Kawaii Beauty Japan

Hair

Simak 3 Resep Mudah Masker Alpukat untuk Mengatasi Rambut Kering

Merawat rambut menggunakan alpukat ternyata bisa menjadi solusi alternatif bagi berbagai masalah rambut, termasuk rambut kering dan rontok. Yuk, simak cara membuatnya!

Santi Berlinawati

Buah alpukat tidak hanya bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Alpukat ternyata juga sangat baik bagi rambut. Minyak dari alpukat sangat mudah diserap oleh kantung-kantung rambut, sehingga sangat bagus bagi rambut kering. Namun, tidak hanya untuk mengatasi rambut kering lho, buah yang satu ini juga sudah lama dipakai oleh bangsa Mesir kuno untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, mengatasi rambut kering, dan menambah kilau rambut. Kamu bisa memakai buah segar atau minyak alpukat untuk mendapatkan khasiatnya. Kamu juga bisa membut masker seperti yang berikut ini untuk membuat rambutmu semakin indah, yuk simak!

Masker Rambut Alpukat + Madu, Minyak Zaitun, dan Minyak Lavender

Alpukat

Madu kaya akan vitamin yang menguatkan kulit kepala dan rambut. Selain itu madu juga berfungsi sebagai humektan, sehingga rambutmu terjaga kelembabannya. Sementara itu minyak zaitun juga sangat bermanfaat untuk melembabkan rambut, sehingga rambut akan terlindungi dari kerusakan. Minyak lavender selain wangi, juga bisa mengurangi ketombe dan meredakan gatal di kulit kepala.

Langkah-langkah: 

1. Siapkan 1 buah alpukat matang (ambil dagingnya), 2 sdm madu, 2 sdm minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak esensial lavender. 

2. Haluskan alpukat sampai berbentuk pasta, dan campurkan dengan bahan lainnya sampai rata. 

3. Basahi rambut, dan pakai masker tersebut. Beri perhatian lebih pada ujung rambut. 

4. Pijat dengan lembut, dan jepit rambutmu ke atas. Tutupi rambut dengan shower cap selama 40-45 menit. Setelah itu bilas sampai bersih, gunakan shampo, dan beri kondisioner.

Masker Rambut Alpukat + Pisang

Avocado

Masker yang satu ini merupakan deep conditioning treatment untuk rambut kering. Masker ini bahkan juga dapat mempertahankan kilau rambut ikal.

Langkah-langkah:

1. Ambil 1 buah pisang matang, 1 buah alpukat matang (ambil dagingnya), 1 sdm minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak esensial favoritmu, seperti lavender, rose, jasmine, dan lain-lain.

2. Blender pisang dan alpukat sampai lembut, kemudian tuang ke dalam mangkuk.

3. Tambahkan minyak zaitun dan 2-3 tetes minyak esensial. Aduk hingga rata.

4. Basahi rambut, aplikasikan masker pada rambut, termasuk kulit kepala. Jepit rambut ke atas, dan bungkus dengan shower cap selama 15 menit. Kemudian bilas dengan shampo, dan beri kondisioner.   

Masker Rambut Alpukat + Kuning Telur

Masker rambut alpukat

Masker ini memeberikan beberapa keuntungan bagi rambut. Kamu bisa menggunakannya untuk menambah volume rambut, menyuburkan rambut, dan melembabkannya. Alpukat dan kuning telur juga sangat efektif untuk melembutkan dan merupakan kondisioner alami bagi rambut.

Langkah-langkah:

1. Siapkan ½ alpukat matang, 1 kuning telur, dan blender keduanya hingga berbentuk pasta. 

2. Atau kamu bisa mengocok telur dan menghaluskan alpukat terlebih dahulu sebelum mencampurnya jika tidak ingin menggunakan blender.

3. Basahi rambut, kemudian gunakan masker rambut dengan jari-jarimu mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut. Pijat perlahan selama beberapa menit untuk menstimulasi aliran darah.

4. Diamkan selama 15-20 menit, bilas, dan pakai shampo serta beri kondisioner.

5. Jangan menggunakan air panas atau hangat untuk membilas masker yang mengandung telur.      

Nah, itu dia cara mudah membuat masker rambut alpukat untuk membuat rambutmu menjadi semakin indah, hitam, dan berkilau. Selamat mencoba!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait