Kawaii Beauty Japan

Hair

5 Tips Rahasia Perawatan Rambut Kering yang Wajib Kamu Ketahui

Rambut kering cenderung lebih rapuh. Berikan perawatan yang benar agar mahkotamu tetap memukau!

Marga Apsari

Terus-terusan melawan rambut kering bukankah solusi yang tepat. Merawatnya dengan cara yang salah malah bisa membuat kondisi rambut keringmu semakin parah. Rambut menjadi semakin rapuh, mudah rusak dan penampilannya membuatmu jadi seperti singa. Jika kamu ingin membuat rambutmu menjadi indah tergerai dan berkilau memang membutuhkan perawatan yang tidak instan. Kamu juga tidak bisa sembarangan untuk mengatasi rambut keringmu. Yuk, simak cara mengatasinya!

5 Tips Perawatan Rambutan Kering

Berikut ini adalah beberapa tips merawat rambut kering yang bisa membuat mahkotamu tampil menawan setiap saat:

1. Cuci Rambut Dua Kali Seminggu Saja

Mencuci rambut

Mencuci rambut atau keramas untuk rambut kering tidak akan membuatnya semakin baik, ladies. Keramas akan menghilangkan kadar minyak pada rambut, sehingga rambutmu akan menjadi semakin kering. Maka dari itulah, pemilik rambut kering tidak sebaiknya keramas terlalu sering, cukup dua kali dalam seminggu saja. Gunakan juga konidisioner setelahnya untuk memaksimalkan perawatan. Produk-produk yang digunakan sebaiknya adalah yang diformulasikan untuk rambut kering ya!

2. Keringkan Secara Alami

Mengeringkan rambut

Hindari penggunaan hair dryer jika rambutmu sangat kering. Biarkan rambutmu mengering secara alami. Penggunaan handuk yang digosokkan ke kepala juga sebaiknya dihindari, karena handuk rentan membuat rambut jadi semakin rusak. Setelah keramas, pakailan serum atau vitamin rambut untuk memberinya nutrisi ekstra.

3. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Menyisir

Memilih sisir rambut sangat memangaruhi kualitas rambut. Jika rambutmu tipe kering, hindari penggunaan sisir bergigi rapat. Ini akan membuat kondisi rambutmu jadi pecah-pecah. Ketika rambut berada dalam keadaan lembap, uraikan rambut dengan menggunakan jari, lalu gunakan sisir bergigi jarang dari akar rambut hingga ujung.

4. Memotongnya dalam Kondisi Basah

Rambut basah

Tentu saja akan ada saat-saat di mana kamu menginginkan pergantian model rambut. Namun, memotong rambut dalam kondisi basah bukanlah cara yang tepat jika tipe rambutmu adalah kering. Konsultasikan pada hair stylistmu untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

5. Menggunakan Perawatan Rambut yang Tepat

Sampo

Memiliki rambut kering berarti kamu harus pintar dalam memilih produk untuk rambut yang sesuai dengan rambutmu. Gunakan sampo yang memang diperuntukkan untuk rambut kering. Gunakan sampo yang bebas bahan kimia (chemical free) agar rambutmu tidak ketombean. Gunakan condiitoner yang mengadung pH rendah. Gunakan conditioner yang berlabel deep conditioning dan gunakan setiap satu sampai dua kali dalam seminggu untuk membantu melembapkan ujung rambutmu.

 

Memiliki rambut kering mungkin akan membuatmu perlu sedikit lebih banyak effort untuk merawatnya. Asal kamu memberikan perawatan yang tepat, rambut keringnmu pasti bisa bersinar seperti rambut lainnya. Selamat mencoba, ladies!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait