Foto 6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Disarankan Oleh Para Ahli Gizi

6 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Disarankan Oleh Para Ahli Gizi

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Inilah makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi ibu hamil!

Ibu hamil sebenarnya tidak perlu mengonsumsi makanan tertentu, kecuali bagi mereka yang memiliki penyakit tertentu. Hal yang paling penting adalah keseimbangan asupan gizi bagi ibu dan janin. Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan nutrisi ibu hamil agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Apa saja ya makanan-makanan tersebut? 

6 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Untuk wanita yang sedang hamil, disarankan untuk mengonsumsi 6 jenis makanan ini agar sang ibu dan janin selalu terpenuhi asupan nutrisinya.

Air mineral

Makanan sehat untuk ibu hamil

Untuk ibu hamil, konsumsi air mineral yang disarankan adalah 2,5 liter atau sekitar 10 gelas air setiap harinya. Air mineral ini sangat penting untuk melancarkan proses metabolisme tubuh sekaligus berfungsi sebagai pengantar nutrisi untuk janin karena kekurangan air mineral bagi janin akan berakibat sangat fatal, yaitu kelahiran prematur.

Sayur dan Buah

Makanan sehat untuk ibu hamil

Untuk ibu hamil, konsumsi sayur dan buah yang disarankan adalah minimal lima porsi per harinya guna memenuhi asupan vitamin, mineral, dan serat bagi ibu hamil. Buah dan sayur yang disarankan untuk dikonsumsi, diantaranya adalah: 1 buah Avokad, 100 gram brokoli, 200 gram kacang merah, 1 buah pisang ukuran sedang, 1 buah apel, dan 2 buah wortel per harinya guna memaksimalkan nutrisi yang diterima janin dalam tubuh.

Daging Tanpa Lemak, Ikan, dan Telur

Makanan sehat untuk ibu hamil

Pada 6 bulan pertama, perkembangan janin sangat dipengaruhi oleh asupan protein yang dikonsumsi oleh ibu. Dengan demikian, dapat dirancang beberapa menu makanan yang kaya protein yang tersusun atas daging tanpa lemak, ikan, dan telur. Berikut adalah rancangan menu yang disarankan:

  • Satu potong daging ayam bagian dada tanpa kulit
  • 35 gram daging sapi
  • 1 butir telur
  • 50 gram ikan tuna
  • 40 gram ikan salmon

Makanan Sumber karbohidrat

Makanan untuk ibu hamil

Selain nasi, ibu hamil juga sangat memerlukan asupan karbohidrat tambahan guna menambah energi ibu hamil. Makanan sumber karbohidrat  yang disarankan adalah:

  • Kentang yang kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  • Sereal yang memiliki kandungan karbohidrat yang kaya akan serat dan asam folat sangat penting bagi perkembangan janin.
  • Oatmeal yang kaya akan serat, vitamin B, zat besi, dan potassium.

Susu dan Produk Turunannya

Makanan sehat untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, susu dan produk turunannya sangat berperan penting pada pemenuhan asupan nutrisi dan kalsium bagi pertumbuhan tulang bayi. Susu dan produk turunan yang disarankan untuk ibu hamil, yaitu: susu rendah lemak, keju mozzarella, krim keju, feta, susu kedelai, tahu, dan tempe. Jika kamu termasuk orang yang memiliki alergi pada susu dan produk turunannya, kamu dapat menggantinya dengan sarden atau jus jeruk.

Camilan Sehat

Makanan sehat untuk ibu hamil

Ibu hamil biasanya sering merasakan lapar pada waktu yang tak terduga, misalnya setelah makan siang selang beberapa menit sudah lapar lagi, atau pada tengah malam, dan lain sebagainya. Hal ini membuat para ibu perlu menyediakan camilan-camilan sehat yang bisa dikonsumsi pada waktu tersebut di atas. Camilan sehat yang disarankan adalah: salat, ubi, kacang mete, roti gandum, jagung, dan pisang rebus.


Nah, itulah makanan sehat yang disarankan untuk ibu hamil, guna memenuhi asupan nutrisi ibu dan janin. Semoga bermanfaat!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini