Foto Hindarilah 10 Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Tidurmu Nyenyak!

Hindarilah 10 Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Tidurmu Nyenyak!

Foto Intan A. Oktavia
Intan A. Oktavia
Contributor
Sulit tidur tentunya adalah pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Ternyata, ada 10 jenis makanan dan minuman yang bisa membuatmu sulit tidur. Salah satunya adalah buah-buahan, lho!

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi kesehatan, karena pada saat itu seseorang akan istriahat secara alami untuk memulihkan keadaannya. Banyak manfaat yang bisa didapat dari tidur, mulai dari memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan daya ingat, sampai meningkatkan energi. Orang yang seringkali kesulitan untuk tidur cenderung untuk lebih mudah stres. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga pola tidur sesuai yang dianjurkan. 

Ternyata, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bila dikonsumsi sebelum tidur akan secara drastis mempengaruhi pola tidur, lho! Beberapa makanan dapat menginduksi tidur, sementara beberapa makanan lainnya dapat membuat kita tidur lebih larut. Jika kamu ingin mendapatkan istirahat yang berkualitas tinggi, hindarilah 10 jenis makanan dan minuman ini. Penasaran apa saja? Klik NEXT untuk mengetahui 10 jenis makanan dan minuman yang bisa mengganggu tidurmu!

Kafein

Kafein adalah stimulan yang memberikan suatu efek pada otak yang memungkinkan seseorang untuk tetap terjaga. Efek ini bisa bertahan hingga 5 jam setelah dikonsumsi sebelum efeknya luntur. Jadi. jika kamu ingin tidur nyenyak semalaman, abaikanlah secangkir kopi setelah makan malam.

Alkohol

Mungkin kamu berpikir bahwa beberapa gelas alkohol akan membuat kamu terlelap. Namun, pada kenyataannya hal itu hanya akan membuatmu mengantuk atau pingsan. Jangan berharap untuk memiliki revitalisasi tidur yang baik setelah mengonsumsi alkohol.

Minuman Soda

Banyak orang tidak bisa jika tidak meneguk segelas soda setelah makan malam. Soda mengandung gula dan kafein dan akan membuat kamu terjaga. Bahkan jika Anda mencoba untuk tidur, kamu akan terus terbangun untuk buang air kecil karena soda hanya akan memerah gizi keluar tubuh kamu.

Makanan pedas

Kebanyakan mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan peningkatan jumlah asam lambung, yang dapat mengakibatkan rasa seperti terbakar di dada dan perut kembung serta perasaan gelisah. Jadi jika kamu memilih makanan ringan sebelum tidur atau makanan mengandung rempah, pastikan kamu memakannya tiga jam sebelum tidur.

Daging Merah

Daging merah yang mengandung lemak dan protein, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dicerna. Jika kamu mengonsumsi daging merah sebelum tidur, tubuh kamu akan sibuk sepanjang malam berusaha mencerna dan hal itu akan menyebabkanmu tidur gelisah atau bahkan kram. Ketika kamu tidur di malam hari, tubuh kamu juga perlu istirahat, sehingga sebaiknya hindari makanan yang membuat ususmu terus bekerja seperti daging merah.

Gorengan

Makan gorengan adalah cara mudah untuk mengurangi rasa lapar, tapi kita harus tahu bahwa makanan yang digoreng seperti keripik dan kentang goreng yang tinggi lemak jenuh, juga membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Ketika kamu mencoba untuk tidur setelah mengonsumsi junk food, mungkin kamu akan merasa tidak nyaman atau bahkan kram. Cobalah mengudap sayuran seperti wortel mentah atau kacang-kacangan, jika kamu merasa lapar sebelum tidur.

Chocolate Bar

Cokelat mengandung gula dan lemak tinggi, yang bisa menyebabkan seseorang terjaga dalam waktu lama. Cokelat juga mengandung kafein yang merupakan stimulan yang dapat membuat seseorang tetap terjaga lebih lama. Jadi, hindari mengonsumsi sebatang coklat sebelum tidur.

Permen

Sepotong atau beberapa buah permen biasanya merupakan pengganti makanan penutup yang mudah sebelum tidur. Tapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of The Mind and Body, menyatakan bahwa 7 dari 10 orang mengalami mimpi buruk setelah mengonsumsi junk food seperti permen karena mereka bertindak seperti pemicu untuk menciptakan gelombang mimpi buruk pada otak.

Es Krim

Es krim merupaan salah satu makanan lezat, tapi memiliki efek buruk bila dikonsumsi sebelum tidur. Es krim mengandung lemak yang tidak mudah dicerna. Selain itu, es krim juga mengandung banyak gula yang akan membuatmu terjaga hingga larut malam. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan manis sebelum tidur dapat menyebabkan mimpi buruk dan mengganggu pola tidur.

Makan Buah Berlebihan

Satu porsi kecil buah-buahan merupakan pilihan ideal sebagai penutup. Tapi jika kamu mengonsumsi banyak buah-buahan, kamu tidak akan bisa tidur hingga larut malam. Hal ini dikarenakan buah-buahan mengandung banyak gula yang dapat menyebabkan gas akibat fermentasi gula di dalam perut. Dengan demikian, pencernaan dan istirahat akan terganggu.

Foto Intan A. Oktavia

Intan A. Oktavia

Freedom like a bird. I'm not trying to be perfect, I'm just being me the best i can :) Path: Intan Arianti Oktavia

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Caffino, Kopi Pertama yang Mengedepankan Authenticity

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Kulit Kenyal Bercahaya Hanya Dengan Satu Produk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Parfum Ala Wanita Paris Kini Hadir di Indonesia!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Berani Berkreasi dan Mendobrak Batas Bersama Ultra Milk

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Kenali Cara Baru Merawat Kulit Kering

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Jakarta Culinary Feastival 2019 Kembali Digelar

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani