Kawaii Beauty Japan

Health

10 Tips Ketika Menstruasi agar Kram Perut Tidak Terasa Menyiksa

Tak tahan dengan nyeri kram perut yang sering kamu alami ketika menstruasi? Mungkin kamu belum tahu 10 tips berikut ini untuk mengurangi rasa sakit akibat menstruasi.

Santi Berlinawati

Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi menimbulkan rasa sakit yang terkadang terasa menyiksa. Selain itu, tubuh pun seringkali mudah lelah, mengantuk, dan lemas. Tak perlu khawatir, karena hal itu sangatlah wajar. Memang sebenarnya tidak semua orang mengalami rasa kram pada perut, namun jika kamu merasakannya tidak perlu khawatir, ladies! Yuk, simak selengkapnya!

10 Tips Ketika Menstruasi agar Kram Perut Tidak Terasa Menyiksa 

Jangan sampai sakit perut karena menstruasi mengganggu aktivitasmu ya, ladies! 

1. Hangat Perut

Menghangatkan perut

Menghangatkan perut tak hanya membuatmu nyaman, namun juga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit karena kram. Kamu bisa menggunakan pemanas elektrik, atau cukup botol yang diisi dengan air panas. Kalau tidak ada juga, kamu masih bisa memanfaatkan panas dari laptopmu.

2. Kurangi kopi

Mengurangi kopi

Kopi mengandung kafein, yang membuat tubuh menahan lebih banyak air. Akibatnya, perutmu pun akan kembung, dan kram perutmu semakin parah. Jadi, kurangi asupan kafein selama menstruasi.

3. Mengurangi Snack Asin

Mengurangi snack

Hal lain yang membuat tubuhmu menahan lebih banyak air adalah garam. Jadi, sebesar apapun keinginanmu untuk makan camilan asin, sebaiknya kamu tahan. Ganti dengan kacang-kacang, seperti almond, jeruk, pisang, dan cokelat.

4. Jogging Ringan

Jogging

Walaupun perut kram, sangat dianjurkan kamu tetap berolahraga ringan saat menstruasi. Olahraga akan membuat tubuhmu melepaskan hormon endorphin yang akan mengurangi rasa sakitmu.

5. Tambah Asupan Zat Besi Melalui Bayam dan Kale

Bayam

Menstruasi bisa menurunkan kadar zat besi di dalam tubuhmu. Atasi dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang tinggi zat besi agar kamu tidak lemas.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait