Foto Komsumsilah Makanan dan Minuman Ini Saat Menstruasi

Komsumsilah Makanan dan Minuman Ini Saat Menstruasi

Perut keram? Jerawat bermunculan? Emosi? Badan Lelah? Duh yuk coba konsumsi makanan dan minuman berikut saat kamu menstruasi!

Menstruasi memang momen yang menyebalkan bagi kebanyakan wanita. Tidak hanya tubuh yang cepat dehidrasi, tetapi emosipun cepat tersulut. Belum lagi perut keram, jerawat bermunculan, badan yang pegal-pegal, dan sebagainya. Saat menstruasi tubuh kita memang perlu perhatian ekstra, terutama jika kita ingin terhindar dari hal-hal di atas. Yuk simak makanan dan minuman yang dapat membantumu saat menstruasi datang!

5. Sayur Berdaun Gelap dan Buah Berdaging Kuning

Jerawatan? Muka berminyak parah? Pasti kamu sering mengalami hal ini saat menstruasi. Coba untuk mengkonsumsi sayur-sayuran berdaun gelap, seperti bayam, sawi, brokoli, dan sebagainya yang banyak mengandung vitamin A yang dapat berperan dalam mengatur kelembaban kulit. Lalu konsumsi juga buah-buahan berdaging kuning, seperti nangka, nanas, labu, dan sebagainya, yang dipercaya dapat menjaga kadar minyak dalam kulit karena perubahan hormonal.


Sekian 5 makanan dan minuman yang dapat kamu coba untuk membuat hari-hari mentruasi mu dapat terasa lebih baik!

BACA JUGA: Tips Menjaga Kesuburan dan Kualitas Sel Telur Tetap Baik

4. Ikan

Saat mentruasi pasti kamu pernah kan merasa tubuh pegal-pegal dan nyeri? Untuk meminimalisir rasa ini, kamu bisa mengkonsumsi ikan-ikanan. Ikan seperti lele, salmon, tuna dan sebagainya kaya akan omega 3. Omega 3 memiliki sifat antidepresan yang dapat mengurangi tingkat stres saat kamu sedang menstruasi, selain itu omega 3 juga baik untuk membantu penyerapan vitamin pada tubuh.

BACA JUGA: Ciri Ikan Segar yang Layak Dimakan

3. Kacang-kacangan dan Telur

Suasana hati yang tidak menentu dan gampang emosi? Hal ini dapat disebabkan karena produksi hormon serotonin yang tidak menentu saat kamu sedang menstruasi. Hormon serotonin dianggap sebagai sumber rasa nyaman dan senang, jadi jelas saja saat produksi hormon serotonin tidak menentu, perasaanmu pun jadi tidak menentu. Oleh karena itu kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan atau telur untuk membantu produksi serotonin dalam tubuhmu. Kacang-kacangan yang dapat kamu konsumsi antara lain adalah almond, hazelnut, kacang hijau, edamame, dan sebagainya.

BACA JUGA: Terlalu Kurus? Coba Konsumsi Kacang!

1. Buah-buahan yang Banyak Mengandung Air dan Serat.

Saat mentruasi tubuh kita akan lebih mudah dehidrasi, karena cairan yang dikeluarkan lebih banyak. Jadi ada baiknya kalau kita menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain dengan minum air putih yang banyak, kita juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandug air dan serat. Seperti misalnya, semangka, melon, jeruk, anggur, timun dan sebagainya. Selain tubuh tetap terhidrasi, pengaturan cairan yang baik dalam tubuh pun turut membantu dalam mengatasi nyeri haid.

BACA JUGA: Cantik dan Sehat dengan Semangka

2. Teh Aroma Mint atau Jahe

Pasti menyebalkan jika perut mulai kram saat menstruasi. Hal ini sebenarnya terjadi karena saat masa subur dinding rahim melebar, tetapi karena tidak ada pembuahan, dinding rahim akan luruh dan kembali ke ukuran semula di mana otot-otot rahim akan mengencang yang membuat perut kita kram. Pertolongan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi teh beraroma mint atau jahe untuk menghangatkan perut. Hindari mengkonsumsi menuman yang membuat perutmu kembung karena hal itu dapat membuat kram terasa semakin parah.

BACA JUGA: Atasi 4 Masalah Kesehatan Ini dengan Jenis Teh yang Tepat

Foto Cut Auzola Azalia

Cut Auzola Azalia

A weirdo who wants to share her knowledge about beauty, lifestyle and stuff. A psychology student who stuck with thesis, a beauty blogger in other life, makeup and skin care junkie, a Disney lover, a princess freak, and a girl who interested in the world of cosplay. Reach me by email at [email protected]

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini