Foto Perayaan Tahun Baru di Jepang (3)

Perayaan Tahun Baru di Jepang (3)

Foto Yenni Octavia
Tahun baru merupakan hal yang sangat penting di Jepang, bahkan mereka sudah melakukan persiapan menyambut pergantian tahun sejak jauh hari mulai dari membersihkan rumah sampai mengirim kartu ucapan

Hai kawaii! tentunya kamu sudah membaca mengenai Perayaan Tahun Baru di Jepang (2). Selain merayakan pergantian tahun dengan cara – cara yang modern, masyarakat Jepang juga biasa merayakan tahun baru dengan mengunjungi kuil. Tentunya mereka datang untung berdoa dan mengharapkan tahun berikutnya akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Disaat inilah kamu akan melihat sisi lain dari masyarakat jepang.

Doa Pergantian Tahun

Tahun baru adalah hal yang penting bagi masyarakat Jepang. Sehingga kamu tidak hanya akan menemukan perayaan tahun baru yang meriah, tapi kamu juga akan melihat orang – orang berkumpul dan berkerumun di Kuil. Bahkan orang – orang rela berdiri mengantri untuk masuk ke area kuil di tengah dinginnya malam musim dingin di Jepang. Tepat pada tengah malam, orang – orang yang berkumpul di halaman akan melemparkan kepingan uang logam secara serentak kearah altar utama dan berdoa.

Menjelang pagi, kuil akan menjadi semakin ramai, karena banyak orang yang ingin datang sepagi mungkin ke kuil di tahun yang baru. Aktivitas ini disebut hatsumoude atau kunjungan hari pertama ke kuil. Pada kuil besar, aktivitas ini bisa berlangsung selama 2 – 3 hari.

Omamori dan Omikoji

Setelah datang dan berdoa di kuil, biasanya masyarakat Jepang akan mendatangi bagian penjualan Omamori atau Jimat keberuntungan. Selain jimat keberuntungan, mereka juga akan mengambil sebuah kertas ramalan nasib atau biasa disebut Omikuji. Jika kamu mendapatkan ramalan yang kurang baik, maka kamu bisa mengikatkan ramalan tersebut pada ranting pohon sekitar kuil, atau ditempat yang telah disediakan. Namun jika ramalanmu bagus, kamu bisa membawa pulang ramalan tersebut. Cukup menyenangkan bukan.

Ya begitulah suasana tahun baru di Jepang, sangat sibuk namun tetap menyenangkan. Meskipun Jepang merupakan negara yang sangat modern, mereka berhasil menggabungkan tradisi dan kebiasaan mereka dengan kegiatan modern, sehingga tidak dilupakan begitu saja. Jika kamu berencana berlibur ke luar negeri dan menikmati malam pergantian tahun baru disana, mungkin Jepang merupakan pilihan yang tepat. Kamu bisa menikmati perpaduan tradisi dan perkembangan zaman yang harmonis.Selamat tahun baru kawaii!! Semoga semua hal buruk di tahun ini bisa menjadi pelajaran yang baik untuk kamu menjalankan tahun berikut dengan lebih baik. (yo)

Tags:

Artikel Selanjutnya

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini