Kawaii Beauty Japan

Hair

Cara Mengatasi Ketombe dan Gatal di Kulit Kepala

Wah, cara mengatasi ketombe no 6 sangat ampuh, nih!

Marga Apsari

Apakah kamu memiliki permasalahan ketombe? Rambut memang jadi kurang sedap dipandang saat ketombe bermunculan. Tidak hanya itu, ketombe juga membuat kepala terasa sangat gatal dan tidak nyaman! Munculnya ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebersihannya, nutrisi, dan aktivitas. Aktivitas di bawah sinar matahari yang terik akan membuat kulit kepala berkeringat. Kondisi kulit kepala yang kotor, lembap dan berkeringat juga merupakan pemicu timbulnya ketombe.

Cara Mengatasi Ketombe dan Gatal di Kulit Kepala

Namun kamu tak perlu khawatir, ladies! Berikut ini adalah cara mengatasi ketombe yang tepat dan ampuh, ladies!

1. Menggunakan Larutan Cuka

Mengatasi ketombe dengan cuka

Cara mengatasi ketombe dengan cuka dipercaya sangat ampuh. Cuka dapat bekerja secara efektif dalam menyingkirkan sel kulit mati pada kulit rambut, sehingga pori-pori tidak lagi tersumbat. Cara memanfaatkan cuka untuk mengatasi ketombepun sederhana, kamu hanya perlu membilas kulit kepala dengan larutan cuka putih. Kemudian, diamkanlah selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Menggunakan Baking Soda

Mengatasi ketombe dengan baking soda

Tidak hanya sebagai bahan memasak, baking soda juga dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi ketombe, lho! Cara mengatasi ketombe dengan baking soda cukup mudah, kamu hanya perlu melarutkan 1 sendok makan baking soda dalam setengah gelas air. Lalu gunakanlah larutan tersebut untuk keramas. 

3. Menggunakan Lidah Buaya

Mengatasi ketombe dengan lidah buaya

Lidah buaya memang sudah banyak menjadi kandungan dalam produk perawatan rambut. Tidak hanya untuk menyuburkan rambut, lidah buaya atau aloe vera juga dapat mengatasi masalah ketombemu, lho! Caranya adalah dengan menggosokan daging lidah buaya pada kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukanlah perawatan ini secara teratur untuk hasil maksimal.

4. Menggunakan Garam

Mengatasi ketombe dengan menggunakan garam

Selain sebagai penyedap masakan, garam juga dapat dimanfaatkan sebagai eksfoliator alami. Kamu dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit kepala yang merupakan cikal bakal ketombe. Cara mengatasi ketombe dengan garam cukup mudah. Kamu hanya perlu melarutkan 2-5 sendok garam dalam air hangat. Basahi kedua telapak dengan larutan air garam dan gosokan secara lembut pada kulit kepala sabil memijatnya. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilaslah hingga bersih.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Sayur-mayur untuk memenuhi nutrisi rambut

Selain melakukan perawatan dari luar, tentu kamu harus melakukan perawatan dari dalam, ladies! Makanan yang bernutrisi tidak hanya membuat tubuhmu menjadi sehat, rambutpun akan menjadi lebih sehat dan indah. Hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung lemak. Perbanyak konsumsi sayur-mayur, minyak ikan dan makanan dengan kandungan protein tinggi.

6. Memilih Perawatan Rambut yang Tepat

Apabila kamu memutuskan untuk menggunakan produk perawatan sebagai pembasmi ketombe, kamu harus memilih yang tepat! Salah memilih produk dapat mengakibatkan ketombe semakin banyak muncul.

Pilihlah sampo dengan bahan dasar natural dan bebas deterjen (Sodium Laureth Sulphate-SLS). Bahan deterjen pada sampo dapat membuat kulit kepalamu iritasi, akibatnya masalah ketombe akan menjadi semakin buruk dan rambut juga jadi berminyak.

Kamu bisa coba MooGoo Milk Shampoo, sampo dengan bahan dasar natural yang berfungsi mengembalikan kondisi kulit kepala ke keadaan normal.

MooGoo Milk Shampoo

MooGoo Milk Shampoo

Nah, ladies, sudah siap mengatasi ketombe yang mengganggu? Selamat mencoba cara mengatasi ketombe di atas!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait