Foto Perayaan Tahun Baru di Jepang (1)

Perayaan Tahun Baru di Jepang (1)

Foto Yenni Octavia
Tahun baru merupakan hal yang sangat penting di Jepang, bahkan mereka sudah melakukan persiapan menyambut pergantian tahun sejak jauh hari mulai dari membersihkan rumah sampai mengirim kartu ucapan

Setiap negara tentunya memiliki caranya sendiri untuk merayakan dan menyambut tahun baru. Tidak seperti natal, tahun baru justru merupakan hal yang sangat penting di Jepang. bahkan masyarakat Jepang sudah mulai menyambut pergantian tahun sejak jauh-jauh hari. seperti di daerah Kanto awal kegiatan menyambut tahun baru jatuh pada tanggal 8 Desember, sedangkan di Kansai jatuh pada tanggal 13 Desember. Dengan modernisasinya, Jepang menggabungkan tradisi lama dengan aktivitas modern untuk menyambut tahun baru.

Membersihkan Rumah

Kegiatan menyambut tahun baru biasanya dimulai dengan Osouji atau bersih – bersih. Kegiatan bersih – bersih ini biasanya melibatkan hampir seluruh anggota keluarga. Mereka percaya bahwa meninggalkan debu atau kotoran akan mendatangkan pengaruh buruk pada diri atau keluarga di tahun berikutnya. Sehingga kegiatan ini berlangsung cukup lama, terutama jika kamu memiliki rumah yang luas. Begitu juga di kuil, aktivitas bersih – bersih ini dijadikan sebagai bagian dari upacara atau ritual.

Menghias Rumah

Setelah acara bersih – bersih maka akan dilanjutkan dengan menghias rumah atau kantor. Disini kamu akan menemukan shimenawa, hiasan jerami yang dibentuk bulatan dengan daun cemara yang digantung di depan rumah. Ada juga Kagami mochi, tumpukan kue mochi dan jeruk serta kadomatsu yang bisa kamu temui di pusat – pusat perbelanjaan.

Mengirim Kartu Ucapan

Di Jepang, ucapan selamat tahun baru biasanya dilakukan dengan menggirimkan kartu pos atau kartu ucapan yang disebut nengajou. Hal ini sudah merupakan kebiasaan dan tradisi bagi masyarakat Jepang. Akan ada jutaan lembar kartu pos yang beredar pada peringatan tahun baru dan semua surat tersebut harus dikirimkan tepat pada waktunya, tidak boleh terlambat atau terlalu cepat. Disinilah profesionalisme para petugas pos dipertaruhkan, jadi bisa kamu bayangkan betapa sibuknya para petugas pos di Jepang menjelang akhir tahun.

Masih banyak kegiatan yanng dilakukan masyarakat Jepang untuk menyambut datangnya tahun baru. Jadi simak terus yah artikel dari kita mengenai perayaan tahun baru di Jepang. (yo)

Tags:

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini