Foto Kurang Menikmati Aktivitas Kerjamu? Ikuti 8 Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja Berikut Ini

Kurang Menikmati Aktivitas Kerjamu? Ikuti 8 Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja Berikut Ini

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Hampir semua orang pernah mengalami stres saat bekerja. Meskipun stres bukan termasuk penyakit, tapi jika dibiarkan akan berdampak buruk lho, ladies. Yuk ikuti cara mengatasinya!

Tekanan atau masalah di tempat kerja yang terjadi terus-menerus tentu akan menimbulkan stres pada seseorang yang mengalaminya. Beberapa survei yang dilakukan di Eropa, lebih dari 40 juta orang atau setidaknya 1 dari 3 orang pekerja mengatakan bahwa mereka mengalami stres di tempat kerja. Dan juga lebih dari 25% pekerja absen selama 2 minggu (akumulasi dalam setahun) karena masalah kesehatan yang diakibatkan oleh stres.

Penyebab stres di tempat kerja bisa bermacam-macam, seperti volume perkerjaan yang tinggi, bekerja di bawah tekanan, persaingan ketat sesama teman kerja, konflik dengan atasan atau teman kerja, merasa demotivasi, komplain yang terjadi terus menerus atau ketidaknyamanan tempat bekerja.

Sebenarnya stres memang bukan suatu penyakit, tetapi jika tidak cepat mencari cara mengatasi stres akibat kerja tersebut akan dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Berikut adalah 8 cara mengatasi stres di tempat kerja:

1. Rencanakan dengan baik aktivitasmu

Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek. Sehingga kamu akan tahu apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas di tempat kerjamu.

2. Saling berbagi dan berkomunikasi baik dengan rekan kerja

Cobalah bersikap terbuka dan selalu berkomunikasi dengan baik sesama rekan kerja. Biasanya dalam lingkungan kerja tentu kamu memiliki teman baik. Tidak ada salahnya, jika kamu mencoba sharing kepadanya tentang stres yang kamu alami. Dengan demikian, kamu tidak memendam masalah sendirian dan siapa tahu temanmu bisa membantu memberikan solusi untuk masalahmu, ladies.

3. Ciptakan hubungan kerja yang nyaman

Rekan kerjamu adalah timmu, kamu bisa mengajak mereka melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama agar tercipta suasana kekeluargaan yang lebih baik.

4. Bersyukur dan berpikir positif

Menurut ahli psikolog, rasa syukur akan membangkitkan sistem kekebalan psikologis sehingga akan kuat terhadap masalah kecil atau besar dan dengan berpikir positif kamu akan merasa lebih baik untuk mencari jalan keluar masalahmu.

5. Menarik nafas dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam selama kurang lebih 5 menit, akan membantu meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang. Selain itu, aktivitas mudah ini dapat meningkatkan tingkat fokus lho, ladies.

6. Tertawa

Jika pekerjaan membuatmu stres, tertawalah. Apa pun penyebabnya, tertawa memicu pelepasan hormon endorfin dan dopamin dari otak. Kedua hormon tersebut berperan dalam membuat seseorang bahagia.

7. Mendengarkan musik

Pilihlah musik yang santai dan lembut. Selain itu, supaya tidak mengganggu rekan yang lain, pakai headset saat kamu mendengarkannya. Dengan mendengarkan lagu favoritmu, akan membuatmu sedikit lebih tenang dan rileks.

8. Istirahat sejenak

Lakukan istirahat sejenak dari tugas yang sedang kamu kerjakan. Kamu bisa melakukannya dengan meminum kopi, ngobrol dengan teman, atau bermeditasi selama 5 menit.

Jika kamu lebih banyak duduk saat bekerja, berdirilah selama 5-10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Saat waktu istirahat kerja, cobalah untuk menikmati sebaik mungkin waktu istirahatmu, lupakan sejenak masalah pekerjaanmu.

Bagaimana? Ternyata menghilangkan stres di tempat kerja tidak serumit yang dibayangkan, bukan. Kamu dapat memilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan situasi dan kondisimu ya, ladies.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani