Foto 6 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Perhatikan Mulai dari Sekarang

6 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Perhatikan Mulai dari Sekarang

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Berencana menikah dalam waktu dekat? Sudahkah kamu melakukan 6 persiapan pernikahan ini?

Menjelang hari pernikah, banyak pasangan yang akan jauh lebih mementingkan masalah-masalah persiapan pernikahan seperti biaya resepi, mulai dari penyewaan gedung, katering, dekorasi dan lain sebagainya. Padahal, masih banyak hal-hal yang tak boleh kamu lewatkan, ladies!

6 Persiapan Pernikahan yang Tidak Boleh Dilupakan

Persiapan pernikahan yang harus diperhatikan

Selain persoalan gedung dan lainnya, berikut ini adalah beberapa persiapan pernikahan yang tidak boleh kamu lewatkan:

1. Kondisi Kesehatan Fisik dan Emosional

Dalam persiapan pernikahan, kondisi kesehatan fisik dan emosional sangatlah penting. Bagaimana kamu bisa maksimal dalam mempersiapkan pernikahanmu, jika pikiranmu terus kacau karena hati terus galau, atau kamu sedang demam? Kondisi tubuh dan pikiran yang menurun dapat mengacaukan keputusan untuk hari besarmu. Tetaplah jaga kesehatanmu ya, ladies!

2. Bulan Madu

Persiapan pernikahan yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah bulan madu sebagai momen yang penting bagi pasangan yang baru saja menikah. Gunakanlah momen ini untuk mengakrabkan diri pada pasangan dan kenalilah ia lebih dalam lagi. Untuk berbulan madu, kamu tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, lho. Kamu bisa pergi ke kota sebelah atau bahkan di kotamu sendiri. Carilah tempat wisata yang menyediakan tempat menginap yang nyaman. Gunakan momen bulan madu ini untuk menambah sisi kemesraan untukmu dan pasangan yang baru saja menikah. Jangan menghabiskan seluruh tabunganmu untuk bulan madu, karena hal ini juga akan memicu timbulnya stres menjelang pernikahan.

3. Undangan Pernikahan

Siapa yang akan kamu undang ke pernikahanmu tentu perlu dipikirkan baik-baik bersama dengan pasangan. Bagilah dengan adil agar tidak ada rasa iri dari kedua belah pihak mempelai. Jumlah undangan tentu akan mempengaruhi ukuran gedung yang dibutuhkan serta porsi kateringnya.

4. Mahar Atau Mas Kawin

Mas kawin persiapan pernikahan

Mahar atau mas kawin merupakan sebuah syarat wajib yang harus diberikan saat pernikahan. Ada baiknya adalah mendiskusikan mahar yang dapat bermanfaat kelak. Mahar yang banyak dianjurkan oleh orang-orang adalah emas, perhiasan, uang, atau properti. Namun, pastikan mahar sesuai dengan kondisi keuangan ya, ladies!

5. Serahkan Kepada Ahlinya

Serahkan persiapan pernikahanmu pada ahlinya

Ada baiknya kamu dan pasangan tidak sepenuhnya turun tangan dalam persiapan pernikahan. Hal ini bertujuan agar kamu dan pasangan tidak terlalu stres dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa mempersiapkan kondisi kesehatan tubuh dan pikiran dalam menyongsong hari kamu membuka lembaran baru dalam kehidupan. Kamu bisa meminta bantuan jasa wedding organizer untuk mengatur hari besarmu, agar kamu tidak perlu bolak-balik pusing mengurusi masalah gedung dan katering.

6. Tempat Tinggal Setelah Menikah

Persiapan pernikahan yang tidak kalah penting adalah tempat tinggal setelah menikah. Sebagian besar pasangan ingin dapat pindah dari rumah orangtua setelah menikah. Hal ini dianggap sebagai wujud kemandirian pasangan baru. Kamu bisa mulai mempertimbangkan tempat tinggal mulai dari sekarang, meskipun belum memiliki calon pasangan, lho! Mulailah untuk mempelajari lebih banyak mengenai cicilan tempat tinggal agar kamu sudah lebih siap saat memiliki pasangan nantinya.


6 hal yang telah disebutkan mungkin jarang sekali mendapat perhatian khusus. Pastikan kamu telah mempersiapkan segalanya dengan baik, ladies! Tetaplah terbuka dan iskusikanlah baik-baik mengenai persiapan pernikahanmu dengan pasangan. Jika kamu dan pasangan merasa kewalahan, tentu kamu boleh meminta pertolongan kerabat, teman atau menyewa jasa. Karena persiapan pernikahan yang terpenting adalah menjaga kondisi kesehatan tubuh dan pikiran.

Artikel Selanjutnya

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini