Foto Waspada Parasit Berbahaya pada Lensa Kontak!

Waspada Parasit Berbahaya pada Lensa Kontak!

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Benarkah parasit berbahaya dapat menular pada lensa kontak? Mari kita cari tahu dengan menyimak kisah nyata ini!

Penggunaan lensa kontak memang dapat membuat kamu tetap tampil stylish tanpa harus menggunakan kacamata. Tapi kamu harus selalu waspada dan teliti dalam menjaga kebersihan lensa kontak, jangan sampai kotoran atau parasit menempel pada lensa kontakmu dan membuat kesehatan mata jadi terganggu. Seperti yang dialami oleh seorang mahasiswi University Nottingham, Jessica Greanery.

Jessica Greanery
source: SWNS.com

Menderita Akibat Lensa Kontak

Jessica, mahasiswi ini sudah terbiasa menggunakan lensa kontak untuk membantu penglihatannya sehari-hari. Namun suatu saat Jessica tidak sengaja membuat cipratan air keran dan mengenai lensa kontaknya. Air keran yang kurang higienis tersebut menyebabkan berpindahnya bakteri Acanthamoeba keratitis pada lensa kontak yang digunakan Jessica setiap hari.

BACA JUGA: Jenis-Jenis Lensa Kontak Yang Perlu Kamu Ketahui

Bakteri Membuat Jessica Tidak Tidur Selama Seminggu

Tidak lama setelah mengenakan lensa kontak yang sudah terkontaminasi bakteri, Jessica mulai merasa tidak nyaman dan mengeluhkan kondisi matanya. Matanya mulai memerah dan membengkak hingga sebesar bola golf.

Tidak hanya menderita karena sakit mata yang dideritanya, Jessica juga harus melalui proses pemulihan untuk mengembalikan kesehatan matanya. Proses penggunaan obat tetes mata setiap 10 menit sekali membuat dia tidak dibolehkan untuk tidur selama 1 minggu!

Nearly Blind
Mata Jessica setelah terkena bakteri (source:SWNS.com)

Dia harus menghabiskan hari-harinya dengan berbaring di ranjang rumah sakit sambil menahan sakit di bagian matanya. Setelah 4 hari tidak diperbolehkan tidur, Jessica merasa sangat menderita dan matanya terus mengeluarkan air mata setiap 5 menit sekali. Namun proses pemulihan masih harus dilakukan untuk menangani infeksi bakteri tersebut.

BACA JUGA : Tips Memakai Softlens dengan Benar

Proses Pemulihan yang Lama

Setelah dinyatakan membaik dari kondisi infeksi bakteri pada bola mata, Jessica masih harus menjalani proses pemulihan dan menggunakan obat tetes mata sebanyak 22 hingga 41 kali sehari. Tidak hanya perjuangan untuk mengembalikan kesehatan matanya, Jessica juga menjadi kurang fit karena tidak diperbolehkan untuk tidur selama 1 minggu. Kini perawatan yang intensif masih dibutuhkan agar dia bisa pulih total dari infeksi Acanthamoeba keratitis.

Kejadian yang dialami oleh Jessica Greaney ini menjadi pelajaran berharga bagi kalian untuk senantiasa menjaga kebersihan barang-barang pribadi, termasuk lensa kontak. Letakkan lensa kontakmu di tempat yang bersih dan pastikan untuk membersihkannya secara rutin dengan cairan pembersih khusus lensa kontak. Jangan sampai kamu mengorbankan kesehatan matamu hanya karena kelalaian sesaat ya, ladies

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini