Foto Traveling Nyaman, Kacamata atau Lensa kontak?

Traveling Nyaman, Kacamata atau Lensa kontak?

Foto Gita Pramesari
Kadang, menggunakan kacamata saat bepergian adalah satu hal yang dianggap mengganggu bahkan bikin ribet. Kalau kamu coba bandingkan, ternyata tidak juga llho.

Hai travellista, bepergian tentu tidak menghalangimu untuk tetap tampil oke dan menarik. Bagi kamu yang memiliki kekurangan penglihatan mata, tentunya ini sering menjadi kendala. Apakah kamu harus menggunakan lensa kontak atau kacamata agar tetap nyaman saat berpergian. Untuk itu kamu perlu mengetahui kelebihan masing-masing terlebih dahulu. 

Kacamata

Kacamata adalah sebuah alat yang berguna untuk membantu penglihatan bagi mata yang sudah mengalami pengurangan daya penglihatan. Jangan dibandingkan dengan kacamata jaman dulu yang modelnya masih itu-itu saja. Kacamata jaman sekarang banyak sekali macamnya, dan beberapa tentu cocok kamu bawa saat bepergian. Ada beberapa kacamata yang cocok dibawa bepergian, diantaranya adalah :

  • Transition Glasses

Merupakan kacamata yang lensanya bisa berubah warna ketika panas. Ada beberapa yang berubah menjadi hitam, walaupun tidak sehitam kacamata anti UV, tapi kacamata ini juga memiliki fungsi yang sama. Sekarang ini kamu sudah bisa menambahkan minus pada kacamata seperti ini kok! 

  • Kacamata Anti Embun

Mungkin masih belum familiar di Indonesia, tetapi beberapa negara di dunia sudah menjual kacamata anti embun secara umum. Embun disini maksudnya adalah biasanya, orang yang berkacamata setelah melakukan aktivitas tertentu atau di dalam areal dengan suhu yang berbeda, maka lensa kacamata akan mengembun. Nah, dengan kacamata anti-embun, maka kamu tidak perlu lagi khawatir lensa akan mengembun dan repot-repot membersihkannya, karena lensa sama sekali tidak terpengaruh dengan suhu.

BACA JUGA: Makeup Untuk si Kacamata‚Äč

Yang harus diperhatikan saat memilih kacamata bagi kamu yang memiliki tingkat aktivitas tinggi apalagi yang senang bepergian adalah, rangka kacacamata yang kuat. Belakangan banyak sekali tipe kacamata dengan rangka elastis yang anti patah dan kaca lensa yang anti gores. Selain itu, perhatikan juga bentuk kacamata dan sesuaikan dengan kontur wajahmu, agar selalu tampil oke di setiap perjalananmu nanti.

Kekurangan dari menggunakan kacamata saat bepergian adalah rentan untuk jatuh (apalagi kalau ada aktivitas seperti oubond, snorkling, dll) dan terkadang membatasi pandanganmu karena terbentur rangka kacamatanya itu sendiri.

Lensa Kontak

Sementara bagi kamu yang gak mau ribet dengan kacamata, bisa juga lho bepergian dengan menggunakan lensa kontak. Kamu bisa menggunakannya untuk fashion atau benar-benar menggunakannya sebagai pengganti kacamata, atau pilih keduanya!

Pintarlah dalam memilih lensa kontak, karena kamu yang sering travelling tentu akan banyak kegiatan di luar yang rentan terkena debu dan pasir di jalanan. Lensa kontak rentan untuk kering, tergantung kandungan air yang ada di dalamnya. Jika kering, maka mata akan gatal dan menjadi merah sehingga bisa mengganggu aktivitasmu. Untuk itu, pilihlah lensa kontak dengan kandungan air paling tidak lebih dari > 25%.

BACA JUGA: Waspada Parasit Berbahaya pada Lensa Kontak!‚Äč

Penting juga diperhatikan untuk selalu rajin membersihkan lensa kontak dari kontoran dengan cairan pembersih. Kalau kamu tidak ingin menggunakannya dalam jangka panjang (biasanya ada yang dari 3-6 bulan), maka belilah lensa kontak yang sekali pakai. Jika bepergian dmenggunakan lensa kontak, ingatlah bahwa kamu harus selalu membawa cairan pembersih dan obat tetesnya untuk membersihkannya dan menghindari mata kering.


So, kacamata dan lensa kontak sama-sama ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhanmu. Happy travelling guys!

Artikel Selanjutnya

Foto Gita Pramesari

Gita Pramesari

I am a traveller and a writer.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini