Foto Cara Berhemat Dalam Belanja Selama Puasa Ramadan Sampai Menjelang Lebaran

Cara Berhemat Dalam Belanja Selama Puasa Ramadan Sampai Menjelang Lebaran

Foto Meydiana Widyaningsih
Bingung bagaimana sih caranya mengendalikan pengeluaran selama bulan puasa sampai menjelang lebaran nanti? Coba ikuti cara berhematberikut ini agar keuangan tetap terkendali!

Puasa selama sebulan penuh sampai menjelang hari raya lebaran, kamu pasti membutuhkan dan mempersiapkan berbagai macam hal yang lebih banyak dari biasanya seperti untuk keperluan berbuka dan sahur sampai baju baru yang nantinya akan digunakan untuk momen lebaran nanti. Tentu saja, untuk mendapatkan semua kebutuhan tersebut, pasti memerlukan uang yang tidak sedikit.

Kamu mesti pandai dalam mengatur pengeluaran dan mengelola pendapatan yang kamu punya saat ini agar kamu tetap bisa berbelanja memenuhi kebutuhan selama bulan puasa sampai lebaran tiba.

Cara Berhemat Saat Puasa Ramadan Sampai Lebaran

Kamu bisa melakukan beberapa cara berhemat uang belanjamu berikut ini  agar tidak terjadi pemborosan:

1. Buat Daftar Belanja

Buat daftar belanja

Cara berhemat yang pertama adalah dengan membuat daftar belanja. Hal yang sangat penting dan harus kamu lakukan jika kamu berniat ingin berbelanja adalah buatlah daftar belanja. Pastikan kamu hanya memasukkan jenis keperluan atau kebutuhan yang memang benar-benar dibutuhkan saja ke dalam daftar belanjamu dan tentukan anggaran yang kamu persiapkan untuk membeli semua kebutuhan tersebut.

2. Bawa Uang Sesuai Kebutuhan

Bawa uang sesuai kebutuhan

Jika kamu sudah membuat daftar belanja, coba kamu hitung terlebih dahulu perkiraan anggaran yang akan kamu butuhkan untuk belanja sehingga kamu tidak perlu membawa uang dalam jumlah berlebihan. Membawa uang yang banyak bisa membuatmu ingin membelanjakan sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

3. Tidak Mudah Tergoda dengan Diskon

Jangan mudah tergoda diskon

Biasanya sepanjang bulan puasa sampai menjelang lebaran, kamu akan mudah sekali menemukan berbagai macam diskon di tempat atau pusat perbelanjaan. Ketika kamu berbelanja, kamu harus bisa mengendalikan diri untuk tidak mudah tergiur dengan tawaran diskon yang bertebaran karena itu bisa memancing keinginanmu untuk membeli barang diskon namun sebenarnya tidak diperlukan.

4. Bandingkan Harga Saat Belanja

Bandingkan harga

Cara berhemat yang selanjutnya adalah dengan membandingkan harga saat belanja. Jika kamu merasa bahwa harga jual yang ditawarkan masih mahal, cobalah kamu berbelanja tidak hanya terpaku pada satu toko atau satu tempat saja. Kamu bisa mencoba untuk datang ke tempat lain kemudian membandingkan selisih harga jual yang ditawarkan di tempat tersebut agar kamu bisa mendapatkan segala kebutuhan yang kamu butuhkan dengan harga yang terjangkau dengan budget keuanganmu.

5. Hal yang Terpenting, Sadarlah Bahwa Masih Ada Kebutuhan Pasca Lebaran

Masih ada kebutuhan lain setelah lebaran

Sebelum kamu memakai dan menghabiskan gaji atau uang tunjangan hari rayamu untuk berbelanja, kamu harus menyadari satu hal yang sangat penting yaitu bahwa akan selalu ada kebutuhan bahkan setelah lebaran sekalipun. Jadi, jangan sampaikan kamu menghabiskan seluruhnya hanya untuk kebutuhan selama puasa sampai untuk persiapan lebaran. Sisihkanlah sebagian uang yang kamu miliki untuk kamu simpan sebagai modal untuk memenuhi kebutuhan setelah lebaran nanti.


Itulah beberapa cara berhemat uang belanja dengan mudah selama bulan puasa Ramadan sampai lebaran nanti. Semoga tips ini bisa bermanfaat untukmu, ladies!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Marga Apsari Marga Apsari
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Marga Apsari Marga Apsari
Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Santi Berlinawati Santi Berlinawati