Kawaii Beauty Japan

Health

Ini Dia Olahraga Ringan Agar Kondisi Tubuh Tetap Fit saat Puasa

Bulan Ramadhan telah tiba, saatnya bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan yang suci ini. Tapi jangan sampai ibadah puasa menjadi alasan kamu untuk bermalas-malasan

Yenni Octavia

Mungkin alasan takut dehidrasi dan tubuh lemas sering menjadi alasan kamu menghindari berolahraga di bulan puasa. Padahal kamu hanya perlu mengetahui waktu dan dosis yang tepat untuk melakukannya. Untuk kamu yang biasa berolahraga secara rutin, saat puasa, cukup kurangi intensitas 40%-50% lebih sedikit dari latihan rutinmu.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk kamu melakukannya? Perhatikan informasi berikut ini, agar kamu tidak salah memilih waktu dan mendapatkan manfaat yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Olahraga di Pagi Hari Setelah Sahur

Udara di pagi hari biasanya tidak telalu panas dan masih segar. Jadi, jika kamu ingin melakukan olahraga di pagi hari setelah sahur dan sholat subuh tidak akan membuatmu merasa terlalu haus. Dengan melakukan olahraga di pagi hari, kamu bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kamu.

Lakukan olahraga kardio seperti jogging, jalan cepat, dan bersepeda selama kurang lebih 30 menit saja.

Sebelum Buka Puasa

Jika kamu olahraga dengan tujuan mempertahankan kekuatan otot, kamu bisa melakukan olahraga di sore hari, 2-1,5 jam sebelum waktu berbuka puasa. Lakukan latihan kardio dan angkat beban masing-masing 50%. Jangan takut merasa haus setelah melakukan latihan ini, karena waktu berbuka puasa sudah sebentar lagi.

BACA JUGA: Atasi Lengan Bergelambir dengan Gerakan Ini

Malam Hari setelah Tarawih

Jika kamu khawatir akan dehidrasi dan lemas jika melakukannya di waktu sebelum berbuka puasa, kamu juga bisa melakukan olahraga setelah berbuka puasa dan salat tarawih.

Pada waktu ini kamu bisa melakukan olahraga yang cukup berat. Agar tidak mengganggu pola tidurmu, biasakan konsumsi air, glukosa, dan elektrolit yang cukup untuk tubuh. Sehingga tidak membuatmu terlalu lelah dan kesiangan bangun sahur.

BACA JUGA: Minuman Energi Bahaya bagi Jantung

Nah ladies, jangan sampai kamu menjadikan puasa sebagai alasan tidak berolahraga ya!

Untuk kamu yang tidak terbiasa berolahraga, dengan intensitas latihan yang tidak terlalu berat tentu kamu juga bisa melakukannya. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelahnya.

Melakukan olahraga dibulan puasa juga bisa membuat berat badanmu tetap terjaga lho! Ingat yah, didalam tubuh yang sehat terjadapat jiwa yang kuat. Selamat menjalankan ibadah puasa ladies!

Tagged in:
Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait