Foto 5 Hidangan yang Wajib Memeriahkan Lebaranmu

5 Hidangan yang Wajib Memeriahkan Lebaranmu

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Hidangan istimewa apa yang selalu ada di meja makanmu saat lebaran? Berikut ini 5 makanan istimewa yang selalu dinanti-nantikan, manakah yang paling kamu suka?

Gembira sekali rasanya kalau bisa berkumpul bersama keluarga dan sahabat di hari lebaran ya, ladies. Suasana lebaran yang khidmat dan gembira kian dilengkapi dengan ragam sajian hidangan lebaran di rumah yang pasti membuatmu tergiur dan tidak sabar untuk mencicipinya.

Hidangan apa saja sih yang bisa menjadi sajian istimewa di hari lebaran? Berikut ini eberapa hidangan khas lebaran yang selalu menggugah selera makanmu.

Sayur Godog Betawi

Sayur godog Betawi adalah sayur berkuah santan seperti aneka jenis sayur pelengkap ketupat lainnya. Namun sayur khas Jakarta ini terasa lebih istimewa karena menggunakan santan kental dan aneka jenis bumbu halus yang jumlahnya lebih banyak dari sayur santan biasa.

Sebagai bahan isian, biasanya sayur godog Betawi dilengkapi dengan irisan pepaya muda atau labusiam berbentuk korek api. Kalau kamu suka, kamu juga bisa menambahkan irisan pete untuk menambah aroma sayur godog. Hmm, so yummy.

Aneka jenis sayur berkuah santan lainnya yang bisa kamu sajikan di hari lebaran antara lain adalah sayur gulai khas Padang atau sayur godog berkuah putih dengan potongan kacang panjang dan tempe.

BACA JUGA: Hidangan Lebaran Mengandung Santan dan Minyak? Bukan Masalah!

Opor Ayam

Siapa sih yang tidak menantikan opor ayam di hari lebaran?

Perpaduan empuknya daging ayam segar dan santan yang gurih membuat ini jadi salah satu hidangan favorit di hari yang fitri. Kalau kamu kurang menyukai opor ayam yang berkuah, kamu bisa memasak opor tersebut hingga mengering. Selain teksturnya jadi lebih kering, opor ayam yang dimasak dalam waktu lama akan membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ayam.

Opor ayam yang lebih sehat bisa kamu buat sendiri dengan menyisihkan bagian lemak-lemak pada daging ayam sebelum dimasak.

Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati biasanya dibuat dari potongan kentang yang dicampur dengan ati sapi dan bumbu bercitarasa pedas. Agar teksturnya lebih solid dan tak mudah basi, kamu bisa menggoreng potongan -potongan kentang sebelum dicampurkan dengan bumbu dan ati sapi yang sudah direbus hingga matang.

Sebagian orang biasanya kurang menyukai ati sapi karena aromanya yang amis. Penggunaan ati sapi bisa diganti dengan udang segar supaya sambal goreng ati buatanmu tetap istimewa.

Aneka Kue Kering

Tamu yang tidak ingin menyantap hidangan berat di rumah kerabat saat hari lebaran bisa bersantai sambil menikmati aneka jenis kue kering yang kamu siapkan. Jenis kue kering yang bisa kamu sajikan sangat bervariasi, mulai dari nastar, kastengel, putri salju, kue semprit hingga kue kering tradisional yang digoreng.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk membuat cake pop yang tampilannya lebih menarik dan menggugah selera.

BACA JUGA: 5 Kue Kering Favorit Saat Lebaran Dan Cara Mudah Membuatnya

Kacang Bawang Goreng

Untuk melengkapi sajian kue kering yang manis, ada sajian kacang bawang goreng bercitarasa gurih yang bisa jadi padanannya. Aroma bawang putih yang kuat akan membuat kacang tanah goreng yang renyah jadi makin lezat.

Agar kacang bawang lebih tahan lama, gunakan wadah yang kedap udara untuk menyimpannya ya, ladies.

Itu dia beberapa makanan yang selalu ada saat lebaran, jadi mana yang jadi favoritmu? 

 

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini