Kawaii Beauty Japan

Health

Tips Mengatasi Nyeri Haid Tak Tertahankan Tanpa Menggunakan Obat

Menghilangkan nyeri haid dengan obat pereda nyeri memang cukup ampuh tapi banyak memiliki efek samping. Kamu perlu mencoba tips alami ini, ladies!

Meydiana Widyaningsih

Sering mengalami nyeri yang tidak tertahankan saat sedang menstruasi? Kamu juga terpaksa hanya bisa berbaring di atas kasur tanpa bisa melakukan aktivitas apapun hanya untuk menahan rasa sakit yang menyerang perut bagian bawah. Tidak jarang mungkin diantara kamu sampai harus menggunakan obat-obatan penghilang rasa nyeri haid untuk mengatasi gejala nyeri haid tersebut.

Perlu kamu tahu bahwa ketika kamu sedang menstruasi, kamu tidak boleh meminum sembarang obat pereda nyeri haid karena meskipun rasa sakitnya hilang tapi bisa menimbulkan efek samping lainnya seperti ketergantungan obat dan semacamnya. Menurut Prof. Hembing, salah satu pakar kesehatan di Indonesia, mengatasi nyeri menstruasi sangat mungkin dilakukan tanpa obat-obatan buatan pabrik.Berikut adalah cara-cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk mengusir rasa nyeri pada saat sedang menstruasi, yuk simak!

Cobalah dengan Pijat

Belly image

Sumber: Back to bliss

Jika perutmu merasakan sakit luar biasa akibat menstruasi, cobalah memijat daerah perut secara perlahan dan lembut. Pijatan-pijatan kecil yang kamu terapkan akan melonggarkan sedikit ketegangan otot yang ditimbulkan dari reaksi hormonal dalam rahim. Pastikan kamu tidak memijat terlalu keras juga karena akan menimbulkan rasa sakit yang lebih kuat lagi.

Gunakan Kompres

Mengompres

Cara mudah lainnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan nyeri haid adalah mengompres bagian perut yang terasa nyeri dengan handuk kecil. Jika ingin panas lebih lama, gunakan botol atau hot water bag yang telah diisi air panas dan letakkanlah di bagian perut bawah atau pinggang. Rasa hangat yang diberikan akan memberikan stimulus yang kamu rasakan sehingga kamu merasa jauh lebih nyaman. Cara ini merupakan cara paling tepat untuk dilakukan saat nyeri itu datang ketika kamu sedang sibuk dan tidak bisa meninggalkan pekerjaan di kantor.

Sempatkan Berbaring

Berbaring

Berbaring telentang sambil mengganjal bagian bawah lutut dengan bantal adalah cara yang tepat untuk merelaksasi perut kamu ketika sedang mengalami nyeri menstruasi. Usahakan untuk berbaring sambil menarik napas panjang dan hembuskanlah dengan perlahan. Setelah itu, jangan lupa minum minuman hangat untuk mengembalikan stamina kamu yang sempat hilang saat kamu merasakan lemas menahan sakit.

Berolahraga

Olahraga

Meskipun sedang sakit dan merasakan nyeri tak tertahankan, jangan sampai kamu malas melakukan gerakan-gerakan kecil saat nyeri itu datang, karena olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda yang sering kamu dilakukan sebelum dan saat menstruasi ternyata sangat penting dan bagus untuk dilakukan agar aliran darah pada otot di sekitar rahim menjadi lancar. Percaya atau tidak, cara seperti ini merupakan cara yang sangat efektif dalam mengatasi dan mengurangi rasa sakit itu.

Kalau ada cara mudah dan alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah nyeri haid kamu, kenapa kamu harus mengonsumsi obat-obatan? Jadi, sebisa mungkin hindarilah penggunaan obat hanya untuk meredakan rasa sakit saat menstruasi ya, ladies!

Tagged in:
Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait