Kawaii Beauty Japan

Health

4 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Senam Zumba

Senam Zumba saat ini sangat populer dan menjadi pilihan bagi banyak wanita untuk menjaga berat badan dan kebugaran mereka. Apa sebenarnya yang membuat Zumba begitu diminati?

Santi Berlinawati

Banyak kelas-kelas dance yang menarik perhatian, seperti salsa, hip-hop, atau belly dance. Sayangnya tarian-tarian tersebut kelihatannya sulit untuk dikuasai. Oleh sebab itulah zumba hadir untuk menepis anggapan-anggapan bahwa kelas tari itu sulit. Zumba memiliki cara unik untuk membuatmu semakin bersemangat menari, bahkan jika kamu belum bisa menari sekalipun.

Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Senam Zumba

Apa saja sih yang membuat zumba begitu istimewa dan wajib untuk dicoba? Ini dia jawabannya:

Koreografinya Tidak Terlalu Sulit

Kebanyakan kelas-kelas dance menggunakan pendekatan koreografi yang masih tradisional. Namun tidak demikian halnya dengan zumba. Jika di tengah-tengah menari zumba kamu tidak menyukai musiknya atau tidak bisa mengikuti gerakannya karena terlalu sulit, maka sesi tersebut akan berakhir selama beberapa menit. Setelah itu, kamu akan memulai lagi dengan lagu baru dan gerakan-gerakan serta langkah-langkah baru. Perubahan gerak dan lagu yang cukup sering ini memang menyenangkan dan tidak akan membuatmu bosan. Selalu saja ada waktu untuk kembali bersemangat seperti saat memulai latihan.

Meningkatkan Kemampuan Koordinasimu

Jika kelas-kelas dance yang lain sering membuatmu merasa minder dan akhirnya menyerah karena kurangnya kemampuanmu untuk mengikuti gerakan tarian, kamu tidak akan mengalaminya di kelas zumba. Instruktur zumba akan terus menyuruhmu bergerak meskipun gerakanmu belum tepat. Kamu akan sering mendengarnya berteriak “Terus bergerak!” Selama kamu bergerak, kamu sudah berolahraga. Tidak ada istilah siapa yang memiliki teknik paling bagus di kelas zumba. Hal yang paling penting adalah usaha. Dengan semakin sering kamu mengikuti kelas zumba, maka koordinasi dan keseimbanganmu akan semakin meningkat dari hari ke hari.

Mudah Disesuaikan dengan Kebutuhanmu

Kamu dapat menyesuaikan zumba dengan kebutuhan tubuhmu. Kamu bisa membuatnya high-impact atau low-impact. Mereka yang memang sudah ahli menari bisa melakukan gerakan-gerakan yang lebih cepat serta lompatan-lompatan energik. Sedangkan untuk pemula, kamu bisa bergerak sesuai dengan kemampuanmu sendiri. Di akhir setiap lagu, kamu bebas minum, membasuh tubuhmu dengan handuk, atau beristirahat sejenak. Prinsip dalam zumba adalah untuk selalu membuatmu merasa baik, berusaha sungguh-sungguh, dan menjaga diri sendiri.

Kamu Akan Merasa Lebih Segar dan Bersemangat Usai Zumba

Latihan kardio terkadang membuat kita merasa lelah dan kehabisan tenaga. Maka tak heran usai latihan kardio biasanya kamu ingin langsung merebahkan diri di tempat tidur. Bagaimana dengan zumba? Zumba tidak akan membuatmu kelelahan. Sebaliknya, kamu akan lebih berenergi, ringan, dan siap menjalani hari dengan semangat dan perspektif baru yang lebih positif.

Zumba benar-benar memberikan sensasi latihan yang tidak boleh kamu lewatkan. Jadi, tunggu apalagi, ladies?  

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait