Foto Wajib Tahu! 10 Serba Serbi tentang Jerawat Ini Rupanya Hanyalah Mitos

Wajib Tahu! 10 Serba Serbi tentang Jerawat Ini Rupanya Hanyalah Mitos

Foto Leonita Nerisa
Kamu pasti sering mendengar hal-hal yang beredar tentang jerawat dan membuatmu paranoid, ladies!

Jerawat memang menjadi musuh bagi wanita nomer satu, karena jerawat seringkali timbul dan mengganggu penampilan. Penyebab jerawat memang bermacam-macam dan seringkali tidak kita sadari. Kalau berbicara mengenai jerawat memang tidak ada habisnya. Setiap orang pun mempunyai cara menyembuhkan jerawat yang berbeda-beda. Namun, tahukah kamu bahwa serba-serbi yang banyak beredar tentang jerawat tidak semuanya benar, ladies! Agar kamu tidak terjebak dalam mitos-mitos yang tidak penting, yuk simak selengkapnya!

Mitos 1: Obat Jerawat Dipakai Sebelum Tidur

Obat jerawat

Obat jerawat sebenarnya memang bisa dipakai sebelum tidur, tetapi akan lebih baik jika digunakan pada pagi hari juga. Jika kamu mengoleskan minyak jerawat di pagi hari, kulit memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan di siang hari pada malam hari sehingga obat jerawat dapat membantu mengendalikan produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Mitos 2: Salicylic Acid dan Benzoyl Peroksida Itu Sama

Obat jerawat

Memang kedua bahan ini sama-sama dapat mengobati jerawat. Tetapi, salicylic acid membersihkan komedo dan menghapus minyak berlebih di kulit sehingga penggunaannya paling baik sebagai sabun cuci muka dan krim wajah. Sedangkan benzoyl peroksida adalah anti bakterial sehingga ideal untuk mengobati jerawat - jerawat yang sedang aktif.

Mitos 3: Jerawat Hanya Muncul pada Remaja Saja

Jerawat

Faktanya jerawat yang muncul pada remaja muncul karena hormon. Jerawat masih bisa timbul pada wajah orang dewasa sampai kita menopause karena berbagai macam penyebab. Penyebab lain yaitu stres, polusi, obat jerawat dan make up yang salah. Bahkan beberapa wanita dewasa juga masih mengalami timbulnya jerawat yang disebabkan oleh tutun naiknya hormon.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dalam 1 Minggu

Mitos 4: Junk Food Tidak Membuat Jerawat

Junk food

Hal ini hanyalah mitos. Faktanya, makanan yang tinggi glycemic seperti permen, roti tawar, dan keripik dapat memicu insulin menstimulasi produksi minyak yang berujung menjadi jerawat. Namun, perlu diketahui bahwa zat Omega-3 dari ikan dapat membantu menenangkan inflamasi yang disebabkan oleh jerawat.

Mitos 5: Tidak Apa-Apa Memencet Jerawat

Memencet jerawat

Jerawat yang sudah matang dan memerah memang rasanya gemas ingin memencetnya. Memencet jerawat malah akan membuat bakteri masuk jauh ke dalam pori-pori dan akan tertinggal di dalam pori-pori dan mengeluarkan imun sistem yang akan memerangi bakteri kemudian akan membuat bekas jerawat yang dipencet menjadi meninggalkan luka.

Sebaiknya kamu mengoleskan es batu ke jerawat untuk mengurangi radang pada jerawat. Gunakan krim yang mengandung benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri, salicyl acid dapat membantu sel kulit mati melonggar, dan sulfur akan mengurangi bengkak dan kemerahan.

Mitos 6: Matahari Dapat Mengurangi Jerawat

Di bawah materi

Faktanya, matahari tidak membantu untuk membersihkan jerawat dan malah dapat membantu menyebarkan jerawat. Matahari dapat membuat kulit meradang dan membuat jerawat semakin sulit untuk dikontrol. Sinar UVB dapat memubuat kulit menjadi terbakar, membuat radikal bebas dan mengancurkan sel DNA yang dapat memicu kanker kulit. Sinar matahari juga dapat membuat kulit mati menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. UVA dapat membuat keriput dan flek hitam di wajah sehingga mempercepat penuaan pada wajah.

Mitos 7: Kulit Wajah yang Kotor Penyebab Jerawat

Kulit kotor

Faktanya jerawat tidak disebabkan oleh kulit yang kotor. Bakteri yang menyebabkan jerawat sudah ada di kulit wajah dan berkembang biak di pori-pori jika pori-pori memiliki banyak minyak. Mencuci wajah dua kali dalam sehari sudah cukup untuk mengurangi bakteri di wajah, menghilangkan minyak pada wajah dan membantu mengeksfoliasi kulit mati. Untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, kamu bisa menargetkan pori-pori dengan menggunakan benzoyl peroxide.

Mitos 8: Cokelat dapat Menyebabkan Jerawat

Cokelat

Mitos ini paling banyak beredar di antara masyarakat. Faktanya, coklat tidak membuat timbulnya jerawat, namun kadar gula yang tinggi dan kadar lemak yang tinggi (tidak hanya cokelat) dapat meningkatkan produksi minyak pada sebum yang dapat membuat peradangan pada tubuh, terkadang dapat menimbulkan jerawat. Tidak hanya cokelat sebagai makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Sebaiknya kamu mengurangi makanan yang terlalu manis dan banyak konsumsi sayuran dan buah. Jika kamu ingin mengonsumsi cokelat sebaiknya kamu lebih memilih dark chocolate daripada cokelat putih yang mengandung susu.

Mitos 9: Jerawat Muncul dalam 1 Malam

Jerawat

Pasti kamu seringkali merasa bahwa ketika bangun tidur, lalu muncul jerawat. Faktanya, ada beberapa tahapan yang muncul sebelum jerawat muncul yaitu:

Tahap 1: Kelebihan sel kulit mati yang dapat menutupi pori-pori

Tahap 2: Terlalu banyak produksi minyak pada wajah

Tahap 3: Terlalu banyak bakteri yang berkembang biak pada pori-pori

Tahap 4: Peradangan dan pembengkakan sebagai reaksi dari bakteri dan berbagai macam produk.

Mitos 10: Menggunakan Sunscreen Malah Menutup Pori-Pori

Sunblock

Faktanya, kamu hanya perlu memilih sunscreen yang tepat. Pilihlah formula sunscreen yang ringan di kulit dan mengandung Zinc oxide yang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan sunscreen ketika keluar rumah ya.


Nah, sekarang sudah tahu kan mengenai kebenaran yang ada mengenai serba-serbi jeawat. Tentunya, lebih baik mencegah jerawat dibandingkan mengobatinya. Melalui pola hidup yang sehat dan perawatan wajah yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit wajah dapat membuat kamu terbebas dari serangan jerawat ini.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Leonita Nerisa

Leonita Nerisa

Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini