Kawaii Beauty Japan

Skin Care

5 Kebenaran Perawatan Kulit dengan Menggunakan Masker Wajah yang Perlu Kamu Ketahui

Sering menggunakan masker wajah karena praktis? Kamu perlu mengetahui hal ini, ladies!

Leonita Nerisa

Salah satu perawatan wajah yang paling umum adalah penggunaan masker. Menggunakan masker biasanya menjadi momen "me time" yang disukai wanita. Rasa rileks yang dihasilkan dari masker dan kulit wajah yang lebih sehat setelahnya menjadi rutinitas memakai masker ini lebih disukai dibandingkan rutinitas perawatan wajah lainnya.

Perawatan kulit yang satu ini memang dikenal praktis dan dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah sesuai dengan fungsinya secara instan. Walaupun begitu, menggunakan masker tidak harus sembarangan lho! Simak selengkapnya!

5 Kebenaran Perawatan Kulit dengan Menggunakan Masker Wajah yang Perlu Kamu Ketahui

Menggunakan masker wajah juga tidak bisa asal-asalan lho, ladies!

1. Untuk Mengobati Jerawat

Jerawatan

Selain menggunakan obat jerawat, kita juga bisa menggunakan masker muka untuk mengobati jerawat. Tentunya, tidak sembarang masker yang digunakan, masker yang memang diformulasikan khusus untuk mengobati jerawat atau masker yang memiliki bahan aktif untuk melawan bakteri penyebab jerawatlah yang harus kamu pakai. Selain itu, dengan menggunakan masker dapat mencegah tumbuhnya jerawat/

2. Cari Tahu Bahan yang Terkandung

Bahan yang terkandung

Seperti yang kamu tahu, dipasaran banyak sekali masker wajah yang dapat kita beli. Masker hadir dengan berbagai bahan kandungan dan fungsinya untuk itu dalam memilih masker sebaiknya perhatikan bahan kandungannya terlebih dahulu dan cocokan dengan tipe kulitmu. Untuk kulit yang mempunyai masalah hiperpigmentasi dapat menggunakan masker yang mengandung pencerah dan antioksidan, untuk kulit sensitif gunakan masker berbentuk gel.

BACA JUGA: Cara Memilih Masker Wajah yang Tepat untuk Kulitmu

3. Pakai Sesuai Instruksi

Masker wajah

Tidak ada data yang mendukung menggunakan masker lebih lama dari yang dianjurkan dapat membuat manfaat menggunakan masker menjadi bertambah. Gunakan masker sesuai dengan petunjuk penggunaan dan jangan lupa untuk membersihkan muka sebelum menggunakan masker.

4. Hindari Masker yang Membuat Kulit Menjadi Kering

Clay mask

Masker yang mengandung tanah liat (clay) memang bagus untuk membersihkan pori-pori wajah namun perhatikan hasil masker setelah kering. Apabila setelah mengering masker menjadi sangat kering sebaiknya hindari pemakaiannya karena masker jenis ini dapat membuat kult wajah menjadi kering (dehidrasi). Sebaiknya pilih masker tanah liat yang tetap lembab,

5. Jangan Dipakai Ketika Merasakan Panas

Kulit iritasi

Masker lebih bersifat menenangkan wajah sehingga jika terjadi rasa perih setelah beberapa saat menggunakan masker, mungkin saja kulitmu tidak cocok dengan bahan yang terkandung dalam masker. Untuk itu, segera lepaskan dan cuci wajah untuk menghindari iritasi. 

Penggunaan masker wajah untuk perawatan kulit memang bisa dipakai kapan dan dimana saja. Bahkan banyak wanita yang memakai masker wajah setiap harinya untuk mendapatkan kulit wajah yang tetap sehat, kenyal dan awet muda. Masker wajah sebaiknya digunakan sebelum tidur karena kulit wajah sudah bebas makeup dan memang waktu yang pas untuk rileks.

Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait