Kawaii Beauty Japan

Hair

Cara Merawat Rambut Kering

Rambut sebagai salah satu bagian penting bagi wanita, seringkali terpapar dengan sinar matahari, polusi dan bahan kimia lainnya sehingga membuatnya menjadi kering. Tapi tenang, yuk simak cara merawat

Hikma Adriani

Rambut kering merupakan salah satu masalah yang kerap dialami banyak wanita. Penyebab rambut kering dapat disebabkan karena paparan sinar matahari, polusi udara, alat styling rambut, sampo yang tidak cocok dan masih banyak lagi. Beberapa faktor penyebab rambut kering tersebut juga dapat memicu masalah kesehatan rambut lainnya. Oleh karena itu ada baiknya kamu selalu memperhatikan berbagai faktor tersebut guna menghindari rambut kering dan masalah lainnya. Nah ladies, yuk simak beberapa cara merawat rambut kering secara alami yang dapat kamu coba.

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Cara menggunakannya yakni dengan membalurkan minyak zaitun secukupnya pada rambutmu. Namun sebelumnya basahi rambutmu terlebih dulu lalu tunggu sampai setengah kering. Setelah dibalurkan diamkan selama 30 menit barulah bilas dengan menggunakan shampo agar bersih.

Madu dan Lemon

Madu dan lemon

Campuran kedua bahan alami ini cukup efektif juga. Caranya dengan mencampurkan madu dan perasan lemon, masing- masing sebanyak 2 sendok makan saja. Setelah tercampur rata barulah dioleskan pada rambut dan tunggu sampai 40 menit. Apabila ingin lebih efektif kamu dapat menutup rambut dengan handuk ataupun shower cap. Langkah terakhir yakni membilas rambut agar bersih.

Alpukat

Alpukat

Sediakan buah alpukat yang sudah matang, setelah itu haluskan dan oleskan pada rambutmu. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Jeruk nipis

jeruk nipis

Cara yang satu ini sangat mudah diterapkan, yakni dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis secukupnya. Setelah itu diamkan selama 30 menit barulah bilas rambutmu sampai bersih.

Menutupi Rambut

Menutup rambut dengan topi

Memakai jilbab, topi, ataupun benda lainnya guna menutupi rambut dari paparan sinar matahari sangat disarankan mengingat paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab rambut kering. Namun sebelum memakai jilbab pastikan rambutmu kering terlebih dulu agar tidak lembab dan bau.

Hindari Styling Rambut

Styling rambut

Styling rambut juga dapat memicu berbagai masalah kesehatan rambut terutama rambut kering dan rontok. Ketika kamu styling rambut, pastikan kamu menghindari styling rambut yang berlebihan. Apabila rambutmu basah cukup diblow sedikit, setelah itu biarkan kering dengan sendirinya.

Nah ladies, cara tersebut diatas lebih efektif apabila diterapkan secara rutin. Meskipun hanya menggunakan bahan alami namun hasilnya cukup memuaskan dan tentunya aman bagi kesehatan rambutmu. 

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait