Foto Cara Menghilangkan Stres Skripsi dengan Self Hipnoterapi

Cara Menghilangkan Stres Skripsi dengan Self Hipnoterapi

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Duh siapa sih yang tidak stres karena skripsi?

Selamat! Kamu sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir. Eh, tapi karena tahun ini merupakan tahun terakhir kamu kuliah kamu harus melewati skripsi. Skripsi memang menjadi momok bagi banyak mahasiswa dan tak jarang malah menjadi stres karenanya. Stres merupakan kondisi di mana seseorang merasa telah mencapai batas kemampuannya untuk mengusahakan sesuatu, sehingga ia merasa tertekan dan menyerah dengan kondisi yang menimpanya. Dalam kondisi ini, biasanya seseorang sulit untuk mengontrol kejiwaannya dan merasa tertekan dengan beban yang ada di pundaknya.

Saking stresnya mahsiswa karena skripsi, bahkan beberapa mahasiswa ini ada yang sampai mengambil keputusan gegabah dengan cara bunuh diri. Hal ini tentu saja tak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga berdampak pada orang-orang yang berada di sekitarnya, seperti orang tua, saudara, dan juga teman. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal tersebut di atas, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai salah satu terapi psikologis yang efektif untuk meredam stres akibat pengerjaan skripsi. Terapi psikologis tersebut bernama self hipnoterapi.

Apa yang Dimaksud dengan Self Hipnoterapi?

Self hipnoterapi adalah sebuah terapi psikologis bertujuan untuk menghipnotis diri sendiri dengan bantuan musik relaksasi dan kondisi sekitar yang mendukung. Fungsi dari self hipnoterapi ini adalah menghindari stress dan mengatasi stress yang sudah berkepanjangan. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan sugesti positif pada diri sendiri.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Self hipnoterapi

Untuk melakukan self hipnoterapi, pertama kali kamu hanya perlu menyediakan tempat yang lengang serta kondisi sekitar yang mendukung untuk dilakukannya terapi psikologis. Carilah tempat yang luas dan sunyi, dan akan lebih baik lagi jika kamu melakukan self hipnoterapi pada pagi hari, saat udara masih segar. Setelah mendapatkan tempat yang sesuai, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Kodisikan tubuhmu dalam keadaan rileks. Kamu bisa memilih duduk ataupun berbaring, pilihlah posisi yang membuatmu nyaman dan rileks.
  2. Pejamkan matamu dan mulailah mendengarkan musik rilaksasi, seperti suara instrument yang mendayu-dayu, music jazz, music klasik, atau music apapun sesuai dengan selera.
  3. Saat tubuh sudah semakin rileks, mulai lagi untuk memejamkan mata dan menghela nafas panjang. Hilangkan pikiran-pikiran negatif seperti cemas, sedih, takut, khawatir, dan kesulitan-kesulitan lain yang kamu hadapi saat menulis skripsi. Konsentrasikan seluruh pikiranmu untuk mengatur pernafasan, menghirup dan menghembuskan nafas dengan teratur dan tanp tergesa-gesa.
  4. Setelah itu, mulailah untuk berhitung dari1 sampai 10 untuk meningkatkan relaksasi pada tubuhmu. Setiap kali hitungan, kamu akan merasakan keadaan yang semakin rileks.
  5. Pada saat hitungan ke lima, kamu bisa menikmati suasana mati rasanya. Bayangkan kamu sedang berada di bawah permukaan air laut, berenang dan menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Rasakan sejuknya air laut yang menyentuh kulitmu. Atau kamu juga bisa membayangkan sedang berada di puncak gunung yang sangat sejuk, menikmati hembusan angin yang menyentuh kulit dan indahnya pemandangan dari puncak gunung.
  6. Tetap fokus dengan bayangan tersebut, jangan biarkan kekhawatiran merusak konsentrasimu. Pada saat seperti ini, katakana pada diri sendiri bahwa “aku pasti bisa mengerjakan skripsi dengan hasil yang maksimal” atau “aku cukup kuat untuk menghadapi semua ini”
  7. Mendekati hitungan ke sepuluh, mulailah untuk membayangka sesuatu yang menyenangkan dan membanggakan, seperti saat kamu menang lomba atau meraih prestasi di kelas, yang membuat orangtuamu tersenyum bangga padamu. Munculkanlah memori yang membuatmu menyadari bahwa masih banyak orang-orang yang menyayangimu.

Nah, itulah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi stress mengerjakan skripsi dengan cara self hipnoterapi. Ingat, perjuangan yang kamu lakukan saat ini bukan hanya untuk dirimu sendiri, tapi juga untuk orang-orang yang menyayangimu yang juga berharap agar kamu sukses. Semangat mencoba, ladies!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani