Foto 7 Hal Baik yang Akan Terlewat Jika Kamu Terus Minum Soda Diet

7 Hal Baik yang Akan Terlewat Jika Kamu Terus Minum Soda Diet

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Mana yang jadi prioritasmu, soda diet yang segar atau kualitas kesehatan?

Hampir semua orang setuju kalau soda adalah minuman segar yang ampuh menghilangkan dahaga. Apakah kamu juga menyetujuinya, ladies?

Kandungan kalori dan gula yang tinggi pada soda membuat banyak orang berusaha menghindarinya. Tetapi produk soda diet biasanya berhasil menjadi alasan untuk kembali mengonsumsi soda. Sebenarnya kandungan soda diet juga tidak terlalu berdampak baik bagi tubuhmu. Bahkan jika kamu memutuskan untuk berhenti menikmati soda, kamu akan mendapatkan 8 hal ini :

Konsentrasi Bertambah, Migrain Pun Lenyap

European Journal of Clinical Nutrition pernah melakukan penelitian tentang efek samping soda pada tahun 2013. Penelitian tersebut mengemukakan hasil bahwa tikus yang meminum soda diet mengalami kerusakan syaraf bagian tepi yang mempengaruhi sistem motorik tubuh. Hal yang sama tentu dapat terjadi padamu. Karena kandungan pemanis dan zat kimia dalam soda diet berpotensi merusak sistem syaraf dan kinerja otak.

Bila kamu memutuskan untuk berhenti minum soda, risiko insomnia, migrain, sakit kepala, dan rasa cemas berlebihan dapat diminimalkan. Kamu akan merasa lebih bugar dengan konsentrasi yang lebih baik dari hari ke hari.

Meningkatnya Kemampuan Indera Pengecap

Pemanis buatan seperti aspartam 200 kali lebih manis dari gula biasa. Hal ini bisa menyebabkan lidah kita mulai mengalami penurunan terhadap sentivitas rasa. Lebih gawatnya lagi, penurunan sensitivitas akan memicu kita untuk memakan sesuatu dengan rasa yang berlebihan. Kita cenderung menginginkan makanan yang rasanya lebih manis atau lebih asin dari biasanya. Mudah saja kalau ingin mengembalikan kemampuan indera pengecap, cukup dengan berhenti meminum soda mulai sekarang.

Tulang Menjadi Lebih Kuat

Kekuatan tulangmu akan menjadi lebih baik jika kamu tidak minum soda. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014 menyatakan bahwa wanita yang sering mengonsumsi soda memiliki risiko patah tulang pinggul 14% lebih besar ketika memasuki masa menopause. Hal ini dapat terjadi karena soda mengurangi kepadatan tulang sehingga memperbesar risiko patah tulang.

Kinerja Ginjal Semakin Baik

Ginjal akan bekerja dengan baik ketika menyaring racun, menstabilkan tekanan darah, dan menyerap nutrisi jika tidak ada asupan soda yang masuk ke tubuhmu. Sebuah penelitian yang melibatkan pengumpulan data selama 11 tahun memberitahukan sebuah fakta yang mengejutkan. Bahwa wanita yang sering mengonsumsi 2 porsi sajian soda atau lebih berisiko 2 kali lebih besar mengalami penurunan fungsi ginjal.

Pola Makan Akan Mulai Berubah

Orang-orang yang gemar meminum soda diet biasanya juga sering memilih makanan yang kurang sehat sebaga pendamping soda diet. Kamu tentu ingat kalau keripik kentang, burger, ayam goreng cepat saji atau sepotong kue tart paling pas jika dipadukan dengan soda. Itulah sebabnya risiko gangguan kesehatan semakin besar jika kamu mengonsumsi soda diet dengan aneka makanan berkalori tinggi lainnya.
Sebaliknya, jika kamu tidak meminum soda diet makan kamu cenderung memilih makanan yang lebih sehat. Seperti aneka jenis sayuran, sumber protein, atau camilan rendah kalori lainnya.

Berkurangnya Risiko Diabetes

Konsumsi soda diet secara berlebihan juga dapat meningkatkan kinerja pankreas secara berlebihan. Pankreas akan berusaha memproduksi banyak insulin demi mencerna gula darah. Ketika insulin sudah tak mampu lagi mengatasi kenaikan kadar gula darah, maka penyakit diabetes akan menjangkitimu. Demi membuat kinerja pankreas menjadi normal, mulailah berencana untuk menghentikan konsumsi soda diet

Timbangan Berhenti Bergerak Ke Kanan

Tidak ada yang bisa menolongmu untuk mengontrol berat badan, kecuali pola hidup sehat. Sementara mengonsumsi soda diet bukanlah suatu hal yang sehat. Bahkan penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi soda diet akan meningkatkan risiko kelebihan berat badan 1 dekade setelah kamu meminumnya. Ternyata bukan hanya memberikan efek jangka pendek yang buruk, efek jangka panjang soda diet pun harus kamu hindari.


Sesekali mengonsumsi soda diet tentu tidak jadi masalah, ladies. Asalkan kamu tidak ketagihan dan menjadikannya sebagai salah satu rutinitas. Usahakan untuk mengonsumsi soda diet seminimal mungkin demi menjaga kesehatanmu di masa kini dan masa depan. Yuk, hidup sehat mulai sekarang!

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini