Foto Masih Percaya dengan 8 Mitos Cara Memutihkan Kulit Tubuh Ini? Pikir Lagi!

Masih Percaya dengan 8 Mitos Cara Memutihkan Kulit Tubuh Ini? Pikir Lagi!

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Banyak wanita yang ingin kulitnya putih agar terlihat lebih cantik. Tapi apakah benar wanita cantik itu harus berkulit putih? Yuk, simak 8 mitos pemutihan kulit berikut ini!

Kebanyakan wanita rela mengorbankan apapun demi mendapatkan produk perawatan yang dapat memutihkan kulit dan membuat kulit sempurna. Selain mengorbankan banyak uang untuk mendapatkan kulit cantik, para wanita kadang juga melakukan tindakan yang salah ketika merawat kulit dan mengabaikan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, beredarnya mitos-mitos cara memutihkan kulit tubuh membuat banyak wanita menjadi melakukan perawatan yang salah. Padahal diantara mitos-mitos tersebut, bisa saja membahayakan tubuh. Berikut ini adalah mitos-mitos yang perlu kamu ketahui.

8 Mitos Cara Memutihkan Kulit Tubuh

Perhatikan hal-hal yang banyak beredar di masyarakat ini, ladies! Ternyata hal-hal ini hanyalah mitos lho!

1. Aman Memakai Krim Pemutih di Bawah Sinar Matahari

Memakai krim putih

Faktanya, ketika sedang memakai krim pemutih kulit akan menjadi sensitif apalagi bila terkena sinar matahari. Jadi, sebaiknya ketika memakai krim pemutih sebisa mungkin untuk tidak terkena sinar matahari langsung. Gunakan tabir surya atau pelindung lainnya seperti topi bertepi lebar, kacamata, payung, atau pakaian yang menutupi kulit.

2. Tidak Perlu Memakai Tabir Surya Saat Cuaca Mendung

Memakai sunblock

Tahukah kamu bahwa radiasi sinar matahari masih bisa menembus cuaca mendung dan mengenai kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Jadi, tetap gunakan tabir surya ya, ladies. Meskipun kamu memakai produk dengan Sun Protection Factor (SPF), sebaiknya tetap gunakan tabir surya, terutama pada pukul 10.00 hingga 14.00, baik pada saat cuaca panas atau mendung karena SPF saja tidak cukup untuk melawan efek buruk dari radiasi sinar matahari. Kamu bisa mengulangi penggunaannya tiap dua jam sekali dan ketika berkeringat.

3. Produk Mahal Pasti Lebih Bagus

Krim hand body

Faktanya, hal yang menentukan baiknya suatu produk adalah kecocokan kulit dengan produk tersebut. Ada orang yang memakai produk murah, tapi hasilnya memuaskan karena kulitnya cocok dengan produk tersebut. Mahal atau murah produk yang kamu pilih, yang terpenting adalah pastikan kamu tahu apa kandungan krim pemutih yang kamu pakai dan krim tersebut cocok untuk jenis kulitmu.

BACA JUGA: Cara Memutihkan Tangan dan Kaki dalam Sekejap dengan Masker Homemade

 

4. Jika Cocok Pada Kulit Teman, Maka Efektif Juga pada Kulit Kita

Memakai lotion

Kamu mungkin pernah memiliki teman yang berhasil memutihkan kulit dengan krim pemutih tertentu, sehingga kamu ingin mencobanya. Hal tersebut tidak bisa menjadi acuan ya ladies, karena kondisi dan jenis kulitmu belum tentu sama dengan kulit temanmu.

5. Krim Malam Sangat Cocok untuk Kulit Beregenerasi

Krim malam

Banyak produsen-produsen yang menganjurkan menggunakan krim malam pada malam hari karena pada saat itu kulit sedang beregenerasi. Menurut sebagian dokter kulit, penggunaan krim malam sebenarnya tidak diperlukan. Menggunakan krim siang pada malam hari sebenarnya juga tidak masalah asalkan krim tersebut sesuai dengan jenis kulitmu. Hal ini juga bisa menghemat pengeluaranmu bukan?

6. Hidrokuinon Aman Jika Kadarnya Tidak Lebih Dari 2%

Krim wajah

Hidrokuinon adalah bahan topikal dalam krim pemutih yang dapat menghambat pembentukan melanin. Banyak krim yang menyatakan bahwa kadar hidrokuinon aman jika hanya mengandung 2% dalam krim tersebut. Padahal faktanya, penggunaan hidrokuinon dapat berpotensi berdampak buruk dalam jangka panjang yang dapat memicu kanker kulit dan penyakit berbahaya lainnya.

7. Setelah Mendapatkan Kulit Putih, Kita Bisa Berhenti Menggunakan Krim Pemutih

Mendapatkan kult putih

Krim pemutih pada dasarnya berfungsi untuk menghambat produksi melanin. Sehingga ketika berhenti menggunakannya, produksi melanin akan kembali normal bahkan meningkat apalagi bila terkena sinar matahari. Jadi dengan kata lain, krim pemutih menyerupai candu.

8. Kulit Putih Identik dengan Wanita Cantik

Memiliki kulit putih

Stereotip wanita cantik di Indonesia memang memiliki kulit putih karena mayoritas dari wanita Indonesia memiliki kulit sawo matang. Selama ini banyak yang menganggap bahwa wanita cantik adalah mereka yang memiliki kulit putih. Ketahuilah bahwa kecantikan seseorang muncul karena adanya percaya diri, sehingga kecantikan akan terpancar dengan sendirinya.


Bagaimana , ladies? Masihkah kamu yang mempercayai mitos yang beredar ini. Jangan lagi ikuti mitos-mitos ini ya! Semoga bermanfaat!

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini