Foto Gunakan Jenis Masker yang Tepat dengan Cara yang Benar Untuk Mencegah Dampak Kabut Asap

Gunakan Jenis Masker yang Tepat dengan Cara yang Benar Untuk Mencegah Dampak Kabut Asap

Foto Marga Apsari
Pencemaran udara oleh kabut asap semakin meningkat di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Sumatera dan kalimantan. Salah satu cara mencegah dampaknya adalah dengan menggunakan masker.

Meningkatnya pencemaran udara akibat kabut asap telah meresahkan banyak masyarkat Indonesia, khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan. Penggunaan masker kesehatan kerap dijadikan cara untuk mencegah dampak kabut asap. Memakai masker pada kondisi udara tercemar memang merupakan cara yang mudah dan efektif untuk melindungi sistem pernafasan dari kabut asap yang dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh.

Terdapat 2 tipe masker kesehatan yang dapat kita gunakan untuk melindungi diri dari kabut asap, yaitu masker biasa yang umum digunakan dan masker respirator N95. Kedua jenis masker tersebut sama-sama melindungi penggunanya dari partikel udara yang tercemar. Namun, apakah perbedaan di antara keduanya dan manakah yang lebih efektif untuk mencegah dampak kabut asap? 

Masker Biasa

Masker jenis ini tentunya sudah sering kamu lihat atau bahkan gunakan. Masker yang juga sering disebut sebagai masker bedah (surgical mask) ini biasanya didistribusikan kepada masyarakat saat terjadi kondisi pencemaran udara seperti kabut asap atau gunung meletus. Masker ini adalah salah satu alat utama untuk mencegah penyebaran penyakit seperti flu, batuk dan sebagainya. Permukaan luar umumnya berwarna, bagian dalamnya berwarna putih dan terdapat kawat hidung (nose piece) yang dapat ditekuk sesuai lekuk hidung pada bagian atasnya.

Masker ini didesain sangat sederhana sehingga hanya dapat menjaga cairan saat batuk atau bersin menyebar ke orang lain, namun kurang efektif untuk menyaring partikel asap maupun polutan. Hal ini dikarenakan masih terdapat sedikit celah pada sisi-sisinya, serta bahan penyaring masker yang tipis.

Cara menggunakan masker ini adalah memakai sisi yang berwarna dan permukaan agak kasar di bagian luar. Sementara sisi yang berwarna putih dengan permukaan yang lebih halus di bagian dalam. Masker ini hanya efektif untuk penggunaan selama 3-4 jam atau maksimal 1 hari. Meskipun masker jenis ini kurang efektif untuk mencegah dampak kabut asap, masih tetap lebih  baik daripada tidak memakai masker sama sekali. Penggunaan masker dengan benar dapat mengoptimalkan fungsi proteksi masker di tengah pencemaran kabut asap.

Masker Repirator N95

Masker jenis ini merupakan alat pelindung pernafasan yang telah didesain untuk menutupi wajah penggunanya dengan rapat, terutama pada bagian hidung dan mulut. Masker repirator N95 ini sangat dianjurkan penggunaannya saat pencemaran udara seperti kabut asap terjadi, karena kemampuannya menyaring partikel polutan yang sangat baik. Bentuk masker ini tidak sefleksibel masker biasa. Kebanyakan masker N95 berbentuk bulat atau setengah bulat, berwarna putih dan terbuat dari bahan yang agak kaku sehingga tidak mudah rusak. 

Masker N95 adalah masker yang sangat efektif untuk mencegah dampak kabut asap. Terutama untuk mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan dalam jangka panjang, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker jenis ini. Meskipun begitu, ketersediaannya yang terbatas dan harganya yang relatif mahal mejadikan masker N95 bukan pilihan utama masyarakat saat kabut asap terjadi. Masker ini juga tidak drekomendasikan untuk penderita gangguan nafas, penyakit jantung, lanjut usia dan wanita hamil karena dapat membuat sedikit sulit bernafas sehingga kebutuhan oksigen tidak terpenuhi secara optimal.

 

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Weekend Seru di Jakarta Fair Kemayoran

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ketahui 5 Sikap Kartini yang Bisa Kamu Teladani

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 2)

Marga Apsari Marga Apsari
Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Ramalan Shio Tahun Ayam 2017 (Part 1)

Marga Apsari Marga Apsari
Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Simak Peruntunganmu Berdasarkan Zodiak Bulan Ini! (Part 2)

Santi Berlinawati Santi Berlinawati