Foto Jaga Kehamilanmu dengan Mengonsumsi 8 Jenis Makanan Ini!

Jaga Kehamilanmu dengan Mengonsumsi 8 Jenis Makanan Ini!

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Selera makan berubah umum terjadi pada ibu hamil. Ada yang jadi tidak nafsu makan, dan ada juga yang jadi berlebihan. Tentu untuk menjaga kehamilan, sang ibu perlu mengonsumsi makanan yang tepat.

Pada umumnya saat memasuki awal kemamilan, ibu hamil akan menjadi terlalu pilih-pilih makanan atau kehilangan nafsu makan sama sekali. Kondisi ini akan menjadi semakin parah apabila ibu hamil malah jadi mengabaikan gizi yang ia dan janinnya butuhkan. Tidak mau kan, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dengan si buah hati? Untuk itu, tetap jaga nafsu makan selama kehamilan agar ibu dan buah hati selalu sehat.

Berikut ini adalah 8 jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil agar kesehatannya dan janin terus dalam keadaan prima:

1. Perbanyak Salad

Sebuah studi menemukan bahwa ketika orang mengonsumsi salad, ia akan lebih menjaga tubuh dari makanan yang mengandung kalori yang berlebihan. Dengan kata lain, ia dapat menjaga makanan secara keseluruhan. Buatlah salad sesuai seleramu, baik itu salad buah ataupun salad sayuran. Ingat! Tetaplah cermat dalam memilih buah dan sayur yang kamu olah sebagai salad selama kehamilan ya, ladies!

2. Konsumsi Buah Jeruk dan Jeruk Bali

Jeruk

Makanan nabati rendah kalori yang kaya serat larut seperti jeruk dan jeruk bali membantu kita merasa kenyang lebih cepat dan menjaga gula darah tetap stabil.

3. Konsumsi Susu Khusus Kehamilan Atau Susu Rendah Lemak

Banyak ibu hamil yang mengeluh bahwa susu khusus ibu hamil rasanya kurang enak. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa ini sangat penting sebagai nutrisi tambahan untuk janin dan energi untuk ibu hamil itu sendiri. Selain itu, meningkatkan asupan susu rendah lemak merupakan cara terbaik memperoleh protein sebagai pengatur nafsu makan.

4. Konsumsi Makanan Olahan dari Kedelai

Tempe

Kedelai mengandung protein, lemak dan karbohidrat. Dari 3 kandungan ini saja dapat menunjukan bahwa makanan nabati yang satu ini sangat bagus untuk nutrisi ibu hamil dan menjaga selera makan.

5. Cemilan dari Kacang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan sangat baik untuk ibu hamil. Dengan menyediakan camilan dari kacang dan menjadikannya teman disetiap aktivitas maka akan sangat membantu mencukupi nutrisi pada ibu hamil, terutama bagi yang bermasalah dengan nafsu makan.

6. Makan Sedikit Namun Berkali-kali

Waktu yang dibutuhkan otak untuk merespon bahwa perut telah kenyang adalah sekitar 20 menit. Karena itulah, dengan cara makan sedikit namun berkali-kali akan menghidari rasa mual pada awal kehamilan dan perut cepat kenyang pada trimester akhir.

7. Mengatur Asupan Serat

Serat memang sangat penting bagi tubuh, apalagi selama masa kehamilan. Saat usia kehamilan semakin tinggi, umumnya ibu hamil akan lebih sering mengalami sembelit. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi makanan kaya akan serat sangat diperlukan. Selain itu, kandungan air yang terkandung di dalam makanan yang mengandung serat akan menjadikan perut terasa kenyang. Sehingga untuk kamu yang mempunyai masalah dengan nafsu makan, sebaiknya jangan bosan mengkreasikan menu makanan yang mengandung serat.

8.  Konsumsi Sup

Sup

Ketika kamu merasa kehilangan nafsu makan, cobalah memilih sup sebagai teman makan nasimu. Bisa sup makaroni, sup jagung atau kamu bisa mengkreasikannya sendiri dengan berbagai sayuran. Untuk mengurangi kandungan lemak pada sup, kamu bisa menggunakan air kaldu rebusan kedua.


Kehadiran buah hati adalah hadiah terindah dalam sebuah keluarga. Menjaganya agar tumbuh dan berkembang dengan sehat adalah salah satu cara bersyukur yang dapat kita lakukan.

Salam sehat, ladies!

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani