu mengembalikan lipid dan protein yang hilang dari dalam tiap helai rambut, plus “mengunci” kutikula rambut di dalamnya sehingga bisa mencegah kerusakan lebih jauh. Melalui cara ini, jika rambut sehat, tentunya akan cepat tumbuh juga.

3. Jangan Keramas Tiap Kali Kamu Mandi

Keramas

Banyak orang yang sering tidak pakai kondisioner saat mandi, tapi tetap keramas. Padahal, kondisioner itu justru lebih penting ketimbang shampoo. Keramas lah yang harus di-skip sesering mungkin. Mengapa? Karena tujuan keramas adalah untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa produk penataan rambut yang menumpuk di kulit kepala, tapi keramas juga menghilangkan minyak alami rambut yang bertugas membuat setiap helainya lembut dan sehat. Jadi, jangan sering-sering keramas jika tidak ingin rambut rusak. Dan jika kamu keramas, fokuslah pada kulit kepala, bukan pada helaian rambut.

4. Gunakan Minyak Alami atau Masker Tiap Minggu

Minyak rambut

Dalam beberapa waktu, rambut butuh lebih dari sekadar kondisioner. Maka itu, kamu butuh pelembab rambut yang merawat dengan lebih mendalam. Ada banyak produk masker rambut yang bisa kamu temukan di pasaran sekarang ini. Namun, untuk lebih sehat lagi, disarankan untuk menggunakan minyak alami. Coba pakai ½ cangkir minyak kelapa dicampur 1 sendok makan minyak almond, minyak macadamia, dan minyak jojoba. Aplikasikan di rambut yang setengah basah. Biarkan 10 menit, kemudian keramas dan gunakan kondisioner seperti biasa.

5. Konsumsi Vitamin E

Vitamin

Rambutmu butuh nutrisi untuk membentuk rambut baru. Jadi, perhatikan apa yang kamu konsumsi. Makanan yang kaya vitamin E jelas akan memberikan hasil yang terbaik untuk rambutmu. Namun, jika tidak bisa mengontrol apa yang kamu konsumsi, kamu bisa mengonsumsi vitamin E yang banyak dijual di pasaran.

6. Sikat Rambutmu

Sikat rambut

Menyisir rambut terlalu sering bisa merusak rambut. Jika kamu ingin mengurai rambut yang kusut dalam keadaan basah, pastikan kamu mulai dari bawah rambut, lalu pelan-pelan naik ke bagian kulit kepala. Kita seringnya menyisir rambut dari atas ke bawah. Padahal itu justru menyebabkan kerontokan dan daripada disisir, kamu harus menyikat rambutmu dengan sikat rambut. Sikat rambut itu lembut di rambut sehingga tidak merusak. Plus, bisa mendistribusikan minyak di kulit kepala bagian bawah rambut yang kering.

Nah, itu dia tips memanjangkan rambut yang bisa kamu coba, ladies! Selamat mencobanya.

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait