Kawaii Beauty Japan

Hair

5 Tips Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab dengan Bahan Alami

Meskipun tertutup dengan hijab seharian, bukan berarti rambutmu tidak perlu nutrisi, lho!

Marga Apsari

Meskipun tertutup, wanita berhijab juga perlu memberi perawatan maksimal pada rambutnya. Justru, karena tertutup seharian, rambut akan lebih mudah terasa lepek dan gatal. Wanita berhijab juga kerap mengalami masalah rambut rontok dan berketombe. Maka dari itu, menjaga kesehatan rambut dianggap merupakan hal yang sangat penting, termasuk untuk wanita berhijab.

Selain keramas dengan sampo, ada beberapa bahan alami yang dapat dicoba untuk memberi perawatan ekstra. Tidak hanya membuatnya semakin cantik, perawatan dengan bahan-bahan alami ini juga dapat membuat rambut semakin sehat, lho.

5 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Wanita Berhijab

Penasaran apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut wanita berhijab? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Lidah Buaya

Lidah buaya

Sudah merupakan rahasia umum bahwa aloe vera atau lidah buaya memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan kulit dan rambut. Tentu kamu telah melihat berbagai produk perawatan rambut dengan kandungan lidah buaya yang laris dijual di pasaran. Hal ini dikarenakan lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan E yang bermanfaat untuk memelihara rambut yang rusak.

Untuk merawat rambut dengan lidah buaya, kamu dapat meracik sendiri masker rambut alami ini. Caranya mudah, kamu hanya perlu mengambil daun lidah buaya, mengupas kulitnya dan mengambil bagian dagingnya. Kemudian, aplikasikan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit sambil membungkus rambut dengan handuk hangat, lalu cucilah rambutmu hingga bersih. 

2. Minyak Urang Aring

Minyak urang aring juga merupakan salah satu bahan yang banyak dipercaya untuk menyehatkan rambut secara alami. Manfaat utama minyak urang aring ini adalah membuat rambut berkilau serta menyuburkannya. Hal inilah yang membuat minyak urang aring cocok untuk perawatan rambut para wanita berhijab.

3. Daun Mint

Daun mint

Daun mint dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan pada kulit kepala dan rambut. Selain itu, ekstrak daun minta juga dapat membantumu membersihkan kulit kepala secara menyeluruh. Banyak wanita berhijab yang merasa bahwa rambut mereka berminyak, dan daun mint bisa menjadi bahan alami yang akan menyelesaikannya, ladies!

4. Cabe Rawit

Cabai

Tahukah kamu bahwa cabe rawit memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk? Maka dari itu, cabe rawit dapat dimanfaatkan untuk membantumu merawat batang dan akar rambut agar lebih sehat. Selain itu, nutrisi dalam cabe rawit juga dipercaya dapat menyuburkan serta melancarkan peredaran darah di kulit kepala.

Untuk memanfaatkan cabe rawit sebagai perawatan alami rambut, kamu dapat mencapurnya dengan minyak zaitun dan menjadikannya sebagai masker. Oleskan masker ini pada rambutmu sambil memijatnya dengan lembut. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Kamu akan mendapatkan efek segar pada rambut dan kulit kepalamu!

5. Daun Mangkok

Bahan alami terakhir yang dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut adalah daun mangkok. Daun mangkok diketahui dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. Cara melakukan perawatan rambut alami dengan daun mangkok ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil 4-5 daun, lalu mencucinya hingga bersih. Campurkan dengan minyak zaitun, dan peras. Oleskan minyaknya pada rambutmu, diamkan sebentar, kemudian cuci hingga bersih.

Untuk mendapatkan efek maksimal dari perawatan rambut alami ini, lakukanlah dengan rutin setiap 3-4 hari sekali. Rambutmu akan terbebas dari berbagai masalah seperti rontok, berminyak, gatal, dan lainnya, meskipun tertutup hijab seharian. Selamat mencoba!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait