Kawaii Beauty Japan

Hair

Cara Mewarnai Rambut yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Jika kamu hobi berganti warna rambut, cara ini bisa banget kamu coba di rumah, ladies!

Wikan Saputri

Bagi kamu yang memiliki hobi bergonta-ganti warna rambut, tentu kamu harus berulang kali pergi ke salon untuk mewarnainya. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mewarnai rambut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Cara pewarnaan rambut sendiri ini pun sangat mudah, bahkan cara ini juga bisa dicoba untuk pemula yang baru pertama kali ingin mencoba mewarnai rambut, lho ladies! So, langsung saja kita simak ulasan lengkapnya di sini.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari pewarnaan ini, hal pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah dengan bleaching rambut terlebih dahulu. Inilah bahan dan hal-hal yang perlu kamu lakukan.

Bahan yang Perlu Disiapkan untuk Bleaching:

  • Bleaching powder
  • Oxydant level 3% (bisa kamu beli di toko khusus perlengkapan salon)
  • Kuas cat
  • Mangkuk
  • Sarung tangan plastik atau karet
  • Masker
  • Shower cap

Cara bleaching:

  1. Campurkan 1 sendok makan bleaching powder dan 2 sendok makan oxidant ke dalam sebuah mangkuk ukuran sedang. Aduk hingga tercampur sempurna.
  2. Oleskan dengan menggunakan kuas cat selapis demi selapis pada rambut kering. Berikan perhatian khusus saat mengoleskan pada batang rambut yang akan di highlight secara merata dan jangan lupa untuk menghindari pengolesan pada kulit kepala.
  3. Tutup rambutmu dengan menggunkan shower cap lalu diamkan selama 30-45 menit. Cek beberapa kali untuk memastikan rambut telah mencapai warna terang yang diinginkan.
  4. Setelah 10 menit, atau rambut telah mencapai tingkat terang yang diinginkan, cucilah rambutmu dengan menggunakan sampo tanpa kondisioner, lalu keringkan. Proses bleaching pun telah selesai.

Nah, setelah selesai bleaching rambut, kamu bisa melanjutkannya langsung dengan proses pewarnaan sesuai keinginanmu, ladies! Inilah bahan dan hal-hal yang perlu kamu lakukan:

Bahan yang Diperlukan untuk Mewarnai Rambut:

  • Cat rambut sesuai selera
  • Jepit rambut bergerigi jarang
  • Kain gelap penutup baju
  • Kuas pengecat rambut yang menyerupai sisir
  • Shower cap

Cara Pewarnaan:

Pada pewarnaan rambut, kamu perlu untuk memastikan bahwa rambutmu sedang dalam keadaan kering dan tidak lembab.

  1. Bacalah instruksi pencampuran pewarna rambut pada kemasan, lalu campurkan secara merata.
  2. Gunakan sarung tangan karet atau plastik kemudian gunakan kain gelap untuk menutupi baju agar tidak ternoda.
  3. Belah rambutmu menjadi dua bagian secara horizontal kemudian jepit bagian atasnya.
  4. Lakukan pewarnaan selapis demi selapis pada permukaan rambut, dimulai dari bagian bawah. Ingat, hindari pengolesan cat warna pada permukaan kulit kepala, ya ladies!
  5. Setelah seluruh rambut diwarnai, tutup rambut dengan menggunakan shower cap dan diamkan selama 35 menit agar suhu rambut terjaga.
  6. Bilaslah rambutmu dengan menggunakan air bersih yang mengalir hingga warna air menjadi bening, kemudian cucilah rambutmu dengan menggunakan sampo dan conditioner. Proses pewarnaan pun selesai.

Nah, itulah cara mewarnai rambut sendiri yang bisa kamu coba di rumah. So, tertarik untuk mencoba, ladies?

Wikan Saputri
Long life learner...
Share this article

Artikel Terkait