Foto 4 Cara Membuat Kopi Jauh Lebih Sehat

4 Cara Membuat Kopi Jauh Lebih Sehat

Buat kamu yang suka minum kopi, simak tips berikut agar kopi bermanfaat bagi kesehatanmu!

Kemarin sudah dibahas tentang manfaat teh hijau (BACA: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Teh Hijau), nah sekarang mari kita bahas tentang kopi. Kopi merupakan salah satu minuman paling favorit bagi sebagian besar orang di dunia. Tentu hal ini tidak lepas dari rasa dan juga manfaat kesehatan si hitam ini. Mari simak 4 cara membuat kopi jauh lebih sehat untuk dikonsumsi!

Menurut studi University of Scranton, kopi adalah salah satu sumber antioksidan yang sangat baik sehingga minum sejumlah kecil cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe II, alzheimer, dan kanker prostat.

BACA JUGA: Ingin Bebas Diabetes? Yuk Ngopi!

Akan tetapi jangan langsung senang dulu jika kamu sering mengonsumsi kopi. Ternyata manfaat kesehatan di dalam kopi sangat bergantung pada cara pengolahannya. Pengolahan yang berbeda selain berpengaruh pada cita rasa ternyata juga berdampak pada manfaat yang ada di dalamnya. Selain pengolahan, cara menyimpan dan menyeduh pun bisa berpengaruh terhadap manfaat yang ada lho kawaii-ladies! Oleh karena itu, untuk merasakan manfaat yang sempurna, mari simak langkah-langkah berikut ini.

1. Memanggang Kopi Membuat Kopi Jauh Lebih Sehat

Efek antioksidan dalam kopi sangat berkaitan erat dengan senyawa yang bernama asam klorogenat. Nah, proses pemanggangan biji kopi menjadi kopi matang ini ternyata mengubah asam tersebut menjadi antioksidan. Oleh karena itu, perhatikan waktu pemanggangan, karena jika terlalu lama maka dapat menyebabkan hilangnya antioksidan.

Selain waktu, jangan lupa untuk memerhatikan warna biji kopi yang disangrai. Semakin cerah warnanya, semakin tinggi kandungan antioksidan di dalamnya.

2. Menyimpan Biji Kopi

Setelah disangrai, biji kopi yang tadinya mengandung asam klorogenat akan berubah menjadi antioksidan. Nah, antioksidan ini sangat rentan terhadap paparan udara, sehingga membutuhkan penyimpanan yang khusus. Sebaiknya biji kopi yang sudah dipanggang disimpan dalam wadah yang kedap udara.

4. Minum Kopi pun Ada Caranya Biar Sehat

Jangan sombong dulu jika kamu sering mengonsumsi kopi. Ternyata cara minum pun juga sangat mempengaruhi sehatnya kopi yang kita minum. Dan cara tersehat untuk mengonsumsi kopi adalah dengan meminumnya tanpa gula. Mengapa? Ternyata karena nutrisi dalam kopi akan rusak ketika ditambah bahan lain ke dalamnya. Akan tetapi, untuk kamu yang tidak menyukai rasa pahit, jangan khawatir, kamu bisa menambahkan kayu manis untuk menambah cita rasa lain pada kopimu. Hasil penelitian juga menunjukkan, kadar antioksidan dalam kopi bisa berkurang jika dicampurkan susu. Jadi, jangan tambahkan gula maupun susu ke dalam kopimu ya!

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini