Foto 8 Manfaat Kopi yang Membuatmu Ingin Mengonsumsinya Secara Rutin

8 Manfaat Kopi yang Membuatmu Ingin Mengonsumsinya Secara Rutin

Foto Intan A. Oktavia
Intan A. Oktavia
Contributor
Minuman berwarna hitam pekat ini adalah salah satu minuman favorit masyarakat dimanapun, termasuk Indonesia. Ternyata minuman ini memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah kanker, lho!

Tahukah kamu bahwa kopi memiliki sejumlah kandungan zat gizi yang baik untuk tubuh? Ekstrak biji tanaman kopi diolah menjadi bubuk kopi yang kemudian kita seduh dan nikmati. Kopi dapat menjadi teman di kala memulai kegiatan pada pagi hari ataupun saat santai di sore hari. Rasanya yang unik membuat kopi digemari oleh berbagai lapisan masyarkat di dunia, termasuk Indonesia. Berbagai gerai kopi juga telah menjamur di berbagai sudut kota.

Konon, kopi dapat mengurangi rasa kantuk, karena itulah minuman ini kerap dikonsumsi saat seseorang hendak lembur. Minuman berwarna hitam pekat ini bahkam diklaim sebagai salah satu senjata terbaik untuk kanker. Selain itu, masih banyak manfaat yang kamu ambil dari mengonsumsi kopi, mulai dari diminum sampai digunakan untuk lulur. Berikut ini adalah berbagai manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan:

Meningkatkan Stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat. Dengan demikian, kamu dapat merasa segar lebih lama.

Mengurangi Risiko Diabetes

Kandungan zat asam klorogenat pada kopi dapat membantu penghambatan penyerapan gula dan meningkatkan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan bahwa penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat mengonsumsi kopi.

Memperbaiki Mood

Banyak orang yang secara tidak sadar menjadi lebih bergairah dan ceria ketika mengonsumsi kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang. Mengonsumsi kopi secara teratur sesuai porsinya dapat memaksimalkan kerja otak. Zat kafein dalam kopi berfungsi sebagai stimulan tubuh dan merangsang indera, sehingga kita dapat lebih berkonsentrasi serta mengatasi perubahan suasana hati saat depresi.

Mencegah Kanker

Sebuah riset mengatakan bahwa penyakit kanker hati, payudara, mulut, endometrium, prostat, dan usus besar dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi. Kandungan antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. 

Mengangkat Sel Kulit Mati

Tentunya kulit juga perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya, salah satunya adalah dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan demikian sel baru bisa tumbuh dan kulit akan terlihat lebih cantik alami. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan peeling ampas kopi.

Meremajakan Kulit Wajah

Untuk merawat kulit wajah yang kusam, ampas kopi bisa dibuat masker dan scrub alami. Antioksidan dalam kopi sangat baik untuk masker wajah. Campurkan ampas kopi dengan madu dan gosok perlahan untuk mengangkat kotoran pada kulit wajah atau badan.

Lulur Mandi Alami

Ingin memberikan nutrisi kafein pada kulit? Kamu dapat memakai lulur mandi dengan ampas kopi. Seduh kopi dengan sedikit air, lalu bubuhkan ke tubuh saat masih hangat. Kafein dapat membantu mengencangkan kulit dan mengangkat kotoran pada kulit.

Merawat Rambut Rusak

Rambut yang sering di-styling akan lebih mudah rusak. Untuk merawatnya, kamu bisa memakai hair mask berbahan ampas kopi. Antioksidan dalam kopi akan memberi nutrisi pada rambut. Caranya mudah, cukup balut rambut dengan handuk setelah ampas kopi dibalurkan merata di kulit kepala dan batang rambut. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih.


Wah, ternyata kopi memiliki banyak manfaat dibalik kenikmatannya ya! Ladies, mungkin setelah ini kamu jadi ingin mengonsumsi kopi secara rutin ya. Tapi, ingatlah bahwa kamu juga tidak boleh mengonsumsi kopi secara berlebihan, karena apapun yang berlebihan itu tidak baik!

Artikel Selanjutnya

Foto Intan A. Oktavia

Intan A. Oktavia

Freedom like a bird. I'm not trying to be perfect, I'm just being me the best i can :) Path: Intan Arianti Oktavia

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini