Foto 10 Gerakan Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Kantor

10 Gerakan Olahraga Sederhana yang Bisa Dilakukan di Kantor

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Apakah kamu merasa cepat lelah ladies? Padahal kamu hanyalah bekerja di kantor yang tidak pernah mengangkat barang berat. Coba deh ingat-ingat kapan terakhir olahraga!

Bukan rahasia lagi jika olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Kurang olahraga mengakibatkan tubuh mudah lelah, terlihat lesu dan kurang bersemangat. Kesibukan bekerja umumnya sering menjadi kendala untuk melakukan olahraga.

Banyak alasan yang membuat pekerja kantoran mengabaikan olahraga. Pada pagi hari mereka sibuk dengan persiapan untuk berangkat kerja, sedangkan sore hari mereka pulang dengan rasa lelah yang akhirnya membuat malas berolahraga. Padahal, umumnya pekerjaan yang dilakukan di kantor sangat sedikit melakukan gerakan tubuh, mereka hanya terfokus pada monitor dan telepon yang ada di meja kerja yang membuatnya duduk hingga berjam-jam.

10 Gerakan Olahraga Sederhana di Kantor

Tapi tenang, ladies! Pada artikel ini akan dibahas mengenai gerakan olahraga yang bisa dilakukan di kantor. Yuk, klik NEXT untuk mengetahui 10 gerakan olaharga yang bisa kamu lakukan di kantor!

Memilh toilet yang lebih jauh

1. Memilih Tempat yang Lebih Jauh

Cobalah untuk memilih toilet di lantai lain atau tempat parkir yang lebih jauh dari pintu masuk. Tapi jangan menggunakan elevator ya, ladies! Jalan kaki tentu lebih sehat, kan?

2. Peregangan Tangan

Telungkupkan jari kedua tangan dan kaitkan seperti bentuk huruf ‘S’, letakkan sejajar dengan dada. Tarik sekuat mungkin tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Istirahat dan kemudian ulangi lagi.

Cara lain, arahkan telapak tangan kiri ke depan dan luruskan. Kemudian telapak tangan kanan behadapan dengan telapak tangan kiri membentuk ‘+’. Tangan kiri melakukan dorongan dan tangan kanan melakukan tarikan. Lakukan gerakan ini sebaliknya dan bergantian.

Gerakan ini dapat memperkuat otot pada bahu, dada, bisep, dan trisep tanpa harus meninggalkan meja kerja, lho!

Gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan

3. Mengerakkan Kepala

Saat duduk, gelengkan kepala atau menoleh ke kiri dan kanan berulang kali. Kemudian memutar kepala sekitar 8 kali putaran. Gerakan ini dapat mencegah sakit dan kaku pada otot leher.

4. Melatih Otot Paha Saat Duduk

Saat duduk, lakukan peregangan pada kaki dengan menaikkan kaki hingga lutut lurus sempurna dan otot-ototnya berkontraksi. Tambahan beban dari sepatu akan melatih otot paha dan mengencangkannya. Lakukan ini berulangkali sesukamu, karena teman kerjamu tidak akan tahu apa yang terjadi di bawah mejamu.

5. Melatih Otot Betis Saat Berdiri Lama

Dengan posisi berdiri, naikkan jari-jari kakimu dan tahan beberapa saat kemudian turunkan. Gerakan ini melatih otot betis jika dilakukan berulang-ulang.

6. Menegakkan punggung

Sambil mengerjakan pekerjaan, jaga agar punggung tetap lurus, angkat lutut ke atas kursi dan tahan hingga otot perut tak lagi dapat menahannya.

Berputar dengan kursi

7. Berputar dengan Kursi

Angkat kaki dan kemudian usahakan agar kursi berputar dengan melakukan gerakan menendang ke samping. Tetap perhatikan perputarannya agar tetap aman. Tentu lakukan ini saat ruangan sepi ya ladies! Selain menjadi alernatif olahraga, ini merupakan gerakan yang menyenangkan bukan?

8. Berolahraga dengan Memanfaatkan Meja

Letakkan telapak di bawah meja dan tekan ke atas atau kamu bisa melakukan sebaliknya, meletakkan telapan di atas meja dan kemudian tekan ke bawah.

Duduk sambil menyilangkan kaki dengan kedua telapaknya berhadapan

9. Mengencangkan Otot Gluteus Atau Pantat

Sambil duduk, silangkan kaki dengan kedua telapaknya behadapan dan tahan. Atau dengan menyilangkan kaki tanpa menimpa kaki lainnya dan tahan. Cara ini sangat efektif melatih otot gluteus atau otot pantatmu.

10. Aktif Saat Jam Istirahat

Gunakan 40 menit untuk berjalan-jalan ke lingkungan sekitar gedung atau melakukan gerakan pemanasan dan relaksasi tubuh dengan gerakan sederhana . Kemudian, waktu 20 menit untuk menikmati makan siangmu.


Masih punya alasan untuk tidak berolahraga? Kira-kira gerakan mana yang akan kamu coba terlebih dahulu ladies?

Artikel Selanjutnya

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani