Kawaii Beauty Japan

Hair

5 Perawatan Rambut Penting yang Bisa Jadi Sering Kamu Tinggalkan

Jangan-jangan kamu sering meninggalkan perawatan rambut ini ya, ladies?

Hikma Adriani

Jika kamu pikir keramas pakai shampoo dan conditioner saja setiap hari sudah cukup untuk membuat rambut jadi hitam berkilau dan sehat, kamu salah. Butuh lebih dari sekadar shampoo dan conditioner saja untuk merawat rambut. Perawatan rambut yang tepat memang dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau. Berbagai macam perawatan rambut memang tersedia di salon dan beberapa dapat kamu lakukan di rumah. Tapi, tahukah kamu ada beberapa perawatan yang bisa jadi tidak kamu lakukan padahal sebenarnya sangat penting lho untuk dirimu, ladies! Yuk, simak!

5 Perawatan Rambut Penting yang Bisa Jadi Sering Kamu Tinggalkan

Tidak tahu perawatan apa yang harus kamu lakukan untuk rambut? Berikut ini 5 jenis perawatan yang harus (dan bisa) kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Hot Oil

Pakai shower cap

Sudah mencoba berbagai produk untuk mengatasi rambut kering dan mengambang tapi tidak ada yang berhasil? Coba perawatan hot oil. Perawatan ini bukan cuma memberi kelembapan yang kamu butuhkan, tapi juga bisa mestimulasi pertumbuhan rambut, mencegah rambut bercabang, dan mengatasi ketombe. Caranya, pilih minyak yang kamu inginkan (minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jarak), taruh di wadah kecil sesuai kebutuhan, kemudian panaskan wadah tersebut dalam panci yang berisi air dan panaskan selama beberapa menit sampai kira-kira panas (bukan hangat).

Aplikasikan minyak (minyak kelapa atau minyak zaitun) ke rambut dan kulit kepala, tutup kepala dengan shower cap dan bilas setelah 15-20 menit. Jika sedang terburu-buru, kamu bisa membeli produk hot oil untuk rambut di toko kecantikan terdekat. Mengaplikasikan produk ini biasanya hanya membutuhkan waktu 1 menit.

2. Masker Rambut

Masker rambut

Tidak seperti conditioner biasa, masker rambut bisa meresap masuk ke kutikula rambut untuk memperbaiki bagian yang rusak dan melembabkan tiap helainya. Namun ingat, tidak semua produk masker rambut itu sama. Jadi pastikan kamu cocok dengan tipe rambutmu (baca labelnya). Untuk hasil terbaik, pakai masker rambut sekali seminggu.

3. Perawatan Cellophane

Cellophane

Berikan perawatan cellophane pada rambut kalau kamu ingin rambutmu mengilap. Perawatan ini bisa melindungi kutikula rambut sehingga kelembapannya tidak meresap keluar. Hasilnya, rambutmu jadi lembap dan sehat. Plus, perawatan ini juga bisa mengembalikan tekstur asli rambutmu. Tidak hanya itu dengan cellophane, rambutmu jadi seperti diwarnai. Namun, warnanya samar dan cuma tahan kurang lebih sebulan. Tenang, pewarnaan ini lebih baik tidak merusak daripada pewarna rambut permanen atau semi permanen.

4. Hair Spa

Hairspa

Mungkin kamu sedang bermasalah dengan ketombe, rambut rontok, atau rambut kusam. Solusinya adalah hair spa. Dengan perawatan ini, rambutmu akan lembut mengilap. Plus, semua permasalahan tadi akan terselesaikan. Kamu tinggal beli produk hair spa di toko kecantikan terdekat, kemudian aplikasikan ke seluruh rambut dan kulit kepala setelah keramas, selama 15 menit. Setelahnya, bilas deh. Kamu pun bisa mengganti kondisioner mu dengan produk hair spa.

5. Tidak Menggunakan Dry Shampoo

Dry shampoo

Jika rambut sedang terasa lepek, gunakan dry shampoo pada akar rambut. Hal ini akan membuat rambutmu terasa ringan dan tidak terasa lepek. Jika kamu sering keramas setiap hari, segera hentikan kebaisaan tersebut dan beralihlah ke dry shampoo. Tidak hanya membuat minyak pada rambut menghilang namun juga bisa memberikan volume pada rambutmu.

Nah, apakah perawatan rambut ini sering kamu tinggalkan? Jangan lagi kamu tinggalkan kebiasaan perawatan rambut ini ya, ladies!

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait