Foto 4 Resep Minuman Jahe Penangkal Penyakit

4 Resep Minuman Jahe Penangkal Penyakit

Foto Sapho Cordova
Sapho Cordova
Contributor
Minum jahe saat udara dingin memang membuat badan hangat dan terasa nyaman ya. Tidak cuma menghangatkan, ternyata minuman jahe memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Apa saja ya?

Siapa penggemar minuman jahe? Rasanya yang hangat memang sangat nikmat, apalagi kalau diminum saat malam hari. Ternyata minuman jahe ini memiliki banyak manfaat, lho!

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat menghambat sintesis prostaglandin yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. Selain itu, jahe juga dapat merangsang fungsi kerja pencernaan dan mencegah penderita migrain muntah-muntah.

Jahe memang banyak digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Tidak hanya itu, ternyata jahe juga efektif untuk diet, lho! Berikut adalah beberapa resep minuman jahe serta khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit dan sebagai pembantu diet sehatmu:
 

1. Masuk Angin

Masuk angin mungkin terdengar sebagai penyakit yang sepele. Tapi tentunya ini penyakit yang merepotkan dan bisa menghambat aktivitasmu, ladies! Berikut adalah cara membuat minuman jahe untuk mengatasi masuk angin:

  1. Buatlah segelas teh tanpa gula,
  2. Masukkan beberapa iris jahe yang sudah dimemarkan,
  3. Tambahkan 3 butir lada hitam yang juga dimemarkan,
  4. Tambahkan satu sendok makan madu,
  5. Diamkan selama 10 menit, lalu minum.

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Sehat yang Ternyata Salah

2. Obat Migrain

Migrain memang penyakit yang menjengkelkan karena membuatmu tidak bisa fokus. Ternyata penyakit migrain lebih banyak menyerang wanita daripada pria, lho! Berdasarkan penelitian WHO, migrain diperkirakan menyerang 1 dari 5 wanita dan 1 dari 15 pria. Berikut adalah cara membuat minuman jahe untuk mengatasi migrain:

  1. Parut atau potong kecil jahe seukuran ibu jari, peras,
  2. Campur perasan jahe tersebut dengan air mendidih,
  3. Untuk pemanis, tambahakan 1 sendok makan madu,
  4. Diamkan 10-15 menit, lalu minum.

3. Morning Sickness

Bagi para ibu hamil, morning sickness saat pagi hari sangatlah mengganggu. Bagaimana tidak? Mereka terus merasa mual dan muntah-muntah di pagi hari pada masa awal kehamilannya. Jika kamu adalah penderita morning sickness atau memiliki kenalan yang mengalaminya, cobalah resep minuman jahe ini untuk mengatasinya!

  1. Potong jahe seukuran ibu jari,
  2. Tambahkan potongan tersebut ke dalam air panas,
  3. Minumlah selagi hangat.

BACA JUGA: 3 Ikan Lokal yang Bisa Jadi Sahabat Perut Ibu Hamil dan Menyusui

4. Jahe Sebagai Resep Diet

Jahe terkenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu dietmu. Tahukah kamu, bahwa dengan menambahkan air jahe ke dalam menu diet sehari-harimu, kamu bisa membuat perutmu terasa penuh dalam waktu yang cukup lama. Maka, kamu dapat mengurangi ngemil. Berikut adalah resep minuman jahe sebagai sahabat dietmu:

  1. Bakar sebentar jahe segar,
  2. Seduh teh hijau atau teh hitam serta gula merah secukupnya untuk pemanis,
  3. Tambahkan potongan jahe yang telah dibakar tersebut.

Untuk hasil diet yang maksimal, konsumsi teh jahe pada hari pertama di pagi hari sebelum dan sesudah sarapan. Ulangi kembali saat makan siang dan makan malam. Idealnya, minumlah teh jahe ini sebanyak 1-4 kali.

Pada hari kedua dan ketujuh, tetap konsumsi teh di pagi hari serta hindari makanan berminyak. Konsumsilah menu sehat yang lengkap dengan sayur dan buah, terutama pada malam hari. Hindari makan malam 4 jam sebelum waktu tidur!


Wah, banyak ya manfaat yang bisa diambil dari minuman jahe. Cara membuatnyapun tidak sulit. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya, ladies!

BACA JUGA: 3 Cara Kerja Jahe yang Dapat Membantu Menyukseskan Program Diet Kamu

Artikel Selanjutnya

Foto Sapho Cordova

Sapho Cordova

Everyday is a new opportunity <3

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini