Kawaii Beauty Japan

Hair

4 Langkah Cerdas Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Ada berbagai cara untuk mengembalikan kondisi rambut yang rontok menjadi sehat kembali. Namun pada dasarnya ada beberapa hal pokok yang harus dilakukan untuk mengatasi rambut rontok.

Santi Berlinawati

Kondisi rambut rontok terjadi karena bermacam-macam faktor, antara lain karena kekurangan vitamin, gangguan tiroid, menopause, pemberian obat tertentu, dan lain-lain. Jika dibiarkan, bukan tak mungkin kerontokan akan semakin parah dan menyebabkan kebotakan. Untuk mengatasinya, yuk ikuti langkah-langkah cerdas ini.

Utamakan Nutrisi

Seorang ahli nutrisi dan penulis buku, Sally Kravich, mengatakan kita semua pasti menginginkan rambut yang indah, mata yang berbinar, dan kulit yang lembut. Sally menyarankan pasiennya untuk meningkatkan asupan nutrisi dan mineral dari makanan yang mereka konsumsi. Sayangnya, tidak semua orang memiliki pola makan yang benar.

Protein memang merupakan unsur yang sangat vital dalam memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Porsi yang pas untuk dikonsumsi setiap hari adalah sekitar 2 – 3 porsi daging 3 ons, atau 4 – 5 porsi kombinasi menu olahan susu dan biji-bijian.

Kravich menyarankan pasiennya yang memiliki masalah rambut rontok untuk memasukkan kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan ikan ke dalam menu makan mereka. Semua jenis makanan tersebut sangat penting sebagai sumber asam lemak omega-3, yang berguna untuk mengurangi inflamasi dan menjadikan kulit kepala semakin sehat.

Nutrisi yang berguna bagi kesehatan rambut antara lain:

  • Zat Besi - Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Anemia sendiri akan memicu kerontokan rambut. Konsumsilah suplemen zat besi yang bisa membantumu mengatasi anemia, sehingga rambut rontokmu akan berkurang.
  • Zinc dan Biotin - Zat ini dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, karena orang-orang yang menderita gangguan metabolisme dan kekurangan zat-zat tersebut akan mengalami penipisan rambut, serta rambut dan kuku yang semakin rapuh. Kekurangan zat-zat ini bisa juga diatasi dengan suplemen.    

Temukan Suplemen Yang Tepat

Kalau kamu ingin menggunakan suplemen untuk mengatasi rambutmu yang rontok, sebaiknya berkonsultasilah dengan doktermu terlebih dahulu, meskipun sebenarnya tidak diperlukan resep untuk membeli suplemen di apotek. Akan tetapi dengan berkonsultasi, doktermu dapat mengawasi kalau-kalau ada efek samping yang terjadi akibat interaksi dengan obat lain yang kamu konsumsi bersamaan dengan suplemen tersebut.

Selain itu, pilihlah suplemen yang sudah resmi terdaftar untuk memastikan jika suplemen tersebut diproduksi dengan layak, memiliki semua kandungan yang tertera di label, dan tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Pilih Gaya Rambut yang Sehat

Ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan rambut. Di antaranya adalah terlalu kencang mengikat rambut, mewarnai rambut, mencatok rambut, dan mengeriting rambut. Perlakukan rambutmu dengan lembut. Jangan terlalu keras menyisir atau mencucinya.

Kamu juga bisa mencoba gaya-gaya rambut baru, atau meniru trik-trik agar rambutmu rontok tidak menarik perhatian.

Gunakan produk untuk mewarnai kulit kepala agar perbedaan warna rambut dan kulit kepala tidak terlalu kontras akibat rontok berlebihan. Selain itu, cobalah hair extension atau potongan rambut yang pendek sehingga tidak lagi terlihat tipis. Belah pinggir rambutmu, agar bagian atas kepala yang terlihat sudah menipis tidak begitu terlihat.

Atasi Stres

Stres baik secara fisik dan emosi bisa memicu rambut rontok. Semakin kamu stres, maka akan memperparah kerontokan rambut. Begitu pun sebaliknya, keadaan rambut rontok juga bisa menjadi penyebab stres.

Wanita biasanya lebih mudah panik ketika mendapati rambut mereka banyak yang rontok. Tenang, ada masa-masanya rambut wanita mengalami kerontokan, yaitu selama masa kehamilan dan menopause. Jangan buru-buru panik ketika melihat rambut banyak yang rontok. Berkonsultasilah dengan ahlinya, apakah kerontokan tersebut serius atau tidak.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait