Kawaii Beauty Japan

Hair

Ini Dia Cara Keramas yang Tepat Sesuai dengan Jenis Rambutmu!

Beda jenis rambut, beda pula cara keramasnya!

Marga Apsari

Seberapa sering kamu harus keramas dan bagaimana cara yang tepat merupakan salah satu hal yang paling sering diperdebatkan di dunia kecantikan. Banyak ahli yang berpendapat bahwa kita tidak boleh terlalu sering keramas. Hal ini disebabkan karena keramas terlalu sering malah akan memperburuk kondisi rambutmu karena menghilangkan minyak alami pada kulit kepala.

Setiap orang tentu memiliki jenis dan kondisi rambut yang berbeda, ada yang normal, kering, berminyak, dan sebagainya. Ternyata, beda jenis rambut, beda pula cara keramasnya!

Cara Keramas yang Tepat Sesuai dengan Jenis Rambutnya

Berikut ini adalah cara keramas yang tepat sesuai dengan jenis rambutmu:

Jika Kamu Memiliki Rambut Tebal

Rambut tebal

Bagi kamu yang memiliki rambut tebal, mengeramasi rambutmu sebanyak 2 hari sekali sudah cukup. Disarankan untuk menyisir rambut cukup sering untuk membawa minyak rambut hingga ke bagian ujung rambut. Menggunakan sampo dan conditioner dengan kandungan argan oil atau shea butter sangat dianjurkan untuk perawatan rambut tebal.

Jika Kamu Memiliki Rambut Tipis

Rambut tipis lebih mudah lepek dan kehilangan bentuknya, jadi kamu perlu teliti dalam memilih sampo serta conditioner. Pilihlah produk yang berfungsi untuk menambah volume atau menebalkan rambut, untuk memberi nutrisi maksimal pada rambutmu.

Jika Kamu Memiliki Rambut Berminyak

Kondisi rambut dan kulit kepala yang berminyak akan membuatmu harus lebih rajin mengeramasinya daripada biasanya. Penting bagimu untuk menstabilkan kondisi sebum yang terlalu banyak diproduksi secara alami. Hindari mengaplikasikan conditioner dari kulit kepala. Aplikasikanlah dari bagian tengah ke bawah. Kamu bisa memilih sampo dan conditioner dengan kandungan pembersih yang lembut seperti peppermint, eucalyptus, dan tea tree oil. 

Jika Kamu Memiliki Rambut yang Diwarnai

Rambut diwarnai

Untuk menghindari warna rambut yang memudar, perhatikan baik-baik sampo dan conditioner yang akan kamu pilih. Hindari produk perawatan rambut dengan bahan sulfat dan paraben. Pilihlah yang memiliki bahan keratin dan protein untuk menjaga kesehatan rambut.

Jika Kamu memiliki Rambut Lurus

Rambut lurus cukup rawan dengan kondisi berminyak. Menggunakan sampo dan conditioner dengan kandungan yang ringan sangat cocok untuk perawatan rambut lurus. Untuk memaksimalkan kesehatan rambut dan kulit kepala, gunakanlah sampo dengan kandungan seperti coconut oil.

Jika Kamu Memiliki Rambut Keriting

Rambut keriting

"Less is more," inilah yang harus kamu ingat saat memilih produk perawatan untuk rambut keriting. Kamu dapat mengeramasi rambut setiap 3-4 hari sekali untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut keritingmu. Pilihlah sampo dengan kandungan argan atau coconut oil untuk perawatan maksimal.

Rambut adalah mahkota wanita. Apapun jenis rambutmu, rawatlah secara maksimal dengan produk yang tepat ya, ladies!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait