Kawaii Beauty Japan

Health

Yuk, Lakukan Kebiasaan Ini dan Cegah Kanker Payudara Sejak Dini!

“Lebih baik mencegah daripada mengobati” adalah istilah yang sangat tepat untuk menjelaskan betapa pentingnya mencegah kanker payudara sejak dini. Mari sama-sama kita cegah kanker payudara

Meydiana Widyaningsih

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang umumnya menyerang kaum wanita dan tentunya sangat ditakuti karena resiko kanker payudara bisa berujung pada kematian. Penyebab kanker payudara pada wanita bisa berasal dari mana saja seperti dari kebiasaan buruk dalam mengatur pola makan dan jenis makanan harian yang dikonsumsi, kebersihan payudara yang kurang diperhatikan sampai gaya hidup yang tidak sehat. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang kamu bisa mencegah kanker payudara dari awal dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kebiasaan-kebiasaan baik yang mudah sekali kamu lakukan dibawah ini bisa menjadi cara alternatif untuk mencegah kanker payudara. Kamu bisa mencobanya mulai dari sekarang agar resiko terkena kanker payudara bisa kamu hindari.

Batasi Alkohol

Jauhilah kebiasaan meminum minuman beralkohol baik itu berupa bir, anggur atau minuman keras lainnya karena kebiasaan buruk ini bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Menjauhi minuman beralkohol bukanlah hal yang sulit, kan?

Jangan Merokok

Merokok sangatlah berbahaya bagi wanita karena dapat merusak kesehatan termasuk kesehatan organ intim seperti payudara. Selain itu, merokok juga meningkatkan resiko terjadi menopause dini pada wanita. Oleh karena itu, sangat dilarang bagi wanita untuk merokok. 

BACA JUGA: Bahaya Rokok Bagi Kesehatan dan Kecantikanmu! Hentikan Mulai Sekarang!

Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker payudara. Hal ini terutama bisa berlaku jika obesitas terjadi padamu di kemudian hari, terutama jika kamu sudah mengalami menopause.Jadilah aktif secara fisik. Aktivitas fisik dapat membantu kamu menjaga berat badan yang sehat dan dapat membantu pencegahan kanker payudara. 

Menyusui

Menyusui juga bisa menjadi salah satu cara ampuh dalam pencegahan munculnya kanker payudara karena semakin lama kamu menyusui, maka efek perlindungan dari gejala kanker payudara akan semakin meningkat.

BACA JUGA: Menyusui di Tempat Umum, Wajar atau Tidak?

Hindari Paparan Radiasi 

Paparan radiasi bisa terjadi padamu tanpa kamu sadari seperti ketika kamu melakukan rontgen pada tubuh atau terkena radiasi tomografi dalam dosis tinggi, hal ini bisa menjadi salah satu pemicu munculnya kanker termasuk kanker payudara. Karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering bersentuhan dengan alat-alat medis jika tidak terlalu diperlukan. 

Ternyata, banyak sekali cara mudah dalam mencegah kanker payudara. Kamu bisa mencegahnya sejak dini dan dimulai dari dirimu sendiri. Yuk, kita cegah kanker payudara bersama mulai dari sekarang. 

BAC A JUGA: Pria Juga Bisa Terkena Kanker Payudara?! Baca Untuk Ketahui Penyebabnya!

Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait