Kawaii Beauty Japan

Hair

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Ladies, kebiasaan berikut ini bisa merusak kecantikan dan kesehatan rambutmu lho.

Meydiana Widyaningsih

Rambut adalah mahkota terindah bagi setiap wanita sehingga para wanita akan melakukan berbagai cara agar rambut yang dimilikinya selalu terlihat stylish dan menawan. Sering menggunakan berbagai produk kecantikan rambut dari bahan kimia tertentu ternyata merupakan salah satu kebiasaan yang dapat merusak rambut tanpa kamu sadari. Selain itu, cara merawat rambut yang salah juga bisa menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dapat membuat rambutmu rusak. Lalu, kebiasaan-kebiasaan apalagi yang dapat merusak kesehatan dan kecantikan rambutmu?

Menguncir Rambut Sepanjang Hari

Menguncir rambut

Menguncir rambut merupakan salah satu cara praktis untuk membuat tampilan rambut yang rapi ketika kamu sedang tidak memiliki waktu untuk menata rambutmu. Tetapi, terlalu sering menguncir rambutmu atau mengenakan kuncir rambut sepanjang hari dapat merusak ketahanan dan kekuatan helai rambut sehingga rambut akan menjadi lebih mudah rontok. Pastikan kamu menyempatkan waktu untuk membiarkan rambutmu tergerai agar rambut tidak mudah rusak.

Menggunakan Hair Dryer Bersuhu Panas

Menggunakan hair dryer

Hair dryer biasa digunakan wanita ketika ingin mengeringkan rambut secara cepat sehabis keramas. Tetapi, kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair dryer apalagi dengan suhu panas yang cukup tinggi adalah kebiasaan yang dapat membuat rambut menjadi cepat rusak dan terlihat kering. Jadi, jangan terlalu sering mengaplikasikannya pada rambutmu ya, ladies?

Menggosok Rambut Basah dengan Handuk

Menggosok rambut

Cara paling baik dalam mengeringkan rambut adalah dengan menggunakan handuk agar air pada rambut bisa terserap dengan baik tanpa harus merusak rambut. Tapi, yang dimaksud disini adalah jika kamu mengeringkan rambut dengan cara menutupi seluruh permukaan rambut dengan handuk dan biarkan saja hingga mengering dengan sendirinya. Jangan pernah kamu menggosok rambut basah dengan handuk karena akan membuat rambut jadi lebih mudah rapuh dan rontok.

Terlalu Sering Ganti Sampo

Gonta-ganti sampo

Ternyata kebiasaan gonta-ganti jenis dan merek sampo juga menjadi kebiasaan buruk yang dapat menghilangkan kesehatan dan kecantikan rambutmu karena dapat menyebabkan rambut menjadi lebih kusam, mudah rontok,helai rambut menipis, dan kering. Pastikan kamu menemukan sampo yang tepat untuk rambutmu sehingga kamu tidak perlu menggantinya dengan jenis atau merek sampo yang lain yang belum tentu cocok untuk rambutmu.

Gemar Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut

Jika kamu bosan dengan warna rambut yang begitu-begitu saja, kamu bisa mewarnai rambutmu dengan warna yang kamu inginkan.Jika kamu mewarnai rambut hanya sekali atau dua kali saja mungkin tidak menjadi sebuah masalah. Tetapi, jika kamu terlalu sering mewarnai rambut akan membawa efek yang buruk bagi kesehatan rambut. Rambut akan jadi lebih mudah rapuh dan rusak karena terlalu sering menyerap zat kimia yang terkandung di dalam pewarna rambut.

Jadi, apakah kebiasaan di atas termasuk kebiasaan yang sering kamu lakukan? Ubahlah kebiasaan tersebut mulai sekarang jika kamu tidak ingin rambutmu menjadi rusak dan tidak sehat.

Tagged in:
Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait