Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan yang Belum Kamu Ketahui

Mungkin sebagian dari kita ada yang malas merawat wajah memakai obat-obat dari dokter dan lebih senang dengan cara yang alami, mudah, dan tidak mahal. Kalian bisa coba tips cantik dengan mentimun ini!

Me Siang

Mentimun adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak air, renyah dan banyak disajikan dalam hidangan lalapan. Kalori dalam mentimun sangat rendah, namun makanan ini mengandung banyak nutrisi daripada sekedar air dan elektrolit. Mentimun dianggap sangat cocok untuk diet yang seimbang.

Selain manfaatnya untuk kesehatan tubuh, mentimun juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan, lho! Selain bisa mengecilkan pori-pori dan mengompres mata yang lelah agar kembali segar, mentimun juga dapat mengatasi masalah jerawat. Yuk, simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut mengenai manfaat mentimun untuk kecantikan!

Treatment Untuk Rambut Dari Mentimun

Ternyata mentimun juga bagus untuk memperkuat dan pertumbuhan rambutmu, ladies! Hal ini disebabkan karena mentimun mengandung silikon, sulfur sodium, fosfor, dan kalsium. Nutrisi-nutrisi yang terkandung inilah yang dibutuhkan pertumbuhan rambut kita untuk mengurangi kerontokan. Kalian bisa mengonsumsi mentimun dengan dibuat jus atau bisa sebagai lalapan. Kalian juga bisa membilas rambut dengan air mentimun, sehingga lebih halus dan mengkilap.

BACA JUGA: Ingin Rambut Lebih Cepat Panjang? Coba Lakukan 5 Cara Ini!

Perawatan Untuk Wajah Dari Mentimun

Mentimun mengandung 95% air yang bermanfaat agar kulit tetap terjaga kelembabannya. Sedangkan bijinya kaya akan vitamin E dan potasium, sehinggadapat membantu mengurangi garis halus, keriput, noda hitam, dan tanda-tanda awal penuaan. Karena itu, mentimun seringkali menjadi salah satu bahan dasar dari produk-produk kecantikan, seperti toner atau pembersih wajah.

Berikut adalah tips mudah membuat toner dan masker dari mentimun sendiri di rumah :

  1. Toner Mentimun
    Blender mentimun lalu saring untuk diambil airnya, campurkan sari cuka apel, tomat (ambil airnya saja), dan gel aloe vera, aduk hingga rata. Kemudian simpan di dalam botol dan letakkan di dalam lemari es. Simpan maksimal dua hari saja di lemari es agar tetap segar untuk wajah.
     
  2. Masker Mentimun
    Tumbuk buah mentimun setengah halus, campurkan jus kunyit yang sudah jadi (bisa dibeli di tukang jamu, karena dibuat alami tanpa proses ilmiah) dan perasan air lemon. Setelah itu oleskan pada wajah selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini berguna mengontrol sebum pada wajah, mencerahkan kulit, dan membantu mengurangi radang pada wajah yang sedang berjerawat.

Mentimun Mengobati Luka Bakar

Selain odol, mentimun juga terkenal efektif unuk menyembuhkan luka bakar, lho. Caranya adalah dengan mengiris atau menumbuk setengah halus mentimun lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar akibat sinar matahari. Cara ini bisa kamu jadikan sebagai pertolongan pertama pada kulit yang terbakar.

BACA JUGA: Odol untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar? Apa Benar?

Share this article

Artikel Terkait