Foto Odol untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar? Apa Benar?

Odol untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar? Apa Benar?

Foto Yenni Octavia
Saat terkena minyak panas, banyak orang akan segera pergi ke kamar mandi, mengambil odol lalu mengoleskan pada kulit yang terluka untuk memberi rasa dingin, tapi apa benar nggak berbahaya?

Buat kamu para ibu rumah tangga, tentunya kamu sering menghabiskan waktu di dapur, menyiapkan makanan favorit keluarga. Saat sedang melakukan aktivitas seperti memasak, memiliki resiko terkena minyak panas, atau air panas dan menyebabkan luka bakar.

Saat hal itu terjadi, banyak orang percaya bahwa odol adalah pertolongan pertama yang paling tepat. Tapi apa benar odol bisa meringankan luka bakar? Ini dia kesalahan yang tanpa sadar sering dilakukan banyak orang.

Odol atau pasta gigi mengandung zat-zat yang tidak baik untuk luka bakar, seperti pemutih dan pewarna yang bisa saja memicu infeksi atau memperparah luka. Mengoleskan odol juga bisa menutupi lapisan kulit dan menghalangi cairan yang akan keluar dari dalam tubuh sehingga menghambat proses penyembuhan.

Luka bakar biasanya akan menimbulkan rasa panas, dan tidak nyaman. Untuk mengatasi saat mengalami luka bakar, kamu bisa menyiram bagian yang terluka dengan air mengalir sekitar 20-40 menit untuk menghentikan panas tidak masuk lebih dalam.

Selain menggunakan air sebagai pertolongan pertama, kamu juga bisa mengintip beberapa bahan alami yang bisa mengobati luka bakar, seperi berikut ini:

Lidah Buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat, termasuk mengobati luka bakar. Lidah buaya dipercaya bisa meredam panas dan sakit akibat luka bakar. Caranya ambil sebatang lidah buaya, lalu ambil dagingnya dan tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar.

BACA JUGA: Lidah Buaya untuk Atasi Sunburn

Timun dan Kentang

Blender timun dan kentang yang sudah di cuci bersih dan dikupas, lalu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Biarkan hingga menering lalu bilas dengan air dingin. Campuran timun dan kentang ini memiliki kadar air yang akan membantu membuat kulit kamu lebih dingin dan kulit membaik.

BACA JUGA: 3 Pemutih Wajah Alami yang Aman bagi Kulit Cantikmu

Madu

Sudah sejak dahulu madu dipercaya memiliki zat antiseptik yang bisa menyembuhkan luka bakar ringan. Cukup oleskan madu pada bagian yang luka untuk meredakan rasa sakit dan meminimalisir bekas luka. 

BACA JUGA: 3 Resep Jitu Madu Untuk Kecantikan

Artikel Selanjutnya

Foto Yenni Octavia

Yenni Octavia

A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2022 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini