Foto Cara Merawat Kulit secara Alami yang Tidak Kamu Duga dengan Kulit Semangka

Cara Merawat Kulit secara Alami yang Tidak Kamu Duga dengan Kulit Semangka

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Siapa sangka, ternyata kulit semangka bisa bermanfaat untuk kulit wajah karena mengandung zat antioksidan yang sangat baik lho. Jadi, mulai sekarang jangan buang kulit semangka ya, ladies!

Siapa sih yang tidak menginginkan wajah yang cantik dan lembut? Sayangnya untuk membuat wajah menjadi cantik, membutuhkan biaya dan usaha yang tidak sedikit. Tapi, ada banyak cara merawat kulit yang rupanya tidak menghabiskan biaya dan membutuhkan usaha yang sedikit pula karena bahannya bisa kamu dapatkan di rumah. Cara merawat kulit ini yaitu dengan menggunakan kulit semangka, ladies!

Kulit semangka yang berwarna putih dan tak terasa manis seperti daging buah semangka ini memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk kulit wajah karena kandungan likopen didalamnya mampu melindungi dari radikal bebas. Kulit semangka bisa dijadikan sebagai masker wajah yang akan meringkas pori-pori dan membuat wajah terlihat lebih segar. Sedangkan masker kulit semangka dapat membuat wajah lebih bersih dan menyamarkan flek hitam jika digunakan secara teratur. Vitamin yang terdapat pada kulit semangka juga dapat membantu pemulihan kulit yang berjerawat. Sebenarnya bagaimanakah cara memanfaat kulit semangka ini? Yuk, simak!

Masker Kulit Semangka 

Kulit semangka

Seperti yang kita tahu, aktivitas di luar ruangan membuat kulit wajah mengalami kontak langsung dengan matahari, radikal bebas serta polusi sehingga membuat kulit terasa kering, kusam atau bahkan timbul garis halus. Semua masalah ini dapat diatasi dengan masker kulit semangka yang mengandung likopen, yaitu zat yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan polusi sehingga dapat menyegarkan wajah kembali selepas lelah beraktivitas seharian.

Cara Membuat:

Cuci lalu jemur kulit semangka yang telah dibersihkan bagian kulit terluarnya hingga kering. Setelah itu giling atau tumbuk hingga halus. Tambahkan air hangat atau gel lidah buaya dan aduk hingga menjadi pasta. Kamu juga bisa mengganti air hangat dengan susu segar. Aplikasikan masker kulit semangka ini 2 hingga 3 minggu sekali untuk mendapat hasil yang maksimal.

Toner Kulit Semangka

Kulit semangka

Kulit semangka memiliki kandungan air, sehingga sangat banyak dan bersifat dingin di kulit. Oleh sebab itu, jus kulit semangka dapat kamu manfaatkan sebagai toner wajah yang menyegarkan. Toner kulit semangka dapat menghaluskan kulit wajah dan juga menghilangkan bekas jerawat.

Cara Membuat:

Kupas kulit terluar yang berwana hijau. Kemudian potong kecil-kecil kulit semangka tersebut dan buatlah sebagai jus seperti biasanya. Pisahkan dengan ampasnya, lalu gunakan airnya sebagai toner.

BACA JUGA : Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Mudah Pembersih Kulit Alami

Membersihkan kulit

Make up adalah kebutuhan wajib bagi wanita dalam menunjang penampilannya. Namun sisa make up yang pada kulit wajah akibat proses pembersihan yang tidak maksimal akan menyebabkan jerawat dan komedo. Air perasan kulit semangka dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan wajah karena mampu membuka pori yang tersumbat sekaligus melembabkan kulit.

Cara Membuat:

Parut atau blender kulit semangka yang telah dicuci, peraslah untuk memisahkan dari ampasnya. Bersihkan wajah dengan air hangat lalu ambil sedikit air sari kulit semangka menggunakan kapas dan gosokkan perlahan pada seluruh area wajah dan leher. Setelah itu bilas menggunakan air.

Cleansing Alami untuk Kulit Berjerawat

Cleansing alami

Manfaat kulit semangka untuk wajah terakhir ini pasti sangat dibutuhkan bagi kamu yang sedang bermasalah dengan jerawat. Kandungan antioksidan dalam kulit semangka juga akan mempercepat pengeringan jerawat serta berperan aktif dalam pembentukan sel kulit baru.

Cara Membuat :

Jangan terburu membuang ampas dari perasan jus kulit semangka, saat membuat toner air kulit semangka. Capurkan ampasnya dengan gula atau ampas kopi sebagai cleansing alami untuk wajah berjerawat. Gula atau ampas kopi akan membantu mengangkat kotoran penyebab jerawat, sedangkan multivitamin pada kulit semangka akan memulihkan kulit berjerawat yang meradang.


Nah, setelah mengetahui manfaat kulit semangka untuk wajah di atas apakah kamu akan tetap membuang kulit semangka, ladies?

Artikel Selanjutnya

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani