Kawaii Beauty Japan

Hair

Serba-Serbi Memanfaatkan Kuning Telur untuk Mengatasi Rambut Rontok

Tahukah kamu kenapa banyak produk perawatan rambut menggunakan kuning telur sebagai salah satu bahan utamanya? Rupanya kuning telur memiliki banyak sekali manfaat bagi rambutmu.

Santi Berlinawati

Perawatan rambut rontok memang bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk rambut yang banyak dijual di pasaran dan di salon. Namun, menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia terlalu lama dapat merusak rambut. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk merawat rambut yang tidak memiliki efek samping. Salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan adalah kuning telur.

Kuning telur terbukti cukup efektif. Kuning telur mampu memperbaiki pertumbuhan rambut, mencegah kerusakan rambut, serta mengatasi gejala kebotakan. Seperti halnya bawang merah, kuning telur juga merupakan bahan yang dijamin akan membuat rambutmu lebih bercahaya, kuat, serta sehat. Sebelum mengetahui cara memanfaatkan kuning telur untuk rambut rontok kamu. Simak manfaat kuning telur untuk rambut!

Manfaat Kuning Telur Untuk Rambut

Telur

Kuning telur telah terbukti mengandung banyak sekali protein dan asam amino. Sama seperti rambut kita yang juga dibentuk oleh protein dan asam amino. Ketika tubuh kita kekurangan kedua zat ini, maka kesehatan rambutmu akan sangat terpengaruh. Beberapa akibatnya antara lain adalah rambut rontok, kebotakan, dan rambut menipis.

Kuning telur juga mengandung vitamin A, yang menstimulasi pertumbuhan rambut. Vitamin inilah yang memperbaiki produksi minyak sehingga rambut semakin tebal, ketombe berkurang, dan kulit kepala lebih sehat. Selain vitamin A, bahan alami ini juga mengandung vitamin E, yang melindungi rambut dari radiasi sinar UV matahari, sehingga rambut tidak akan semakin rusak. Tekstur rambutmu pun akan semakin cantik berkat vitamin D-nya. Belum lagi dengan biotin dan protein lecithin yang mampu meremajakan akar rambut dan folikel. Hasilnya, rambut terlihat kian kuat dan sehat.    

Cara Memanfaatkan Kuning Telur untuk Rambut Rontok

Telur

Simak bagaimana cara memanfaatkan kuning telur untuk rambut rontok kamu, ladies! Tidak sulit kok untuk membuatnya.

1. Masker Rambut Kuning Telur Sebagai Moisturizer Rambut

Bahan-bahan:

  • Kuning telur
  • 3 sdm madu
  • 3 sdm minyak zaitun
  • Yogurt (opsional).

Langkah-langkah:

Tentukan jumlah kuning telur yang kamu butuhkan sesuai dengan panjang dan tebalnya rambutmu. Kocok kuning telur, kemudian campurkan madu serta minyak zaitun dan yogurt sampai rata. Gunakan kocokan telur tersebut pada kulit kepala dan rambut, sembari dipijat. Diamkan selama satu setengah jam, dan bilas dengan air dingin.

2. Masker Rambut Kuning Telur sebagai Deep Conditioner

Bahan-bahan:

  • Kuning telur
  • Alpukat.

Langkah-langkah:

Campurkan kuning telur dan alpukat sampai tercampur rata. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala dengan merata. Biarkan meresap selama 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air dingin.

3. Masker Rambut Kuning Telur Untuk Kulit Kepala Sehat

Bahan-bahan:

  • Kuning telur 1 (besar)
  • 2 sdm minyak kelapa
  • 2 sdm madu.

Langkah-langkah:

Hangatkan dan cairkan minyak kelapa dengan api kecil. Campurkan minyak kelapa dengan madu. Kocok selama 2 menit agar tercampur rata. Kocok kuning telur dalam wadah terpisah. Kemudian, tambahkan adonan minyak kelapa dan madu tadi ke dalamnya, dan aduk sampai rata. Gunakan pada rambut yang kering, dan pijatkan pada rambut dan kulit kepala. Bungkus kepalamu dengan shower cap, dan biarkan semalaman. Pagi harinya, bilas rambut sampai bersih, dan keringkan. Kamu bisa memanfaatkan masker rambut yang satu ini untuk mengatasi masalah kulit kepala dan rambutmu.

4. Masker Rambut Kuning Telur dengan Air Jeruk Nipis untuk Rambut Rontok

Bahan-bahan:

  • Kuning telur 2 butir
  • 3 sdm air jeruk nipis.

Langkah-langkah: Kocok kedua bahan hingga rata, kurang lebih selama 1 menit. Oleskan pada akar rambut dan kulit kepala, kemudian biarkan diserap selama 15 menit. Bilas menggunakan air dingin.     

Bagaimana, ladies? Tidak sulit kan? Selamat mencobanya di rumah!

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait